FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Butuh Usaha Ekstra untuk Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini  (Read 139 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 29
Butuh Usaha Ekstra untuk Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini
« on: September 26, 2018, 10:13:45 AM »


Kelihatannya sangat mudah untuk menjaga kesehatan anak usia dini. Namun, pada kenyataannya, banyak orang tua yang kewalahan. Balita mereka sering sekali sakit. Bahkan, ada balita yang hampir setiap bulan sekali mengalami masalah seperti pilek, demam, atau badannya tiba-tiba lemas.

Menurut ahli kesehatan balita, itu hal yang sangat wajar, apalagi bagi balita. Saat balita sedang sakit, pada saat itulah tubuhnya sedang melakukan penguatan terhadap imun. Ketika anak pilek, misalnya, imun sebenarnya sedang bekerja untuk menghancurkan bakteri atau virus yang mencoba untuk menyerang tubuh.

Sebagai orang tua, apakah bunda akan membiarkan begitu saja? Tentu saja tidak kan? Namun, memberikan obat bukan langkah yang bijak. Justru dengan memberikan obat, bunda membuat sistem imun tidak berkembang.


Lalu, apa yang harus bunda lakukan?

Nah inilah susahnya jadi orang tua ketika harus menjaga kesehatan balita. Katanya harus menjaga kesehatan sang buah hati tapi justru tidak boleh memberikan obat ketika anak sakit.

Pada dasarnya, yang bunda harus lakukan adalan memastikan tumbuh kembang anak baik. Bukan berarti ketika anak sakit seperti pilek itu artinya tumbuh kembang anak terganggu ya.


Bunda Bijak Tahu Apa Yang Harus Dilakukan

Yang pasti, memberikan obat kepada si kecil ketika sedang sakit bukan hal yang bijak. Ini yang harus bunda catat.
Jika bunda benar-benar ingin menjaga kesehatan sang buah hati, beberapa hal berikut ini sebaiknya bunda lakukan.


Prevention

Bunda pasti setuju bahwasannya pencegahan lebih baik daripada pengobatan. Dan ini hal utama yang harus bunda lakukan.

Pencegahan bisa dilakukan dengan banyak hal. Salah satunya dengan memberikan susu pertumbuhan terbaik setiap hari. Di dalam susu, terdapat kandungan nutrisi yang akan terus menerus meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Dengan demikian, anak tidak akan mudah sakit.

Langkah yang lain juga perlu dilakukan seperti memberikan makanan yang bergizi. Jangan lupa juga kehigienisan makanan yang bunda berikan setiap hari. Lingkungan harus selalu dalam kondisi yang sehat. Ini wajib bunda lakukan.


Tahu Tanda Kondisi Anak Memburuk

Ini sebenarnya juga bisa disebut dengan langkah preventif. Jangan tunggu sampai anak mengeluh sakit atau tiba-tiba badannya lemas. Bunda harus mengetahui tanda-tanda sebelum hal buruk tersebut terjadi.

Itulah mengapa bunda perlu membaca banyak artikel mengenai kesehatan anak usia dini. Informasi harus update terus menerus agar bunda bisa benar-benar mencegah masalah kesehatan terjadi pada sang buah hati.


Mengajarkan Pola Hidup Sehat

Bukan bunda saja yang harus terus menjaga kesehatan anak. Anak juga harus diajarkan bagaimana menjalankan pola hidup yang sehat. Contoh paling sederhana adalah cuci tangan dengan sabun sebelum makan. Dan yang tak kalah penting lagi adalah gosok gigi dua kali setiap hari. Pasalnya, sering kali bakteri bersembunyi di sela gigi. Ketika anak makan makanan, maka bakteri bisa saja ikut ke tertelan dan akhirnya anak menjadi mudah sakit.


Mengenal Musim

Sebagai orang tua, bunda harus tahu musim apa anak bisa mudah terserang penyakit. Contohnya saja musim hujan. Biasanya anak mudah sekali terserang pilek dan demam. Sementara itu, ketika musim kemarau tiba, anak biasanya terserang penyakit sariawan karena tubuh sering kekurangan cairan.

Untuk itu, ketika dalam masa pergantian musim, bunda harus melakukan pencegahan. Ketika musim hujan mulai tiba, bunda selalu siapkan pakaian yang hangat untuk sang buah hati. Sementara itu, ketika musim kemarau, seringlah bunda menyiapkan minuman yang segar khususnya jus buah. Ini akan membantu anak tetap aktif meskipun di terik matahari yang panas.

Mudah kelihatannya. Namun, terkadang orang tua tidak menyadari hal-hal yang mudah seperti hal tersebut di atas. Akhirnya mereka menganggapnya sepele.


Anak Sakit Karena Makanan

Yang paling harus diantisipasi sebenarnya adalah makanan. Apalagi jika anak sudah mulai makan snack. Terkadang, anak sakit karena terlalu sering makan snack. Makanan ringan yang mengandung bahan perasa yang begitu kuat sering menyebabkan anak mengalami sakit perut.

Lebih parah lagi jika bunda biarkan anak jajan makanan di pinggir jalan. Makanan yang tidak higienis semacam ini bisa menyebabkan anak mengalami tipes.

Apakah jika selama ini bunda yang selalu menyiapkan makanan akan membuat anak terhindar dari hal tersebut? Tidak juga. Pasalnya, terkadang orang tua yakin sudah memberikan makanan yang bergizi tapi tidak begitu memperhatikan kehigienisannya. Jadi, makanan yang bergizi memang penting. Tapi, lebih penting lagi jika makanan tersebut higienis.

Biasanya, yang menjadikan makanan kurang higienis adalah proses memasaknya. Bisa saja alat dapur yang digunakan untuk memasak tidak dibersihkan secara higienis sebelumnya. Akibatnya, makanan yang dimasak dengan menggunakan alat tersebut menjadi tidak higienis. Ini yang harus benar-benar bunda perhatikan.

Apa yang bunda harus lakukan? Jika bunda ingin sekali selalu dalam kondisi yang sehat, makanan harus sehat, bergizi, dan higienis. Dan yang lebih penting lagi, bunda harus selalu berikan susu pertumbuhan terbaik. Karena susu ini yang akan membantu tubuh semakin kuat. Di dalam susu tersebut, terdapat kandungan nutrisi yang akan membuat sistem kekebalan tubuh anak semakin kuat.


Bagaimanapun juga, bakteri atau virus pasti datang menyerang. Tugasnya ada dua. Yang pertama melakukan pencegahan. Dan yang kedua adalah melakukan perlawanan. Dan perlawanan ini akan dilakukan oleh sistem kekebalan tubuh ketika anak memiliki kekebalan tubuh yang begitu kuat. Inilah yang menjadi inti dari apa yang harus bunda lakukan untuk selalu menjaga kesehatan anak usia dini.



Sumber Artikel : www.ibudanbalita.com
« Last Edit: September 27, 2018, 04:34:23 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Butuh Usaha Ekstra untuk Menjaga Kesehatan Anak Usia Dini
« on: September 26, 2018, 10:13:45 AM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab