FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Dengan Aromaterapi  (Read 90 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 42
Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Dengan Aromaterapi
« on: November 06, 2018, 12:21:23 PM »

Sumber Artikel dan Gambar: www.ibudanbalita.com

Di awal kehamilan, banyak ibu hamil yang sibuk mencari cara mengatasi mual saat hamil. Apalagi, jika mual disertai dengan muntah-muntah dan rasa tak nyaman di perut. Hal ini memang wajar terjadi pada ibu hamil. Terutama di awal masa kehamilan. Mual muntah semacam ini biasanya terjadi ketika kehamilan bari menginjak trimester pertama. Sekitar usia 5-12 minggu. Namun, ada beberapa wanita juga yang mengalaminya hingga usia kandungan menginjak trimester kedua, bahkan ketiga.

Penyebab rasa mual yang timbul pada masa kehamilan, tak lepas dari peran hormon-hormon kehamilan itu sendiri. Seperti hormon progesteron, hormon estrogen dan HCG. Perubahan hormon dari ketiga hormon inilah yang ikut andil dalam ketidaknyamanan di saluran pencernaan.

Meningkatnya kadar hormon-hormon tersebut membuat kerja lambung menjadi semakin lambat, sehingga asam lambung pun menjadi meningkat. Dan inilah yang menyebabkan munculnya rasa mual. Namun dibalik itu, ada manfaat penting yang dibawa bersama hormon-hormon kehamilan.

HCG bekerja untuk mempertebal dinding rahim dan mendorong pertumbuhan embrio. Setelah embrio tumbuh dan membantu janin, peranannya diambil alih oleh hormon estrogen dan progesteron. Kedua hormon tersebut bekerja untuk menjaga janin agar tumbuh sehat dan mempersiapkan payudara ibu untuk memproduksi ASI.


Lalu Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil?

Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa mual di masa kehamilan. Salah satunya adalah dengan menghirup bau-bau an yang memberikan efek menyegarkan. Minyak aroma terapi dapat Anda pilih sebagai salah satu solusinya. Dengan bahan minyak esensial yang alami, Anda dapat menghilangkan rasa mual saat hamil.

Minyak aroma terapi mampu memberikan ketenangan. Ada beberapa jenis aroma terapi yang dapat dipilih, berdasarkan bahan dan manfaatnya.

1) Minyak Aroma terapi dengan aroma Lemon dan Mint

Kedua jenis aroma ini memberikan efek fresh. Sangat cocok untuk melenyapkan berbagai gejala mual, pusing, dan rasa tak nyaman di awal masa kehamilan.


2) Minyak Aromaterapi dengan aroma Jeruk Manis

Nah, kalau jenis yang satu ini, memiliki aroma yang segar namun masih meninggalkan kesan 'sweet'. Menurut beberapa penelitian, aroma terapi yang terbuat dari jeruk manis, sangat ampuh untuk mengatasi gangguan lambung pada ibu hamil, termasuk sembelit.


3) Minyak Aromaterapi dengan aroma Lavender

Sedangkan aroma lavender sangat pas untuk memberikan efek menenangkan. Dan sangat baik untuk memperbaiki kualitas tidur pada ibu hamil.


Selain beberapa aroma utama tersebut, adapula aroma jahe, geranium, lemon rass, chamomile, dan citrus. Selebihnya, perlu dikonsultasikan dengan dokter kandungan ya, karena ada minyak aroma terapi yang dapat menimbulkan efek lain. seperti meningkatnya tekanan darah, menimbulkan kontraksi dini, dan keguguran.

Manfaat aroma terapi sudah memang sangat banyak. bagi ibu hamil, aroma terapi sangat baik untuk memberikan efek relaksasi. Sehingga, dapat memperbaiki mood, mengatasi masalah gangguan tidur seperti insomnia, dan juga mampu mengatasi mengatasi mual dan muntah.


Pantangan Bagi Ibu Hamil Untuk Menjaga Kesehatan Janin dan Ibu
   
Untuk menjaga kesehatan janin, bukan hanya mencegah dan mengatasi mual dan muntah saja lho. ada beberapa hal yang perlu dicegah oleh ibu hamil, agar masa kehamilan dapat terlewati dengan aman. Jadi, ibu hamil harup memperhatikan hal-hal berikut ini.


Kenali Diri Sendiri

Setiap kehamilan memiliki ceritanya sendiri. Satu ibu hamil, pasti memiliki pengalaman dan kondisi yang berbeda dengan ibu hamil yang lainnya. untuk itu, sangat penting bagi ibu hamil untuk mengetahui, apa yang terjadi pada dirinya?

Hamil bukanlah suatu kondisi yang membuat seorang wanita harus melepaskan segala aktivitas fisik yang ia sukai. Saat hamil, Anda masih bisa bepergian, membereskan rumah, olah raga, dan banyak kegiatan lainnya. namun, Anda juga harus paham betul, batas kemampuan diri Anda 'saat hamil'. Karena, terkadang seseorang yang sedang hamil, akan mengalami beberapa perubahan, yang membuat kondisi tubuhnya pun ikut berubah.

Sebagai contoh, menjadi lebih cepat lelah, lebih sensitif terhadap aroma dan rasa yang tajam, serta jam tidur yang mengalami perubahan.


Jangan Berlebihan

Masih terkait dengan pin sebelumnya, segala kegiatan masih boleh dilakukan, namun jangan berlebihan. Olah raga juga harus dipilih mana yang cocok untuk ibu hamil. Begitupun dengan makanan, boleh makan apapun, namun seperlunya saja. Ingat, yang dibutuhkan oleh ibu hamil adalah double nutrisi, bukan double porsi ya.


Hindari Kontak Langsung Dengan Berbagai Bahan Kimia

Berbagai macam bahan kimia juga dapat memberikan dampak negatif untuk kesehatan janin lho. maka, tak jarang dokter kandungan mencegah ibu hamil untuk menggunakan berbagai macam jenis perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan kimia. Selain itu, kontak langsung dengan bahan kimia juga bisa diperoleh dari berbagai produk kebersihan rumah tangga. nah, untuk itu, sebaiknya Anda sudah mulai aware, memilih dan memilah apa-apa saja yang harus 'dikeluarkan' dari rumah.


Stop Minum Obat-obatan

Selama hamil, Anda tak boleh sembarangan mengkonsumsi obat-obatan. Seperti obat pereda nyeri, atau pun yang lainnya. jika ada keluhan kesehatan, segera lakukan pemeriksaan kepada dokter kandungan atau bidan yang biasa menangani Anda selama masa kehamilan.
Mual dan muntah saat awal masa kehamilan memang hal yang wajar. Namun, tetap harus diantisipasi dan diatasi agar tak mengakibatkan berbagai efek negatif baik untuk ibu hamil maupun janin yang dikandungnya. Nah, untuk itu, Anda dapat mengkonsumsi berbagai makanan dan minuman padat nutrisi dalam porsi kecil, namun dengan intensitas yang lebih sering. Ini ,merupakan salah satu cara mengatasi mual saat hamil yang paling aman.
« Last Edit: November 08, 2018, 04:10:48 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Dengan Aromaterapi
« on: November 06, 2018, 12:21:23 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab