FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Makanan Untuk Program Hamil Yang Sebaiknya Dikonsumsi Untuk Mendukung Keberhasil  (Read 91 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 42

Makanan untuk program hamil harus diperhatikan benar-benar. Pasalnya, kesuburan pasangan ini sedikit banyak ditunjang oleh asupan makanan harian. Oleh karenanya, baik itu lelaki dan perempuan sebaiknya menyeleksi jenis makanan ketika mengikuti promil (program hamil).

Dijelaskan dari berbagai referensi jika kualitas sel telur dan sperma itu ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Semakin baik makanan yang dikonsumsi, semakin baik pula kualitasnya. Akhirnya, ovulasi terjadi dengan baik sehingga mensukseskan program yang Anda jalankan.
Pada kesempatan kali ini, kami akan tunjukkan beberapa jenis asupan makanan yang sangat direkomendasikan bagi penggiat promil. Tentunya, kami barengi dengan pantangan yang sebaiknya dihindari. Jadi, perhatikan ulasannya berikut ini!

Makanan Yang Sebaiknya Dikonsumsi Penggiat Promil
Disadari atau tidak jika inti sari dari sel telur dan sperma datang dari sari makanan. Sari makanan yang terkumpul ini menunjang pada kinerja sistem reproduksi. Entah itu memproduksi sel telur bagi wanita, sampai memproduksi sperma bagi kaum lelaki.

Baik tidaknya ini ditentukan oleh makanan yang dikonsumsi. Jika kualitasnya baik, maka pertemuan antara keduanya bisa memberikan keberhasilan. Yakni terjadi pembuahan sempurna. Pertanyaannya adalah apa saja makanan yang baik untuk menunjang kesuburan?

Produk olahan susu berlemak utuh
Olahan susu itu bermacam-macam. Ada yang dibuat dengan lemak utuh, ada juga yang rendah lemak. Bagi Anda yang melakukan promil, disarankan untuk memilih olahan susu yang berlemak utuh.

Produk olahan ini dipercaya mampu meningkatkan kesuburan. Baik itu kaum wanita dan kaum lelaki. Karena di dalamnya terkandung nutrisi untuk menunjang kesuburan.

Dilansir di berbagai sumber jika seseorang yang sering memanfaatkan produk ini satu porsi tiap harinya akan mengalami kegagalan promil sebesar 27%. Sementara yang tidak memanfaatkan memiliki resiko kegagalan sampai 2 kali lipatnya.

Dari penjelasan ini jelas bahwa produk ini diklaim sangat bagus untuk menunjang program kehamilan. Baik pasangan lelaki dan perempuan sebaiknya mengkonsumsinya selama menjalankan program.

Karbohidrat yang kaya akan serat
Karbohidrat kaya serat ini bisa didapatkan dari gandum, sayuran berwarna hijau tua, sampai oatmeal. Kandungan karbohidrat ini memang bisa memperlambat pencernaan. Namun begitu, makanan seperti ini bisa mendukung kehamilan.

Kelebihan ini didapatkan dari manfaat kandungan itu sendiri dalam tubuh. Kandungan tersebut bermanfaat untuk menurunkan kadar beban glikemik. Yang artinya, tubuh bisa lebih subur sehingga memperbesar kemungkinan untuk mengandung.

Protein nabati
Asupan ini bisa menjadi jawaban bagi Anda yang ingin promilnya berhasil. Protein nabati ini berperan penuh untuk menyuburkan kandungan.
Protein ini didapatkan dari tumbuh-tumbuhan. Di dalamnya hanya tersimpan kalori yang kecil. Diantara makanan yang kaya akan protein nabati ini adalah lentil dan kacang polong.

Antioksidan
Jenis makanan untuk program hamil yang juga harusnya dikonsumsi adalah biji-bijian dan kacang tanah. Kedua jenis makanan ini memiliki kandungan antioksidan yang kuat.

Antioksidan ini berfungsi untuk meningkatkan energi sel. Dicontohkan dengan semakin aktifnya sperma dan sel telur di dalam diri pasangan.
Nah, makanan yang terbaik ini bisa diambil dari kacang-kacangan. Menariknya kacang-kacangan tidak hanya mengandung antioksidan, melainkan juga mengandung zinc. Kandungan zinc inilah yang akan mendukung produksi sel telur dan sperma.

Vitamin D
Jangan pernah menyepelekan vitamin yang satu ini. Vitamin D ini punya peranan paling besar untuk kesuburan seseorang. Bahkan, kekurangan vitamin D ini diklaim sebagai biang kemandulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa vitamin D ini bisa membuat seseorang terhindar dari stress. Buahnya, sistem reproduksi akan bekerja maksimal. Kabar gembiranya, vitamin inilah yang memiliki tugas khusus untuk menyiapkan rahim yang mana menjadi tempat keberadaan janin.

Makanan Yang Sebaiknya Dihindari Oleh Penggiat Promil
Dalam menjalankan program kehamilan, tidak semua jenis makanan harus dikonsumsi. Ada beberapa makanan yang dilarang untuk program hamil demi mendukung keberhasilan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

Makanan mengandung karbohidrat tinggi gula
Sangat tidak disarankan untuk mengkonsumsi makanan seperti beras putih, kue, sampai roti putih. Bahkan, minuman yang sangat manis. Karena makanan ini mengandung karbohidrat yang tinggi gula.

Kandungan tersebut hanya akan membuat beban glikemik tubuh menjadi lebih tinggi. Inilah yang menjadi biang masalah bagi kesehatan. Contohnya adalah meningkatkan resiko diabetes yang sejauh ini sulit untuk ditangani medis.

Parahnya lagi, kandungan tersebut sangat tidak baik bagi Anda yang menjalankan program hamil. Betapa tidak, beban glikemik tinggi dalam tubuh inilah yang menjadi sumber kemandulan. Tak tanggung-tanggung, presentasenya sekitar 90%.

Protein hewani
Sejauh ini, protein hewani memang bagus dikonsumsi oleh orang biasa. Bagi penggiat promil juga tak masalah, asalkan tidak berlebihan.
Protein hewani ini berasal dari daging sapi. Protein ini diklaim bisa mengurangi kesuburan seseorang. Jika dikonsumsi secara berlebihan, tentu saja ovulasi di dalam rahim tidak akan terjadi.

Makanan mengandung lemak trans
Makanan siap saji memang tidak baik untuk kesehatan. Mengkonsumsinya hanya akan memperparah keadaan. Terlebih bagi Anda yang menunggu momongan.
Disadari atau tidak, makanan seperti itu akan menyebabkan inflamasi. Kemudian, lemak trans akan mempengaruhi sistem ovulasi, dan produksi hormon penunjang kehamilan.

Ini berhubungan dengan kaum wanita. Makanan ini berdampak pada kemandulan indung telur. Meskipun dikonsumsi sedikit saja, resiko kemandulannya tetap besar. Contohnya adalah peningkatan 2% lemak trans sama artinya dengan peningkatan resiko kemandulan sebesar 73%.
Kesimpulannya, cermatlah dalam memilih asupan makanan. Hindari makanan yang menjadi pantangannya. Sebaliknya biasakan untuk mengkonsumsi makanan untuk program hamil agar potensi memiliki momongan lebih besar.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab