FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Ini Beragam Masalah Yang Mungkin Muncul Pada Masa Menyapih Anak  (Read 111 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 33

Cepat atau lambat, masa menyapih anak atau menghentikannya menyusu pada ibunya pasti akan terjadi. Akan tetapi tidak semudah yang dikira, dalam proses menyapih anak ternyata ada beragam masalah yang mungkin akan muncul.

Proses penyapihan pada umumnya akan dilakukan ketika anak sudah berusia 2 tahun. Di mana pada usia ini, si kecil dianggap sudah mampu lepas dari ASI sebagai kebutuhan nutrisinya dengan digantikan makanan padat lain. Meski begitu, orang tua akan tetap mengalami kesulitan untuk membiasakan anak tidak meminta ASI lagi.

Masalah Yang Sering Muncul Saat Menyapih Anak
Apa yang Bunda khawatirkan saat menyapih anak? Dalam prosesnya, menyapih anak memang akan memakan waktu yang berbeda pada setiap anak. Tidak hanya itu, tingkat kesulitannya juga pasti akan berbeda-beda. Nah, berikut beberapa permasalahan yang mungkin mungkin muncul saat memutuskan menyapih anak:

Anak yang Keras Kepala
Perilaku anak yang keras kepala atau tetap kekeh minta diberi ASI sangat sering ditemukan pada masa menyapih anak. Pasalnya si kecil akan terus menuntut agar Bunda memberikan apa yang ia inginkan. Bahkan anak yang keras kepala ini akan sangat sulit ditenangkan meski telah dibujuk.
Fase ini mungkin akan menjadi momen paling emosional bagi Bunda karena si kecil yang terus meminta dengan berbagai cara. Bukan tidak mungkin Bunda akan merasa tidak tega hingga luluh pada keinginan si kecil. Karena itu, atasi kondisi ini dengan cara mengalihkan perhatiannya.

Anak Susah Makan
Ketika menyapih, Bunda akan lebih sering memperkenalkan anak dengan menu baru. Makanan yang disajikan untuk anak juga akan lebih bervariasi dengan susu yang hanya sebagai pelengkap. Namun sayangnya, si kecil biasanya akan terus menolak makanan yang diberikan. Entah karena rasa makanan yang masih baru baginya atau makanan yang tidak sesuai seleranya. Untuk mengatasinya, buatlah menu makanan yang sehat dengan tampilan menarik.

Masalah Pencernaan Anak
Masalah pencernaan seperti diare atau bahkan sembelit mungkin akan dialami karena makanan baru yang ia makan. Terutama jika si kecil baru berusia 6 bulan dan sedang dikenalkan dengan MPASI. Ini wajar terjadi pada masa menyapih bayi sebab sistem pencernaannya yang masih kaget dengan makanan padat. Apalagi jika konsumsinya dalam jumlah banyak sekaligus.

Anak Rewel
Si kecil yang sedang dalam masa penyapihan cenderung akan lebih rewel dari biasanya. Hal ini karena ketidaksetujuannya dengan proses penyapihan yang Bunda lakukan. Atasi permasalahan ini dengan tetap bersikap tenang dan sabar serta tegas ketika menolak kemauan si kecil tanpa menyakitinya.

Anak yang Suka Merengek
Tidak sikapnya yang memaksa Bunda memberikan ASI untuknya, si kecil juga biasanya berusaha dengan cara merengek. Pada kondisi ini kebanyakan Bunda mungkin tidak akan tega. Terlebih lagi jika anak terus menerus menangis karena tak kunjung diberi ASI. Untuk itu, berikan pengertian padanya atau tunjukkan sesuatu yang bisa membuat anak lebih tenang.

Perubahan Pada Payudara
Saat sesi menyusui berkurang atau telah selesai, tidak hanya si kecil yang akan merasakan dampaknya tapi juga Bunda. Kondisi seperti payudara kendur, lebih sensitif, mengalami pembengkakan hingga produksi susu yang tidak berhenti, cukup wajar terjadi. Untuk meminimalisir efek ini sendiri, sebaiknya lakukan penyapihan secara perlahan.

Stres
Bagi sebagian orang tua, masa menyapih bayi sangatlah melelahkan hingga bahkan membuat stres. Menghadapi sikap anak yang terus rewel dan kondisi Bunda yang tidak stabil memang bukan tidak mungkin memicu stres. Masalah ini sendiri biasanya disertai dengan kondisi kesehatan yang tidak prima dan berat badan Bunda yang mengalami penurunan.

Penyebab Proses Penyapihan Anak Gagal
Tidak teganya Bunda membiarkan si kecil yang terus meminta ASI bukanlah satu-satunya alasan penyapihan gagal dilakukan. Pasalnya beberapa faktor lain juga bisa menyebabkan kondisi ini terjadi. Faktor-faktor tersebut antara lain:

Anak Alergi
Salah satu faktor yang paling sering menyebabkan orang tua gagal atau menunda waktu penyapihan adalah kondisi anak yang alergi makanan. Penyebab ini cukup wajar mengingat anak yang biasanya hanya mengonsumsi ASI. Jika kondisi ini terjadi pada si kecil Bunda, sebaiknya segera periksakan kondisi anak ke dokter dan konsultasikan kapan waktu yang tepat menyapih anak.

Payudara Bengkak
Karena kondisi payudara yang jarang atau tidak lagi digunakan untuk menyusui, pembengkakan mungkin akan dialami. Hal ini umumnya disebabkan karena payudara yang terlalu penuh dengan ASI. Akibatnya, tidak sedikit dari Bunda yang memilih mengakhiri masa menyapih bayi meski belum berhasil.

Anak Sakit
Jika kondisi kesehatan anak sedang tidak stabil untuk menjalankan penyapihan, sebaiknya batalkan keinginan Bunda untuk menyapihnya. Utamakan kondisi anak lebih dulu agar ia benar-benar pulih dan kembali sehat. Kondisi ini juga termasuk ketika anak mengalami flu, demam, setelah masuk rumah sakit atau sedang dalam masa pertumbuhan gigi.

Emosi Anak Tidak Stabil
Ketika emosi anak tidak stabil karena adanya pengaruh yang kurang baik dari lingkungan luar, proses penyapihan anak kemungkinan akan terasa lebih sulit. Emosi anak yang tidak stabil ini bisa disebabkan karena perubahan besar seperti baru saja pindah rumah, bepergian dalam jangka waktu lama atau hal lainnya yang bisa membuat anak merasa stres.

Hamil atau Pasca Melahirkan
Jika Bunda sedang hamil atau baru saja melahirkan, proses penyapihan baiknya jangan dilakukan lebih dulu. Hal ini karena masa penyapihan dapat membuat Bunda stres sehingga tidak baik untuk janin. Terlebih lagi kebutuhan nutrisi Bunda dan bayi dalam kandungan harus lebih diutamakan.
Perlu diketahui, masa menyapih anak sangat bergantung dengan cara yang dilakukan dan kesiapan anak sendiri. Oleh karena itu, persiapkan diri Bunda dan pastikan anak dalam keadaan baik untuk disapih.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.