FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Cara Jitu Mengatasi Anak Kecil Mogok Minum Susu  (Read 104 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 31
Cara Jitu Mengatasi Anak Kecil Mogok Minum Susu
« on: January 22, 2019, 10:37:10 AM »

Tahukah Anda bagaimana cara mengatasi anak kecil mogok minum susu? Meski kebanyakan anak kecil gemar minum susu tapi ternyata tidak sedikit juga anak yang justru enggan untuk meminumnya.

Susu memang telah dikonsumsi sejak anak masih kecil bahkan saat ia baru lahir. Ini karena kandungan yang terdapat pada susu terutama kalisum penting untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian anak agar tumbuh kembangnya optimal. Oleh sebab itu, si kecil yang mogok minum susu perlu segera diatasi.

Penyebab Anak Mogok Minum Susu
Susu formula biasanya diberikan setelah anak lepas dari ASI. Tapi meskipun ia doyan minum ASI, bukan berarti si kecil juga akan suka minum susu formula. Anak yang tidak mau minum susu pada umumnya disebabkan oleh beberapa hal berikut:

Mulut Terasa Sakit
Orang dewasa pun akan malas makan saat mulut terasa sakit karena sariawan atau radang gusi. Karena itu, anak kecil yang memang cenderung sensitif akan menolak apapun termasuk susu saat mulutnya sakit. Begitu juga saat gigi si kecil akan tumbuh, ia akan merasa ada yang tidak nyaman dimulutnya.

Rasa Susu yang Berbeda
Penyebab yang paling sering terjadi saat anak kecil mogok minum susu adalah rasa susu yang berbeda. Ini biasanya terjadi saat si kecil beralih dari ASI ke susu formula. Tapi ini bisa diakali dengan pemilihan rasa susu yang disukai. Lagipula kini banyak produk susu yang menyediakan beragam varian rasa.

Bosan Minum Susu
Minum susu sejak kecil mungkin saja membuat anak bosan. Apalagi jika rasa dan penyajian susu biasa saja, anak-anak pasti tidak tertarik untuk meminumnya. Karena itulah produk olahan susu perlu dikenalkan pada anak.

Gangguan Kesehatan
Si kecil yang merasa badannya sakit kebanyakan memang tidak bersemangat untuk beraktifitas atau mengonsumsi apapun. Jika kondisi ini terjadi, si kecil harus segera diperiksakan untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Merasa Tertekan
Saat anak menolak untuk minum susu, sebaiknya jangan paksa ia untuk meminumnya. Ini akan membuat si kecil merasa tertekan sehingga ia takut dan selalu berusaha menghindar saat diminta minum susu.

Cara Jitu Mengatasi Anak yang Mogok Minum Susu
Pemberian susu formula sebenarnya tidak diharuskan tapi ini baik untuk mencegah anak kekurangan kalsium dalam masa tumbuh kembangnya. Karena itulah si kecil yang tidak mau minum susu perlu diatasi dengan tepat. Berdasarkan artikel di https://www.dancow.co.id/dpc/artikel/si-kecil-mogok-minum-susu-bantu-dengan-tips-ini ini dia beberapa cara jitu untuk mengatasi anak kecil mogok minum susu:

Bayi dengan Susu Botol
Bayi masih terbiasa dengan ASI sehingga ia perlu beradaptasi lebih dulu untuk minum susu yang berbeda. Dalam mengatasi anak yang masih bayi ini, cara di bawah ini bisa dilakukan.

Gunakan Dot yang Sesuai dengan Mulut Bayi
Dot pada botol susu sebaiknya disesuaikan dengan mulut bayi agar ia merasa nyaman. Hal ini mencakup besar kecilnya lubang dot, ukuran dot yang pas di mulut ataupun bentuk botol susu yang nyaman dipegang. Untuk itu, pilihlah botol susu dengan dot dan bentuk yang sesuai dengan bayi.
Berikan di Waktu yang tepat

Waktu yang tepat untuk memberikan susu pada bayi adalah saat ia tidak terlalu lapar atau terlalu kenyang. Waktu ini akan memudahkan pemberian susu karena pada waktu ini bayi akan cenderung mau menerima apapun yang diberikan padanya termasuk susu botol.

Atur Posisi yang Nyaman Untuk Bayi
Bayi sebaiknya minum susu pada posisi duduk, digendongan atau selama posisi kepala bayi lebih tinggi daripada posisi perut. Dalam posisi seperti ini bayi akan lebih mudah menelan sehingga mencegah bayi tersedak dan susu juga bisa mengalir dengan lancar ke pencernaan.

Buat Suasana Minum Susu yang Tenang dan Nyaman
Suasana minum susu yang berisik atau bahkan membuat tertekan adalah salah satu alasan mengapa bayi tidak mau minum susu. Oleh sebab itu, buatlah suasana menjadi tenang dan nyaman. Dengan begitu bayi akan lebih mudah menerima susu botol.

Anak Usia Satu Tahun Ke Atas
Dalam usia ini, anak biasanya sudah bisa memilih apa yang ingin ia makan. Itu sebabnya kebanyakan anak kecil mogok minum susu pada usia pertumbuhan ini. Untuk itu, pemberian susu memerlukan usaha sebagai berikut:

Berikan Susu yang Disukai
Berbagai macam rasa atau varian susu kini sudah banyak ditemukan. Jadi tidak ada ruginya memberikan si kecil susu yang ia sukai. Namun sebelum itu perhatikan juga jenis, tipe, dan kandungan dari susu untuk memastikan susu yang disukai tersebut baik dan aman untuk si kecil.

Kreasikan Susu dengan Makanan Lain
Mengkreasikan atau mencampurnya dengan puding, sereal, jus buah, biskuit, es krim atau makanan kesukaan si kecil yang lain akan membuat ia lebih berselera minum susu. Karena itu penyajian susu juga perlu diperhatikan agar anak tertarik untuk meminumnya.

Tawarkan Produk Olahan Susu
Jika anak tidak mau minum susu dalam bentuk susu murni atau susu formula, cobalah untuk menawarkan produk olahan susu seperti yogurt, keju, es krim, atau mentega. Meski gizinya tidak sebesar susu tapi ini akan membantu si kecil memenuhi kebutuhan nutrisinya.

Ciptakan Suasana yang Menyenangkan
Sama halnya seperti bayi, anak usia diatas satu tahun juga memerlukan suasana yang nyaman dan menyenangkan. Karena dengan begitu, seleranya akan muncul sehingga lebih mudah untuk membujuknya minum susu.

Perlu diketahui bahwa susu bukan satu-satunya makanan yang memiliki nutrisi lengkap untuk anak. Karena itu, meski kebiasaan anak kecil mogok minum susu harus diatasi namun saat ia belum bisa dibujuk maka sebaiknya cukupi gizi anak dengan makanan sumber nutrisi lengkap lainnya selain susu.
Jika tips tersebut sudah bunda terapkan tapi tidak berhasil, bunda perlu cari tahu tips dari ahli kesehatan yang mengupas lebih dalam lagi mengenai penanganan masalah anak kecil mogok minum susu.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Cara Jitu Mengatasi Anak Kecil Mogok Minum Susu
« on: January 22, 2019, 10:37:10 AM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.