FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Jangan Sembarangan Pakai Baju Baru Tanpa Dicuci Dulu, Ini 4 Bahayanya!  (Read 18 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 466
    • Email
Oleh : Patricia Firscha


Baju atau pakaian selain untuk kebutuhan, kini juga untuk kepentingan penampilan. Banyak yang merasa klik dengan baju yang sedang dilihatnya di toko dan langsung membelinya. Padahal, tidak masuk dalam daftar kebutuhannya.

Dari banyaknya orang yang memutuskan langsung membeli, tidak sedikit juga yang buru-buru memakainya tanpa dicuci terlebih dahulu. Kebiasaan ini rupanya memberi dampak buruk bagi kesehatan. Menurut para ahli, berikut 4 bahayanya.

1. Virus flu dan norovirus bisa bertahan di pakaian selama 48 jam

Virus tersebar oleh udara. Kemudian, udara membawa virus tersebut menempel pada benda apa saja yang dicapainya. Kain adalah salah satu media yang bisa digunakan virus flu dan norovirus untuk bertahan cukup lama, bahkan hingga 48 jam.


2. Penyakit kulit bisa tertular melalui baju baru

Pakaian yang dipajang di toko bebas dicoba oleh siapa saja. Bayangkan jika sebelum kamu mencoba ada orang lain yang mencobanya dan ia memiliki penyakit kulit. Meskipun kamu membeli stok yang baru, tidak menutup kemungkinan bahwa akan tertular penyakit kulit kan?

Serat-serat kain adalah tempat yang nyaman bagi bakteri dan kutu untuk tinggal dan berkembang biak. Penyakit infeksi kulit itu bisa menular ke kamu dengan mudah.


3. Pewarna sintetis pada pakaian bisa menyebabkan peradangan kulit

Terutama bagi kulit yang sensitif, hati-hati terhadap pakaian baru. Kamu wajib mencucinya terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Pewarna sintetis yang digunakan pada pakaian bisa menyebabkan peradangan bagi kulitmu.

Bahkan menurut beberapa penelitian, zat-zat kimia yang digunakan dalam produksi pakaian beragam dan memiliki risiko bagi kesehatan. Bahan-bahan ini bisa menyebabkan alergi dan iritasi pada kulit, paru-paru, mata, mulut, hingga memicu kanker.


4. Berkeringat memudahkan bakteri menginvasi kulit

Ketika berkeringat, pori-pori terbuka lebih lebar. Keadaan ini sangat memudahkan bakteri patogen menginfeksi dan menyebar melalui pori-pori dan menyebabkan penyakit. Ini berlaku tidak hanya untuk baju baru, tetapi semua bajumu. Jangan sampai kamu gunakan berkali-kali, padahal bakteri dengan mudah tersebar dan siap menginvasi kulitmu kapan saja.


Ternyata tidak mencuci baju baru itu bahaya kan? Mulai sekarang jangan cari-cari alasan lagi untuk langsung memakai baju yang baru kamu beli ya. Apakah kamu mau tertular penyakit kulit dan lainnya? gak kan?



Sumber Artikel : https://www.idntimes.com/health/fitness/
« Last Edit: November 02, 2018, 05:03:10 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab