FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Bukan Hanya Makanan Saja Yang Menjadikan Anak Sehat dan Cerdas  (Read 135 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45
Bukan Hanya Makanan Saja Yang Menjadikan Anak Sehat dan Cerdas
« on: February 20, 2019, 11:36:06 AM »

Anak sehat dan cerdas tentu menjadi idaman setiap orang tua. Tidak heran jika upaya-upaya agar anak tumbuh sehat dan cerdas selalu dilakukan. Jadi, apakah Bunda juga ingin tahu bagaimana merawat anak agar ia tumbuh sehat dan cerdas?

Memiliki anak yang sehat dan cerdas pasti menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Apalagi jika anak berprestasi dan bisa meraih apa yang ia impikan, ini tentu akan sangat membanggakan. Namun untuk mewujudkan hal ini tidaklah mudah karena bagimanapun merawat anak bukan hal yang sepele untuk dilakukan.

Tips Merawat Anak Agar Tumbuh Sehat dan Cerdas
Anak yang sehat biasanya memang memiliki kecerdasan yang cukup tinggi. Meski hal ini juga dipengaruhi oleh faktor genetik tapi perawatan dan didikan yang tepat menjadi faktor yang tidak kalah berpengaruh. Untuk itu, berdasarkan kata dokter di https://www.dancow.co.id/dpc/artikel/nutrisi-dalam-susu-dukung-perlindungan-kesehatan-si-kecil-tips ini dia cara merawat anak agar tumbuh sehat dan menjadi anak cerdas:

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Harian Anak
Agar tumbuh kembang anak bisa berjalan dengan baik, kebutuhan nutrisi harian anak harus selalu tercukupi. Hal ini karena nutrisi menjadi bagian penting agar badan dapat secara optimal melakukan kinerjanya. Jika badan bekerja secara optimal, kesehatan anak pasti akan terjaga begitu juga kecerdasannya. Karena saat balita sehat, kemampuan berpikirnya pasti juga akan meningkat.

Jangan Terlalu Membatasi Anak
Kadang karena terlalu khawatir, orang tua menjadi terlalu protektif pada anak hingga membuat si kecil merasa terkekang. Kondisi ini sangat tidak baik untuk kesehatan dan kecerdasan anak karena dapat membuatnya stres. Memang tidak salah mengawasi anak tapi jangan sampai ruang geraknya terlalu terbatasi sebab hal ini dapat menghambat peningkatan kemampuannya. Jadi biarkan saja si kecil bebas berpetualang dan bereksplorasi dengan hal baru.

Jaga Kesehatan Anak
Untuk menjaga kesehatan anak memang dibutuhkan berbagai cara dan usaha. Mulai dari menjaga kebersihan diri, pola makan teratur dan hidup sehat sampai pemeriksaan kesehatan secara rutin. Menjaga kesehatan anak harus lebih ekstra dibanding orang dewasa karena di usianya tubuh anak-anak masih lebih rentan terhadap berbagai serangan virus dan kuman penyebab penyakit.

Bangun Komunikasi yang Baik dengan Anak
Agar anak tidak hanya sehat tapi juga cerdas sejak masih usia dini, Bunda perlu membangun komunikasi yang baik dengan si kecil. Misalkan saja dengan sering mengajak berbicara. Meski ia tidak akan langsung mengerti semua yang ia dengar, tapi perkembangan otak si kecil pasti akan semakin meningkat seiring dengan banyaknya kosa kata dan hal baru yang ia dengar.

Jadikan Diri Sebagai Panutan yang Baik
Yang tidak kalah penting dari semua tips yang disebutkan adalah pemberian contoh. Anak kecil cenderung akan lebih mengikuti apa yang dilakukan orang tuanya atau orang lain yang ia lihat dibanding dengan apa yang ia dengar. Oleh karena itu, jadikan diri sebagai panutan yang baik agar anak sehat dan cerdas. Cobalah untuk selalu berbuat baik di depan si kecil.

Ciri-Ciri Anak yang Tumbuh Sehat dan Cerdas
Ciri anak yang sehat adalah anak yang tidak mudah sakit, dan anak yang cerdas adalah anak yang berprestasi. Ini tentu baru akan terlihat saat anak mulai tumbuh besar dan bersekolah. Padahal anak yang sehat dan cerdas sebenarnya dapat dikenali sejak anak berusia dini dengan beberapa ciri berikut ini:

Aktif Melakukan Kegiatan Fisik
Anak yang sehat sudah pasti memiliki fisik yang tangkas dan gemar melakukan aktivitas fisik. Ia akan sangat suka berkeliling di tempat yang baru dan semangat menjalani setiap kegiatan. Contohnya seperti sering belajar berjalan, bermain, bergerak aktif dan berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas fisik tergantung dengan kemampuan anak di usianya.

Wajah Terlihat Segar
Wajah anak yang sehat akan terlihat lebih ceria dengan bibir yang segar atau tidak pucat dan mata yang jernih. Tidak hanya itu, kulit tubuh anak juga terlihat sehat dan tidak kering karena kebutuhan nutrisi kulitnya yang dapat tercukupi dengan baik. Seperti tercukupinya vitamin C dan E yang membantu menjaga kulit dan vitamin A yang mendukung kesehatan mata anak.

Fisik Anak Tumbuh dan Berkembang dengan Baik
Anak dengan postur tubuh yang tinggi dan berat badan ideal menunjukkan ia tumbuh dengan sehat. Tulangnya dapat terus tumbuh dengan maksimal dan badannya juga mengalami perkembangan. Dengan kata lain, tinggi dan berat badan anak akan selalu bertambah seiring dengan usianya. Ini adalah ciri anak sehat yang paling mudah untuk dilihat dan diperhatikan.

Memiliki Daya Ingat yang Bagus
Anak yang memiliki kemampuan mengingat bagus merupakan ciri anak tumbuh dengan cerdas. Ini berarti anak mampu menyerap dengan cepat hal-hal yang mungkin baru saja ia ketahui. Kemampuan anak dalam mengingat ini akan sangat membantu perkembangan kecerdasan otaknya terus meningkat.

Pandai Berbicara
Anak yang sudah pandai berceloteh sejak kecil memiliki kemampuan berbicara yang baik dan termasuk anak cerdas. Jadi Bunda jangan kesal jika anak selalu bicara atau bertanya. Karena hal ini juga merupakan wujud perkembangan kecerdasan anak. Anak usia 2 hingga 3 tahun yang sudah bisa menyebut kata benda sekitarnya tergolong anak yang cerdas di usianya.

Memiliki Nafsu Makan yang Baik
Anak butuh makanan dengan gizi seimbang agar tumbuh sehat dan cerdas. Nafsu makan yang baik akan membuat ia tidak memilih-milih makanan dan mampu menghabiskan makanannya. Jika asupan makanan anak dapat diatur dengan baik, gizi yang diperlukan untuk tumbuh kembangnya juga akan tercukupi.

Membesarkan si kecil menjadi anak sehat dan cerdas memang tidak mudah. Namun selama cara mendidik dan merawat anak dilakukan dengan tepat, pertumbuhan dan perkembangannya tentu dapat lebih maksimal. Apalagi jika anak sudah terlihat cerdas sejak kecil, Bunda hanya perlu membantu meningkatkan dan mengarahkannya saja.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Bukan Hanya Makanan Saja Yang Menjadikan Anak Sehat dan Cerdas
« on: February 20, 2019, 11:36:06 AM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.