FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Enak-enak Makan Lalu Mulut Kegigit, Ini Alasannya Kenapa Bisa Begitu  (Read 22 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 469
    • Email
Oleh : Bayu D. Wicaksono


Pernah mengalami menggingit lidah atau dinding mulutmu sendiri? Itu bisa dibilang hal yang lumrah. Banyak dari kamu yang sudah berusaha makan dengan santun dan hati-hati, tapi tiba-tiba aduuhh!! Kamu menggigit lidah atau dinding mulutmu sendiri. Kenapa seakan kamu kehilangan kontrol dan mencelakai bagian tubuhmu sendiri? Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini penjelasan selengkapnya!

1. Salah satu penyebab paling umum lidah atau dinding dalam pipimu sendiri tergigit adalah mengunyah terlalu cepat dan emosi berlebihan

Berdasarkan diskusi para ahli di Quora, ketika kamu sedang dalam kondisi emosi berlebihan, stres akan menyebabkanmu kehilangan konsentrasi. Cara kerja mulutmu bukan dengan syaraf refleks yang mampu menghindarkanmu dari gerakan tidak diinginkan, tapi lebih pada apa yang kamu pikirkan. Sehingga kondisi pikiranmu akan sangat berpengaruh.

Jika ada mitos yang mengatakan bahwa penyebab kamu menggigit bagian mulutmu sendiri adalah seseorang mengutukmu atau terkena nasib buruk, kesampingkan dulu pikiran itu. Walau bagaimana pun, itu hanya mitos yang beredar, karenanya kita akan membahas penyebab dan solusinya secara ilmiah.


2. Penyebab yang cukup jarang tapi bisa memungkinkan adalah karena terjadinya gesekan, akibat mulut kita terlalu kering

Ketika kamu sedang mengunyah, gigimu sesekali akan menyentuh bagian dinding dalam pipimu, karena dinding dalam pipimu adalah yang membuat makananmu tetap berada dalam zona kunyahan. Lidahmu juga sesekali akan bergerak melewati antara kedua rahangmu karena lidahmu lah yang memindah-mindahkan posisi makanan di mulutmu. Ini semua bisa terjadi dengan lancar karena kondisi mulut yang licin akibat ludah yang dihasilkan kelenjar air liurmu.

Lubrikasi alami sangat dibutuhkan agar proses mengunyah makananmu lancar. Meskipun begitu, proses mengunyah dapat mengalami masalah karena lubrikasi mulutmu bisa mengering. Ya, mulutmu bisa mengering di tengah kamu sedang makan. Apalagi kalau kamu memakan makanan penyerap kelembaban dalam jumlah banyak misalnya roti, kue, gorengan dan makanan lain yang hydrophobic. Kalau makanannya kering sekaligus berminyak, kamu akan dengan cepat membuat mulutmu kering. Inilah yang menyebabkan kamu kesakitan ketika gigimu mengatup menjepit lidah atau dinding dalam pipimu.


3. Salah satu penyebab lainnya adalah posisi tulang belakang yang tidak sejajar, yang menyebabkan rahangmu berpindah dari posisi asalnya

Menurut penjelasan Dr. Tanvi Desai, D.C., dilansir dari alphasciencecenter.com, posisi tulang belakang berada tepat di belakang rahang (terutama mandibula). Ketika tulang belakang ini tidak sejajar, akan terbentuk ruang antara tulang belakang dengan rahang, sehingga rahang akan berpindah dari posisi semula untuk menciptakan ruang tersebut, seiring rahang terbuka. Ketika kita berbicara atau mengunyah, kedua rahang akan memungkinkan terbentuk posisi zig-zag, sehingga akan membuat kita tidak sengaja menggigit lidah atau bagian dalam pipi kita.


4. Dengan semua penyebab gigitan lidah dan dinding mulut di atas, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk mencegahnya, salah satunya adalah duduk tegak

Sebelum kamu berbicara atau mengunyah, pastikan kamu menenangkan diri terlebih dahulu dan emosimu berada dalam kondisi stabil. Agar kamu tidak menggigit dirimu sendiri akibat emosi. Untuk mencegah gigitan yang disebabkan oleh mulut terlalu kering, minumlah air putih secukupnya sebelum kamu mulai makan. Selingkan waktu santapmu dengan sesekali minum air putih untuk makin mencegah gigitanmu sendiri. Sedangkan untuk mengatasi gigitan akibat tulang belakangmu yang tidak sejajar, pastikan kamu berdiri atau duduk tegak saat berbicara dan duduk juga dengan tegak saat sedang makan.

Jadi itulah kenapa kamu bisa menggigit lidah atau dinding dalam pipimu sendiri. Ternyata memang bukan sesuatu yang random atau sesuai mitosnya, tapi ada penyebab nyatanya. Ternyata pesan-pesan yang diberikan kepada kita saat kecil itu memang banyak manfaatnya ya, seperti rajin minum air putih dan duduk dengan tegak. Semoga kita bisa menjaga kesantunan itu sekaligus selanjutnya terhindar dari menggigit diri kita sendiri lagi.



Sumber Artikel : www.idntimes.com/science/experiment/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab