FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Begini Nih Perkembangan Anak 1 Tahun Yang Perlu Anda Ketahui  (Read 48 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 42
Begini Nih Perkembangan Anak 1 Tahun Yang Perlu Anda Ketahui
« on: November 28, 2018, 02:37:25 PM »

Mengetahui tahapan tumbuh kembang anak tentu sangat menyenangkan bagi orang tua, apalagi dengan perkembangan anak 1 tahun yang sedang lucu-lucunya. Sudah pasti para orang tua akan gemas sekaligus sibuk dengan kelakuan anaknya yang semakin aktif. Kebanyakan anak di usia 1 tahun akan mulai mengenali diri sendiri dan tertarik dengan lingkungan di sekitarnya. Semua ini merupakan tanda-tanda jika anak sudah mulai berkembang.

Perkembangan Fisik Anak di Usia 1 Tahun
Fisik anak pasti akan berkembang seiring dengan pertumbuhannya, Anda tentu dapat melihat perkembangan tersebut. Perkembangan ini ditandai dengan adanya perubahan pada tubuh anak. Seperti berat badannya yang semakin naik serta ukuran tubuhnya yang juga semakin tinggi. Hal ini karena pertumbuhan tulang anak yang semakin besar dan panjang.

Pada umumnya anak usia 12 bulan memiliki berat badan antara 7 hingga 10 kg dengan tinggi yang mencapai 70 sampai 77 cm. Namun jangan khawatir jika anak Anda belum mencapai angka ini, karena perkembangan anak memang berbeda-beda. Hal ini juga dapat dipengaruhi dari faktor genetik dan nutrisi yang didapatkan anak.

Tanda yang lain dari segi fisik juga dapat dilihat dari keinginan dan kemampuan anak untuk berjalan. Di usianya yang menginjak 1 tahun anak akan mulai merangkak, berdiri dan berjalan meskipun masih menopang pada dinding atau benda lain. Karena itu, anak usia ini akan lebih suka berkeliaran mengelilingi ruangan dan sulit untuk diam.

Pada mulanya anak akan berusaha berdiri lalu mulai berjalan tertatih dengan pegangan pada benda yang mampu menopangnya. Ini tentu perkembangan anak 1 tahun yang ditunggu-tunggu oleh orang tua. Jika anak sudah bisa berjalan beberapa langkah tanpa penopang itu berarti tidak lama lagi anak akan mampu berjalan atau bahkan berlari dengan baik.

Perkembangan Akal Pada Anak Usia 1 Tahun
Ketika anak berusia 12 bulan, ia akan mulai menyadari keberadaan dirinya dan seberapa menariknya lingkungan disekitar. Karena pada bulan ini memori anak sudah memasuki tahapan perkembangan sehingga mampu mengenali beberapa hal. Usia ini adalah masa yang tepat untuk mengenalkan anak pada bentuk dan warna, meskipun anak masih membutuhkan waktu lebih lama.

Pada usia ini anak memang sudah mulai tumbuh kesadarannya, tetapi ia masih belum bisa memahaminya. Anak hanya fokus dengan apa yang terjadi sekarang jadi percuma saja jika Anda memperingatkan padanya tentang suatu yang akan terjadi akibat kelakuannya. Anak juga sudah bisa merespon beberapa perintah sederhana yang diberikan padanya meskipun belum sepenuhnya memahami.

Ketertarikan anak pada lingkungan yang ia lihat juga merupakan perkembangan balita 1 tahun yang wajar. Anak mulai memiliki rasa penasaran terhadap sesuatu yang ada disekitarnya bahkan akan berusaha mencari tahu. Di masa ini anak juga mulai sadar dengan keberadaan dirinya pada lingkungan tersebut sehingga lambat laun ia akan mengetahui perannya.

Jika anak Anda mulai mengajak bermain seperti menunjuk suatu barang itu berarti anak sudah mulai tahu jika ia mempunyai kemampuan melakukan sesuatu. Anda juga tidak perlu marah saat anak mulai nakal atau sering mengajak bercanda, karena hal ini menunjukkan bahwa anak sedang ingin mengetahui suatu hal meskipun ia juga tidak tahu caranya.

Perkembangan Emosional Anak Pada Usia 1 Tahun
Perkembangan anak 1 tahun juga berdampak pada emosi anak masih belum stabil, ia bisa tertawa hanya dengan melihat sesuatu yang sederhana. Ia juga bisa tiba-tiba menangis karena takut atau malu saat bertemu dengan orang yang baru dilihatnya. Ini merupakan tahap awal anak belajar tentang perasaannya saat bersosialisasi dengan lingkungan.

Anak biasanya akan rewel atau menangis saat ditinggal pergi orang tua atau seseorang yang dikenalnya. Hal ini karena ia masih takut untuk sendirian, meskipun sudah merasa percaya diri berjalan ke tempat lain. Jadi wajar saja jika anak yang sedang merangkak sering menengok kebelakang, hal itu dilakukannya untuk memastikan bahwa Anda tidak berada jauh darinya.

Dalam perkembangan anak usia 1 tahun, Anda juga bisa melihat sifat keras kepala pada anak seperti kerasnya ia berusaha melakukan suatu pekerjaan sendiri tanpa bantuan orang lain. Selama tidak berbahaya maka Anda tidak perlu terlibat dengan apa yang dilakukannya. Biarkan anak melakukan sendiri apa yang ia mau kecuali jika ia meminta bantuan pada Anda.

Menjadi hal biasa jika anak-anak tidak mau berbagi atau bertengkar dengan temannya saat bermain. Ia mungkin bisa memukul, berebut mainan atau berkelakuan yang tidak menyenangkan saat bermain bersama. Ini masih wajar karena anak ingin tahu tentang apa itu sebab-akibat, Anda hanya perlu berbicara padanya bahwa yang ia tidak boleh melakukan hal itu.

Perkembangan Aspek Bahasa Pada Anak 1 Tahun
Anda perlu tahu saat anak berusia 1-5 tahun ia sedang dalam masa emas tumbuh kembang. Otak anak di usia ini sedang sibuk-sibuknya mengingat banyak hal, jadi usaha Anda untuk berbicara pada anak tidak sia-sia meskipun anak hanya membalas ucapan Anda dengan bahasa yang hanya ia mengerti. Karena otaknya akan berusaha mengingat setiap kata benda yang ia dengar dan menyesuaikannya dengan hal tersebut.

Kebanyakan anak usia ini lebih sering berceloteh dengan bahasanya sendiri, sesekali ia juga akan mengikuti ucapan orang lain yang ia dengar. Suara-suara lucu yang dikeluarkan anak usia 1 tahun saat bermain terdengar seolah-olah ia sedang mengajak mainan tersebut bicara, tentu ini memancing gelak tawa orang-orang yang mendengarnya.

Dalam masa perkembangan anak 1 tahun memang seringkali membuat para orang tua pusing atau bahkan stres dengan kelakuan anak yang sangat rewel dan tidak mau diam. Orang tua pasti turut sibuk mengawasi aktifitas anaknya yang tiada henti, seakan-akan anak tidak pernah lelah. Namun meskipun begitu, orang tua pasti akan terhibur dengan kelakuan lucu yang diciptakannya.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Begini Nih Perkembangan Anak 1 Tahun Yang Perlu Anda Ketahui
« on: November 28, 2018, 02:37:25 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab