FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Kenali Jenis, Gejala dan Cara Menghindari Anemia Pada Ibu Hamil  (Read 83 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 29
Kenali Jenis, Gejala dan Cara Menghindari Anemia Pada Ibu Hamil
« on: November 16, 2018, 11:30:03 AM »
Anemia pada ibu hamil memang sering terjadi, tapi bukan berarti hal ini bisa di sepelekan. Anemia atau kurang darah pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko berbahaya bagi kesehatan ibu dan janin. Bahkan jika tidak segera ditangani, anemia bisa juga mengakibatkan kematian. Karena itu, anemia yang dialami oleh ibu hamil tidak boleh diabaikan begitu saja.

Jenis-Jenis Anemia Yang Dialami Ibu Hamil
Ibu hamil memiliki potensi yang cukup besar terkena anemia, padahal mengalami penyakit anemia saat hamil bisa membahayakan kehamilan. Anemia adalah kondisi dimana tubuh kekurangan sel darah merah untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh sehingga mengakibatkan suplai terhambat. Berikut ini beberapa jenis anemia yang bisa dialami pada ibu hamil :

Anemia Kekurangan Asam Folat
Folat adalah salah satu bagian vitamin B yang berfungsi sebagai pembentuk sel darah merah yang sehat. Oleh sebab itu, kekurangan asupan asam folat dapat menyebabkan anemia. Asam folat tidak hanya dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan tubuhnya, tapi juga berfungsi untuk mengoptimalkan perkembangan janin yang ada di kandungan.

Resiko bagi ibu hamil yang kekurangan asam folat adalah kehilangan berat badan secara drastis serta lahirnya bayi secara prematur. Sedangkan resiko terburuknya adalah bayi lahir dalam kondisi yang tidak sempurna atau cacat lahir. Biasanya cacat ini terjadi pada tulang belakang atau otak bayi.

Anemia Kekurangan Zat Besi
Penyebab terbanyak anemia pada ibu hamil juga terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Saat tubuh kekurangan zat besi, jumlah hemoglobin akan menurun dan berdampak pada sel darah merah. Karena hemoglobin adalah salah satu jenis protein yang berperan membawa oksigen ke paru-paru dan seluruh tubuh.
Pada ibu hamil, anemia karena kekurangan zat besi ini dapat berakibat pada menurunnya berat badan ibu pasca persalinan. Bayi dalam kandungan juga berpotensi lahir prematur. Oleh sebab itu, untuk mengatasi kemungkinan buruk ini, asupan zat besi menjadi hal penting yang sangat dibutuhkan ibu hamil.

Anemia Kekurangan Vitamin B12
Vitamin B12 juga berfungsi untuk membentuk sel darah merah sehingga jika kekurangan vitamin yang satu ini maka tubuh akan mengalami anemia. Untuk ibu hamil, kekurangan vitamin B12 dapat mengakibatkan terganggunya perkembangan janin di dalam kandungan. Dan kemungkinan terburuknya adalah saat lahir bayi bisa mengalami cacat tabung saraf.

Anemia Hemolitik
Pada umumnya sel darah merah akan melewati masa kehancuran dalam jangka waktu tertentu. Tapi ketika masalah anemia ini muncul maka penghancuran sel darah merah terjadi lebih awal sehingga diperlukan tranfusi darah agar peredaran darah normal. Kasus anemia ibu hamil yang satu ini memang jarang ditemukan, namun dampak yang ditimbulkan sangat tidak biasa terjadi.

Penyebab dan Gejala Anemia Pada Ibu Hamil
Tidak ada salahnya untuk ibu hamil mengetahui penyebab dan gejala yang muncul saat anemia. Dengan mengetahui lebih dulu, ibu justru dapat lebih berhati-hati dan lebih cepat menangani jika terdapat gejala anemia yang dirasakan ketika hamil.

Penyebab Ibu Hamil Anemia
Rasa mual yang dirasakan ibu hamil memicu menurunnya nafsu makan selama kehamilan sehingga pola makan ibu hamil tidak teratur
Cadangan zat besi pada ibu hamil yang rendah karena mestruasi atau persalinan sebelumnya

Ibu hamil memiliki kebutuhan zat besi lebih banyak dan semakin meningkat seiring dengan pertumbuhan janin dalam kandungan
Asupan nutrisi pembentuk sel darah merah yang diterima ibu hamil masih belum mencukupi kebutuhan

Gejala Anemia Pada Ibu Hamil
Tubuh terasa lemas, lesu, mudah lelah dan terlihat pucat
Jantung berdebar lebih cepat dari biasanya dan tidak beraturan
Sering merasa sakit kepala seperti pusing dan berkunang-kunang
Sulit berkonsentrasi
Tangan dan kaki terasa dingin
Nafsu makan berkurang
Penyembuhan luka butuh waktu lama

Tips Menghindari Anemia Bagi Ibu Hamil
Anemia ibu hamil bisa sangat berbahaya, karena itu lebih baik untuk menghindarinya sebisa mungkin. Untuk itu, beberapa tips berikut ini bisa dilakukan agar terhindar dari anemia selama kehamilan.

Konsumsi Makanan Yang Membantu Pembentukan Sel Darah Merah
Makanan yang dikonsumsi harus mengandung asam folat yang tinggi seperti roti, sayuran hijau, salmon dan sereal. Mengandung zat besi seperti daging merah, telur, dan kacang-kacangan. Serta makanan lain yang mengandung banyak vitamin B12 dan buahan-buahan yang mengandung vitamin C.

Rajin Minum Susu dan Air Putih Yang Cukup
Teratur minum susu pada siang dan malam hari akan membantu meringankan gejala anemia yang dirasakan karena susu tidak hanya mengandung kalsium tapi juga mengandung zat besi yang berguna untuk mengatasi anemia pada ibu hamil. Sedangkan dengan cukup minum air putih mampu mengurangi resiko anemia dan memperlancar peredaran darah. Dan yang perlu diketahui, jangan terlalu banyak mengkonsumsi kafein.

Rajin Berolahraga
Khusus untuk ibu hamil, olahraga yang dilakukan tidak boleh terlalu berat. Cukup dengan olahraga ringan seperti berenang atau jalan santai di sekitar rumah agar tubuh menjadi rileks dan janin sehat. Jika tidak memiliki waktu untuk berolahraga, lebih baik lakukan aktivitas seperti biasa. Jangan sampai bermalas-malasan karena itu akan membuat peredaran darah tidak lancar sehingga mudah lelah, lemas dan pusing.

Hindari Stres
Stres tidak hanya dapat membuat anemia semakin parah karena peredaran tidak lancar. Namun juga bisa membahayakan kesehatan janin yang ada dalam kandungan. Menghindari stres dapat dilakukan dengan jalan-jalan ditempat yang tenang dan terbuka atau lakukan hal lain yang membuat diri senang.
Hal penting yang juga bisa dilakukan untuk menghindari anemia pada ibu hamil adalah rajin memeriksakan darah. dengan mengetahui kondisi darah maka ibu bisa mengatasi anemia lebih dini. selain itu, teratur memeriksakan kesehatan janin ke dokter juga dapat memperkecil resiko yang bisa terjadi selama kehamilan.



Sumber: www.friso.co.id
« Last Edit: November 21, 2018, 09:45:03 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Kenali Jenis, Gejala dan Cara Menghindari Anemia Pada Ibu Hamil
« on: November 16, 2018, 11:30:03 AM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab