FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Pentingnya Menyeleksi Makanan Yang Akan Diberikan Pada Si Kecil!  (Read 47 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 29
Pentingnya Menyeleksi Makanan Yang Akan Diberikan Pada Si Kecil!
« on: December 06, 2018, 12:04:53 PM »
Makanan menjadi asupan berharga bagi perkembangan otak anak. Pemberian makanan ini harus disesuaikan dengan kemampuan sistem pencernaan anak. Kemudian, kandungan nutirsinya haruslah seimbang sehingga makanan yang diberikan bisa bermanfaat.

Jangan pernah anggap remeh makanan. Kadang, bunda hanya memberikan makanan apa saja. Yang penting si kecil tidak merasa lapar. Ini adalah kesalahan yang harusnya dihindari.

Tidak cermatnya bunda dalam memberikan asupan gizi hanya akan memunculkan sejumlah permasalahan. Khususnya permasalahan pada tumbuh kembangnya. Ini meliputi perkembangan otak, pembentukan tulang, dan pembentukan sel ataupun jaringan tubuh.

Menyadari pentingnya makanan sebagai penunjang pertumbuhan anak, sudah semestinya bunda lebih cermat dalam memilih makanan si kecil. Nah, disini kami akan bagikan apa saja jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi oleh anak. Khususnya anak yang masih berusia 1 tahun ke atas.

Peranan Makanan Dengan Perkembangan Otak
Kesuksesan bunda dalam mengasuh anak terlihat dari seberapa hebat anak di masa depan. Meskipun waktunya masih lama, tetapi bunda tidak bisa santai. Bunda perlu mempersiapkan anak sejak kecil. per3siapan ini penting untuk bekalan hidup anak di masa mendatang.
Persiapan ini berhubungan dengan pola asuh yang baik. Pola asuh yang benar akan membuat anak semakin hebat. Bahkan, bakat dan kemampuannya akan terlihat saat usianya masih kanak-kanak.

Perlu diingat bahwa pertumbuhan dan perkembangan anak akan terus berlangsung. Dan perkembangan ini terlihat sangat cepat di masa kanak-kanak. Ini dibuktikan dengan kondisinya yang belum mengenal apa-apa selain digendong bunda, sampai si kecil mampu mengetahui banyak hal di usianya yang menginjak 1 tahunan ke atas.

Tingginya juga ideal, dan beratnya menjadi proporsional. Keduanya menjadi indicator jika pertumbuhannya sangat maksimal. Dan ini adalah hasil yang membanggakan dari pola asuh yang bunda lakukan.

Nah, pertumbuhan yang optimal ini jelas tidak datang dengan sendirinya. Bunda butuh berbagai faktor untuk menunjangnya. Yang paling utama adalah makanan. Makanan mengandung sejumlah gizi. Gizi ini dibutuhkan oleh tubuh anak. Yaitu untuk menunjang pertumbuhannya.

Pertumbuhan anak akan terus meningkat dengan terbentuknya sel/jaringan tubuh. Ini mencakup seluruh tubuh. Mulai dari pembentukan otot, tulang, sampai jaringan di seluruh tubuh. Termasuk sel/jaringan otak.

Dan perlu diingat bahwa masa kanak-kanak adalah masa keemasan dimana perkembangan otak anak meningkat sangat pesat. Tidak tanggung-tanggung, perkembangannya mencapai 80%. Semakin dewasa, pembentukan otak ini akan semakin kecil presentasenya.

Melihat fakta ini, jelas sangat disayangkan bila bunda tidak memaksimalkan waktu tersebut. Cara memaksimalkannya adalah dengan menyediakan Asupan makanan yang sehat dan berimbang.

Selain makanan, bunda juga perlu mengasah keterampilan yang dimiliki oleh anak. Stimulasi setiap saat sangat diperlukan. Gunanya jelas untuk meningkatkan kemampuannya. Atau lebih tepatnya mengajarkannya banyak hal yang akan bermanfaat bagi anak kedepannya.

Makanan Yang Baik Untuk Menunjang Pertumbuhan Otak Anak
Memang seharusnya bunda perlu memaksimalkan waktu keemasan anak. Jika keterampialn anak telah dipersiapkan sejak awal, maka anak akan terlatih di masa mendatang. Anak akan menjadi semakin cerdas, serta mampu menjadi pribadi yang sukses.

Dan makanan yang kaya akan kandungan gizi wajib disediakan. Khusus untuk menu makan anak 1 tahun yang bisa menunjang pertumbuhan otak, bunda bisa mengintipnya di bawah ini.

Yang pertama adalah daging merah. Daging merah merupakan jenis makanan yang sangat baik untuk anak 1 tahun. Makanan ini mengandung zat besi. Zat besi ini akan membantu darah dalam mendistribusikan oksigen ke seluruh sel tubuh.

Pendistribusian maksimal ini memungkinkan sampai pada sel otak. Alhasil, fungsi otak anak juga lebih optimal.

Yang kedua adalah ikan salmon. Ikan salmon juga sangat baik untuk diberikan pada anak. Menu yang satu ini mengandung gizi yang lebih lengkap. Diantaranya adalah protein, kalsium, magnesium dan lemak essensial.

Ini berarti bahwa ikan salmon punya manfaat khusus untuk menunjang pertumbuhan si kecil. Bahkan, bisa meningkatkan perkembangan otak anak lantaran adanya lemak essensial.

Selain makanan di atas, bunda juga butuh dukungan makanan yang mengandung sumber gizi. Baik itu kalsium, protein, mineral, vitamin dan lain sebagainya. Kesemuanya bisa didapatkan dari aneka jenis makanan sehat seperti buah dan sayur.

Yang paling penting, bunda perlu menyediakan makanan yang kaya akan kandungan omega 3 dan 6. Karena kandungan nutrisi inilah yang akan bekerja untuk memaksimalkan perkembangan otak.

Berapa Kali Anak Usia 1 Tahun Diberikan Makanan?
Bagi anak usia 1 tahunan, anak sudah bisa dibiasakan dengan makanan padat. Namun begitu, pastikan jika menu yang disajikan mudah untuk dikunyah, ditelan dan dicerna. Tujuannya agar makanannya bisa bermanfaat bagi pertumbuhan anak.

Untuk pemberian makanan ini, bunda sudah bisa memberikan asupan makanan 3 kali dalam sehari. Pemberian makanan seperti ini cukup tepat karena anak sudah mulai sangat aktif layaknya orang dewasa.

Sementara di sela-selanya, bunda bisa menyisipkan beberapa jenis camilan sehat. Camilan ini digunakan untuk menghilangkan rasa lapar setelah bermain di dunianya. Camilan ini bisa dibuat dari buah-buahan dan lain sebagainya.

Camilan ini juga bisa mengisi hilangnya sumber nutrisi akibat digunakan oleh anak. Misalnya untuk mengembalikan energi sehabis beraktifitas. Sampai mengembalikan cairan yang hilang.

Dan yang paling utama, variasakan jenis makanan setiap kali jam makan tiba. Variasi makanan akan membuat anak menjadi tidak pemilih. Jadinya, sumber gizi yang dibutuhkan lebih mudah tercukupi dibandingkan yang pemilih.

Kesimpulannya, pilihlah makanan yang kaya akan kandungan sehat dan berimbang, serta variasikan makanan agar anak terbiasa untuk mengkonsumsi jenis-jenis makanan sehat. Dengan tercukupi asupan gizinya, perkembangan otak anak akan semakin meningkat.

Sumber: https://www.ibudanbalita.com/artikel/
« Last Edit: December 07, 2018, 03:54:45 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Pentingnya Menyeleksi Makanan Yang Akan Diberikan Pada Si Kecil!
« on: December 06, 2018, 12:04:53 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab