FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: 7 Alasan Tersembunyi Mengapa Seseorang Bisa Saja Sulit Hamil  (Read 6 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 466
    • Email
7 Alasan Tersembunyi Mengapa Seseorang Bisa Saja Sulit Hamil
« on: November 08, 2018, 04:56:08 PM »
Oleh : Stella Azasya


Memiliki anak memang adalah impian semua wanita setelah menikah. Tapi berdasarkan kesehatan, tidak semua wanita bisa atau mumpuni untuk mengandung. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab beberapa wanita justru sulit hamil.

Berikut adalah 7 alasan yang bisa jadi penyebab seorang wanita memiliki anak. Tidak selalu tanda adanya penyakit, tapi lebih baik kamu cek saja faktornya di bawah ini.

1. Terlalu banyak mengonsumsi lemak

Kebanyakan makan makanan yang dipanggang atau digoreng bisa berdampak negatif bagi kesuburan yang berarti ovulasi tidak terjadi. Membatasi makan makanan tersebut sama dengan mengurangi risiko gangguan ovulasi. Ganti cemilanmu dengan gandum, almond, yogurt, pisang atau roti itu akan lebih baik bagi kesuburan.


2. Olahraga terlalu berat

Olahraga yang tepat bisa meningkatkan kesuburanmu tapi penting untuk kamu tahu batasannya. Melakukan terlalu banyak olahraga bisa mempengaruhi keseimbangan energi dalam tubuh dan berdampak buruk pada siklus reproduksimu. Latihan yang terlalu berat sangat tidak dianjurkan bila kamu ingin cepat punya anak. Kuncinya adalah menjaga kesehatan dan kebugaran, bukan membuat tubuh malah terlalu lelah dengan olahraga tidak terkontrol.


3. Pasanganmu mengalami stres

Kesuburan laki-laki dipengaruhi dari tingkat stres yang sedang dia alami, hal ini termasuk juga pekerjaan, keluarga atau kehidupan sosial. Ketidakmampuannya untuk menyelesaikan masalah atau mengurangi stres akan berpengaruh pada produksi sperma yang dia keluarkan.


4. Tidak menghitung masa subur dengan benar

Akan lebih akurat jika kamu tahu dengan jelas tanggal berapa masa kesuburanmu berlangsung. Tidak pas dalam menetapkan momentum bercinta juga bisa jadi salah satu penyebab kamu sulit hamil. Umumnya, masa subur wanita adalah 12-16 hari sebelum masa menstruasi berikutnya. Itu ukuran normal dalam artian kamu punya siklus teratur 28 hari. Tapi jika kamu memiliki siklus yang berbeda, maka kamu perlu mempelajari untuk menghitung masa subur.


5. Faktor Usia

Semakin tua seorang wanita akan berpengaruh juga pada kesuburan yang dia miliki. Biasanya wanita dengan usia 35 tahun ke atas akan mengalami penurunan kesuburan secara drastis. Bukan hanya itu, pada usia ini juga rentan terjadi keguguran.


6. Adanya infeksi vagina

Jika kamu merasa tidak mengalami semua faktor di atas maka kamu perlu periksa keputihanmu. Keputihan tidak normal; terlalu banyak, kental dan berwarna hijau adalah tanda kamu mengalami infeksi vagina yang memiliki peran besar dalam kesuburan. Semua penyakit panggul atau vagina dapat menghambat pembuahan sel telur dan sperma di tuba falopi. Inilah yang jadi penyebab kamu sulit untuk hamil. Sebaiknya kamu mulai memeriksakan ke dokter jika kamu mengalami ini.


7. Adanya penyakit chlamydia

Penyakit ini adalah penyakit menular seksual yang dapat menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius. Tanda adanya penyakit ini biasanya adalah nyeri panggul kronis dan sakit yang tak tertahankan saat menstruasi. Jelas hal ini memiliki peran besar dalam kesuburanmu. Nyeri memang tidak bisa selalu dihitung sebagai tanda adanya penyakit tapi kalau memang nyeri yang kamu alami ini tidak biasa, maka periksakan ke dokter.


Yang paling penting adalah kamu harus menjaga kesehatan dan kebersihan vagina sejak masih remaja. Perhatikan juga tentang sejarah keluarga tentang masalah kesuburan ini. Jika kamu merasa memiliki masalah tersebut, alangkah lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter. Yang perlu kamu ingat adalah sulit untuk hamil bukan berarti tidak bisa hamil.



Sumber Artikel : https://www.idntimes.com/life/women/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

7 Alasan Tersembunyi Mengapa Seseorang Bisa Saja Sulit Hamil
« on: November 08, 2018, 04:56:08 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab