FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Bunda Juga Bisa Memprediksi Kelahiran Buah Hatinya Sendiri  (Read 83 times)

Offline InfoSehat

  • Newbie
  • *
  • Posts: 7
Bunda Juga Bisa Memprediksi Kelahiran Buah Hatinya Sendiri
« on: October 29, 2018, 11:06:22 AM »

Kapan buah hati lahir itu bisa diprediksi oleh bunda sendiri, caranya adalah dengan memanfaatkan kalkulator kehamilan. Kalkulator ini memungkinkan bunda untuk mengetahui usia kehamilan di bulan tertentu, sampai mengetahui perkiraan si kecil terlahir ke dunia.

Perhitungannya juga tidak ribet. Sudah ada rumusnya. Tinggal bunda mengoperasikannya sesuai keterangan yang tersedia.

Dari perhitungan ini, bunda akan mengetahui kira-kira usia janin. Tentunya bunda juga bakalan paham kapan si kecil akan lahir. Jadinya, bunda bisa siap-siap untuk menyambut kelahiran si kecil.

Seberapa Besar Keakuratan Kalkulator Kehamilan Ini?

Namanya juga perkiraan, tidak ada yang pasti di dunia ini. Karena ini bukanlah ilmu exact yang bila digunakan akan ditemukan hasil yang pasti. Contohnya adalah 1+1=2.

Perhitungan ini tidak pasti. Masih ada kelemahan yang dimiliki dari rumus tersebut. Karena ada banyak faktor yang mempengaruhi.
Namun begitu, perhitungan ini sudah menjadi andalan bagi setiap bunda dan dokter kandungan. Perhitungan ini memiliki tingkat keakuratan luar biasa, mencapai 90% lebih.

Bunda tidak salah bila menggunakan perhitungan yang disebut juga dengan kalkulator menstruasi ini. Gunanya adalah untuk memperkirakan. Dan hasilnya kurang lebih bisa dipertanggungjawabkan.

Menghitung usia kehamilan ini jauh lebih baik ketimbang tidak. Perhitungan ini bisa memberikan bunda kesempatan untuk berjaga-jaga. Yakni menyediakan hal-hal yang berhubungan dengan usia kandungan.

Misalnya asupan nutrisi. Asupan nutrisi ini akan terus meningkat seiring dengan semakin tua usia kandungan. Ketika asupannya meningkat dan tercukupi, janin akan tumbuh sempurna dan lahir tanpa kekurangan apapun.

Begitupun ketika memasuki masa melahirkan, bunda bisa mempersiapkan banyak hal. Selain mempersiapkan biaya untuk melahirkan, bunda juga sudah siap untuk menyediakan perlengkapan si kecil. Jadi, kelahiran si kecil tidak membuat bunda kerepotan.

Faktor Yang Mempengaruhi Kelahiran Si Kecil
Ketika bunda telah mengoperasikan kalkulator kehamilan online, bunda tentunya sudah mengantongi perkiraan si kecil akan dilahirkan. Bunda juga sudah mempersiapkannya sesuai hasil yang didapatkan.

Namun begitu, kadang hasilnya tidak sesuai. Ada yang melahirkan si kecil lebih lambat, ada juga yang terlalu cepat dari perkiraan. Faktanya kadang ada yang dilahirkan 2 minggu sebelum dan sesudah hari lahir yang didapatkan dari perhitungan.
Apa yang menyebabkan hal tersebut? Tentunya banyak sekali penyebabnya. Bunda juga harus memahaminya agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan tepat.

Faktor kelahiran dini ini bisa disebabkan oleh adanya permasalahan pada kandungan. Kemungkinannya bisa dari asupan makanan yang kurang, bisa juga ada masalah serius di rahim bunda.

Mau tidak mau, buah hati akan lahir secara premature. Dilahirkan si kecil ini sangat diperlukan untuk menjaga kehidupannya. Entah itu dilahirkan secara alami, atau secara operasi.

Begitupun dengan keterlambatan kelahiran. Banyak faktor yang mempengaruhinya. Bunda juga harus mengetahui informasinya agar bunda tidak terlalu khawatir dengan kondisi buah hati di dalam rahim.

Salah satunya adalah bunda baru pertama kali mengandung. Ini menjadi hal yang biasa bagi bunda. Si kecil biasanya akan terlambat untuk lahir ke dunia.
Selain itu, janin laki-laki yang dikandung juga turut mempengaruhi. Biasanya, janin berjenis kelamin laki-laki akan lebih lama di dalam kandungan. Makanya, bunda kadang harus menunggu berhari-hari untuk melahirkan si kecil.

Apakah hanya itu saja? tentu saja tidak. Masih banyak faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah obesitas dan memiliki riwayat keluarga dengan persalinan terlambat.

Kesemuanya bisa dikenali oleh bundanya. Dengan memahaminya, bunda tidak perlu khawatir. Karena kekhawatiran ini malah berdampak negatif bagi bunda sendiri.

Rumus Menghitung Kelahiran Si Kecil
Selain menggunakan kalkulator kehamilan, ada dua rumus yang berguna untuk menghitung kelahiran si kecil. Ini mengacu pada rumus Naegele dan Parikh. Penggunaan rumus ini didasarkan pada durasi menstruasi seorang wanita.

Rumus Naegelle
Rumus ini akan memiliki tingkat keakuratan tinggi bila siklus menstruasi kaum wanita stabil di 28 hari. Jika tidak, bunda harus menggunakan rumus yang kedua.

Dalam perhitungannya, bunda harus ingat kapan mengalami haid terakhir. Ini disebut dengan HPHT (Hari Pertama Haid Terakhir).
Rumusnya ada dua. Rumus pertama untuk mencari tahun adalah tahunnya tetap. Kemudian untuk mencari bulan harus ditambah 9, dan mencari hari harus ditambah 7.

Contohnya HPHT di tanggal 1 Februari 2018. Maka tahunnya tetap 2018, bulannya menjadi November (2+9=11), dan harinya menjadi hari ke-8. Hasilnya adalah 8 November 2018.
Rumus pertama ini berlaku bila HPHT terjadi di bulan Januari-Maret. Makanya, bunda harus paham betul sebelum memulai untuk menghitung.
Rumus yang kedua adalah tahunnya ditambah 1, bulannya dikurangi 3, dan harinya ditambah 7. Rumus ini berlaku bila HPHT terjadi di bulan April-Desember.

Rumus Parikh
Rumus Parikh ini bisa digunakan ketika bunda mengalami siklus menstruasi yang tak tentu. Khususnya memiliki siklus menstruasi kurang atau lebih dari 28 hari. Contohnya adalah memiliki siklus haid sekitar 35 hari.

Perhitungannya menggunakan rumus Parikh ini. Rumusnya adalah HPHT + 9 Bulan + (lama siklus menstruasi ? 21 hari).
Contohnya bila HPHT dikenali jatuh di 1 Februari 2018 dan siklus haidnya 35 hari, maka kapan anak akan dilahirkan?
Perhitungannya menjadi 14 November 2018. 14 didapatkan dari 35-21, dan November didapatkan dari 2 (bulan Februari) + 9. Tahunnya masih tetap.
Tahunnya akan berbeda jika penambahan bulan berujung pergantian tahun. Bundalah yang akan memahaminya.
Itulah bagaimana cara bunda memperkirakan kelahiran si kecil. Cermati berapa lama durasi haid, kemudian ingat HPHTnya. Baru gunakan kalkulator kehamilan online seperti di https://www.ibudanbalita.com/aplikasi/kalkulator-kehamilan untuk mendapatkan hasil yang tepat.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Bunda Juga Bisa Memprediksi Kelahiran Buah Hatinya Sendiri
« on: October 29, 2018, 11:06:22 AM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab