FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Mengetahui Kandungan Dalam Susu dan Macam-Macam Jenis Susu Untuk Anak  (Read 99 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45

Dikenal sebagai minuman yang kaya nutrisi, kandungan dalam susu sangat baik untuk menjaga dan merawat kesehatan tubuh. Terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan untuk mengoptimalkan tumbuh kembangnya.

Manfaat susu dalam membantu proses tumbuh kembang anak memang tidak perlu diragukan lagi. Namun tahukah Bunda apa yang membuat susu bisa memberi anak banyak manfaat? Hal ini tidak lain karena kandungan baik yang ada dalam susu mampu mendorong kinerja organ dalam tubuh bekerja dengan optimal.

Kandungan Nutrisi Dalam Susu
Anak-anak kerap didorong untuk rutin minum susu dengan tujuan agar tubuh tetap sehat dengan tumbuh kembang berjalan optimal. Hal ini memang benar mengingat susu memiliki kandungan nutrisi hampir sempurna yang baik untuk anak. Kandungan nutrisi yang terdapat pada susu antara lain yaitu:

Mineral
Kandungan mineral dalam susu merupakan yang tertinggi dengan kalsium yang paling banyak diketahui. Itulah mengapa susu seringkali disebut sebagai sumber kalsium terbaik yang berguna untuk pertumbuhan anak. Kalsium sendiri adalah salah satu nutrisi penting untuk tulang yang mampu membantu pembentukan dan pertumbuhan tulang lebih maksimal. Selain itu, mineral lain berupa fluor dari susu dapat membantu menjaga gigi dari kerusakan.

Protein
Protein merupakan kandungan dalam susu yang mampu meningkatkan daya tahan tubuh anak lebih kuat. Ketika daya tahan tubuh kuat maka si kecil dapat terlindung dari serangan berbagai penyakit. Tidak hanya itu, protein susu juga memberi asam amino utama pada tubuh yang berguna untuk pembentukan jaringan tubuh dan memperbaiki sel-sel yang rusak.

Lemak
Lemak susu tergolong jenis lemak sehat berbentuk cair yang mudah dicerna oleh tubuh. Jadi Bunda tidak perlu khawatir lemak susu akan tertimbun dalam tubuh anak sebab lemak ini akan benar-benar dapat habis terbakar. Kandungan lemak pada susu ini dipercaya dapat menurunkan risiko obesitas dan penyakit jantung jika susu diminum dalam takaran jumlah yang tepat.

Laktosa
Termasuk dalam golongan karbohidrat yang aman dikonsumsi tubuh, laktosa pada susu bisa membuat si kecil lebih berenergi. Laktosa merupakan sejenis gula yang mengandung glukosa dan galaktosa dengan rasa yang tidak terlalu manis. Bahkan laktosa sendiri dinilai cukup aman penderita diabetes.

Vitamin
Kandungan vitamin pada susu antara lain yaitu vitamin B1 dan C. Vitamin B1 berguna membantu memproses karbohidrat menjadi glukosa untuk dijadikan energi. Selain itu, kandungan dari susu ini juga mampu menjaga fungsi saraf dan jantung anak. Sementara vitamin C bermanfaat untuk melindungi tubuh si keci dari berbagai penyakit dengan meningkatkan sistem imunnya.

Nutrisi Tambahan
Biasanya susu pertumbuhan yang diberikan pada anak telah diformulasikan khusus dengan beberapa nutrisi tambahan yang baik untuk tumbuh kembang anak. Nutrisi-nutrisi tersebut antara lain adalah AA atau AHA dan DHA yang akan membantu perkembangan otak anak, prebiotik dan probiotik serta fos dan gos yang bermanfaat menjaga si kecil agar tetap sehat.

Macam-Macam Jenis Susu
Tahukah Bunda jika susu memiliki beragam jenis yang berbeda? Meski terlihat sama, tapi setiap jenis susu ternyata melewati proses berbeda yang mempengaruhi jumlah kandungan yang terdapat di dalamnya. Macam-macam jenis susu yang bisa Bunda berikan untuk diminum si kecil antara lain yaitu:

Susu Murni
Susu ini merupakan jenis susu yang didapatkan langsung dari hasil perahan yang telah disaring untuk dihilangkan kotorannya. Tidak hanya berasal dari perahan sapi, susu murni juga termasuk dari kambing, unta atau hewan perah lainnya. Kandungan dari susu ini masih sangat terjaga namun pastikan susu bersih dan masih dalam kondisi segar saat memberikannya pada si kecil.

Susu Full Cream
Memiliki rasa yang legit dan gurih dengan tekstur creamy membuat jenis susu ini banyak disukai oleh anak-anak. Aromanya yang kuat serta kandungan lemak dan kalori yang lebih tinggi menjadikan susu ini cocok Bunda berikan pada si kecil yang kurus untuk meningkakan berat badannya.

Susu Skim
Kebalikan dari susu full cream, kandungan pada susu skim lebih rendah lemak dan kalori. Akan tetapi meski begitu, Bunda harus berhati-hati jika memilih susu skim untuk si kecil sebab produsen susu biasanya menambahkan gula tambahan cukup tinggi untuk meningkatkan cita rasa susu.

Susu UHT
Susu ultra high temperature atau yang lebih sering disebut susu UHT adalah susu yang telah melewati proses pemanasan pada suhu sangat tinggi selama beberapa detik. Proses ini bertujuan untuk mematikan mikroorganisme berbahaya yang mungkin ada didalamnya dengan tetap mempertahankan kandungan pada susu. Susu ini sendiri sudah banyak dikenal dan mudah didapatkan.

Susu Pasteurisasi
Sama seperti susu UHT, jenis susu pasteurisasi diproses dengan dipanaskan pada suhu tinggi untuk mengurangi jumlah bakteri. Hanya saja suhunya lebih rendah dan berlangsung selama 30 menit. Jika Bunda ingin memberikan susu ini pada si kecil, pastikan untuk mengecek kualitas susu pasteurisasi baik.

Susu Bubuk
Jenis susu ini adalah yang paling banyak dipilih untuk diberikan pada anak. Pasalnya susu ini mudah disimpan dan lebih tahan lama dibanding susu lain. Selain itu, susu bubuk telah banyak diformulasikan khusus untuk anak dengan kandungan yang pas untuk tahap usianya. Untuk konsumsinya sendiri, susu bubuk biasa diminum dengan cara diseduh.

Susu Kental Manis
Memiliki rasa yang sangat manis dan tekstur yang kental, susu ini tinggi akan kandungan kalori dan gula tambahan. Oleh karena itu, meski susu kental manis banyak disukai anak-anak dan sangat mudah didapatkan, sebaiknya batasi jumlah konsumsinya agar asupan gula anak tidak berlebihan.
Kandungan dalam susu pada dasarnya sama, hanya saja setelah melewati proses pengolahan, jumlah kandungan susu menjadi berubah. Oleh karena itu, periksa dan teliti lebih dulu kandungan susu sebelum memberikannya pada si kecil.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.