FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Beberapa Cara Menghitung Usia Kandungan Yang Bisa Dilakukan Bumil  (Read 209 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45

Bagi pasangan muda, belum banyak yang tahu tentang cara menghitung usia kandungan. Padahal, cara ini terbilang mudah dan bisa dipraktekkan sendiri di rumah.

Mengetahui usia kandungan juga sangatlah penting. Ini mengingat janin akan terus mengalami perkembangan. Perkembangan janin ini harusnya didukung dengan pola hidup dan makan yang teratur. Pola makan ini harusnya terus meningkat seiring dengan bertambahnya usia kehamilan. Karena, asupan nutrisi yang didapatkan dari luar akan dimanfaatkan oleh ibu dan janin itu sendiri.Tak hanya itu saja, mengetahui usia kehamilan akan membantu ibu dalam memahami kapan bayi akan lahir. Jadinya, Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya untuk menyambut kelahiran buah hati.

Nah, di sini kami akan bagikan beberapa cara untuk mengetahui usia kehamilan ibu. Diantaranya  adalah sebagai berikut ini

Menghitung Usia Kandungan Dengan Kalender
Hitungan kalender merupakan perhitungan sederhana. Tapi memiliki tingkat keakuratan tinggi. Baik itu untuk mengetahui usia janin, sampai kapan waktunya bayi dilahirkan ke dunia. Indikator yang digunakan adalah hari pertama haid terakhir (HPHT). Hari ini dihitung dan menjadi patokan utama dalam menghitung usia kehamilan. Ini juga dilakukan oleh para bidan kandungan. Asumsinya adalah pembuahan terjadi 14 hari setelah menstruasi terakhir muncul. Dengan asumsi ini, bidan bisa menentukan usia kandungan di waktu tertentu. Bahkan, bidan tahu persis bulan tertentu kandungan ibu sudah memasuki bulan keberapa. Ibu juga bisa melakukannya sendiri. Yang terpenting adalah mengetahui secara jelas kapan hari pertama haid terakhir muncul. Kemudian, ibu bisa menghitungnya dengan rumus hitungan kalender kehamilan.

Rumusnya adalah HPHT + 7 (mengetahui tanggal), bulan haid terakhir ? 3 (mengetahui bulan), dan tahun HPHT +1 (mengetahui tahun).
Rumus tambahan berlaku pada indicator mengetahui bulan yang tidak bisa dikurangi 3 habis. Rumusnya diganti dengan bulan HPHT + 9.
Misalnya ibu datang bulan terakhir di 1 desember 2018. Maka perhitungannya menjadi seperti berikut. Yakni (1+7 =8) (12-3 =9) (2018+1 = 2019). Artinya, bulan kelahiran bayi nantinya ada di kisaran tanggal 8 September 2019 mendatang.Namun jika HPHT ini terjadi di bulan Februari, maka hitungan bulannya menjadi 2+9 =11. Artinya, bulan kelahirannya ada di bulan kesebelas, yaitu November.

Menghitung Usia Kehamilan Dengan Kalkulator Kehamilan
Ibu bisa juga menggunakan cara yang lebih modern. Bisa memanfaatkan layanan kalkulator usia kandungan otomatis. Cara menghitung usia kehamilan dengan kalkulator ini bisa dijumpai di situs seperti  https://www.friso.co.id/tools/kehamilan.

Kalkulator ini punya kelebihan yang banyak sekali. Kalkulator tersebut bisa digunakan untuk mengetahui masa subur seorang wanita. Masa subur inilah yang bisa dijadikan patokan untuk berhubungan intim supaya keberhasilannya lebih besar. Cara ini terbilang instan, tidak memerlukan perhitungan yang rumit. Karena ibu hanya perlu mengisi data sesuai. Misalnya mengisi siklus menstruasi harian, tanggal HPHT dan durasi lamanya haid.
Jika sudah mengisinya, ibu bisa menekan perhitungannya. Tunggu sebentar dan hasilnya akan terlihat. Contohnya adalah hari keberapa mengalami masa subur, serta hari dan bulan saat bayi akan lahir.

Menghitung Dengan Gerakan Janin
Perhitungan jenis ini bisa dicoba meskipun tingkat keakuratannya tidak 100%. Karena ini bisa sedikitnya membantu dalam memahami usia kandungan ibu.
Patokannya adalah gerakan janin yang dirasakan oleh ibu sendiri. Tentu, ibulah yang akan merasakan dan mengetahui ciri-cirinya. Jika merasakannya, silahkan cocokkan dengan cara berikut.

Perkiraannya ada dua. Jika ibu adalah pasangan baru pertama kali hamil, gerakan janin ini menandakan jika usianya sekitar 18-20 minggu. Sementara bila pernah hamil sebelumnya, gerakan janin yang terasa ada di kisaran 16-18 minggu. Gerakan dari janin ini hanya akan terasa di minggu-minggu tersebut. Jika belum memasuki minggu tersebut, janin tetap diam. Makanya, bila terasa ada gerakan, diperkirakan janin sudah berusia sesuai ketentuan.
Sekali lagi, itu hanya perkiraaan. Perkiraan ini bisa saja meleset, tapi tidak terlalu jauh. Dan normalnya tidak begitu jelas untuk megetahui keakuratan tentang waktu buah hati dilahirkan kedepannya.

Menghitung Usia Kehamilan Dengan USG
Begitu banyak cara yang bisa dilakukan bumil untuk mengetahui usia kehamilan. Cara menghitung usia kandungan yang disebutkan di atas menjadi contoh sederhana. Hanya saja, kadang bumil masih ragu karena bukan berasal dari ucapan dokter kandungan. Bagi bumil yang masih ragu dengan cara sebelumnya, kami sarankan untuk memeriksa usia kandunganya ke dokter kandungan. Cara ini jauh lebih akurat dibandingkan sebelumnya. Khususnya jika menggunakan USG.

Bumil yang melakukan USG akan mendapatkan gambaran jelas tentang usia kehamilan. Malahan, bumil juga akan tahu gambaran jenis kelamin bayi dalam kandungan, serta kondisi kesehatan janin itu sendiri.

Perlu dipahami jika USG ini terbagi menjadi dua. Ada USG Transvaginal dan USG Transabdominal. Keduanya sama-sama disarankan oleh dokter kandungan.
USG Transvaginal merupakan pemeriksaan kesehatan kandungan dari jalan lahir bayi. Sementara USG Transabdominal diperiksa dari dinding perut. Masing-masing bisa dicoba oleh dokter untuk memastikan usia kandungan. Namun yang paling banyak adalah menggunakan USG Transvaginal.
Bumil hanya perlu datang ke dokter kandungan. Melakukan pemeriksaan secara rutin sesuai anjuran dokter. Pemeriksaan ini tak lain untuk mengetahui seberapa jauh perkembangan janin, serta mengetahui masalah yang mungkin terjadi pada janin.

Dari hasil pemeriksaan ini, bumil tentunya bisa mengupayakan berbagai hal. Misalnya menjaga asupan makanan yang sesuai usia janin.
Itulah beberapa metode untuk menghitung usia janin dalam kandungan. Jika ingin menghitung sendiri, hitungan kalender, kalkulator kehamilan dan gerakan janin bisa dicoba. Sementara yang tidak mau ribet, cukup gunakan cara menghitung usia kandungan di dokter kandungan dengan USG.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.