FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Beberapa Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama  (Read 127 times)

Offline InfoSehat

  • Newbie
  • *
  • Posts: 7
Beberapa Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama
« on: September 25, 2018, 12:03:23 PM »


Mom, kehamilan merupakan anugerah terindah yang paling dinanti-nantikan oleh setiap pasangan bukan? Terutama untuk kaum hawa, karena bila dapat merasakan hamil, mereka akan merasa dirinya semakin sempurna. Apalagi kalau kehamilan tersebut adalah kehamilan anak pertama, pastinya akan sangat dijaga sekali. Namun ada masanya kehamilan akan mengalami sedikit gangguan, terutama di trimester pertama.

Hampir seluruh ibu hamil akan merasakan hari-hari yang berat pada trimester pertama. Entah itu sickness morning atau gangguan pencernaan yang membuat nafsu makan berkurang. Tidak cukup sampai disitu saja ternyata Mom, ketika hamil di trimester pertama Mom juga sangat diharuskan untuk tahu apa saja makanan yang dipantang. Walaupun terdengar menyusahkan, akan sangat membantu Mom untuk menambah nafsu makan di awal trimester.

Dan berikut ini adalah beberapa makanan yang dipantang ibu hamil trimester awal, diantaranya adalah:

Sayur atau buah yang tidak dicuci bersih

Bukan rahasia umum lagi kalau buah dan sayuran sangat baik dan bagus bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Namun sebelum Mom mengkonsumsi sayur dan buah-buahan ini pastikan  sudah dicuci dengan bersih. Agar tidak ada lagi sisa-sisa bahan kimia yang tertelan saat Mom mengkonsumsi buah dan sayuran yang di beli.


Seafood atau Kerang

Hampir semua orang suka dengan kerang, namun sayangnya kerang merupakan salah satu bahan makanan yang paling sering mengakibatkan keracunan. Hal tersebut dikarenakan kerang lebih mudah menyerap kondisi lingkuan sekitarnya, sehingga parasit pada kerang cenderung lebih banyak dari seafood lain. Untuk ibu hamil, sudah pasti makan kerang sangat dipantang, karena bahaya parasit tersebut yang akan berakibat fatal untuk janin ataupun Mom sendiri.


Buah Nanas

Mom pasti sering sekali mendengar mengenai kabar buah nanas ini untuk ibu hamil bukan? Hal tersebut dikarenakan buah ini memiliki enzim bromelin. Dan enzim ini yang bisa melunakkan dinding rahim. Sudah pasti hal tersebut dapat meningkatkan kemungkinan keguguran pada hamil muda atau kelahiran prematur pada hamil tua. Apalagi jika Mom mengkonsumsi buah nanas muda. Nanas yang belum matang juga pastinya akan mengganggu lambung Mom.


Lemak Trans pada Makanan Cepat Saji

Mom, lemak trans adalah lemak yang terbentuk dari proses pemadatan minyak nabati. Dan mengonsumsi lemak trans ternyata dapat meningkatkan kolesterol buruk. Lemak trans tersebut juga dapat menyebabkan bayi tidak mampu berkembang, sehingga akan sangat mungkin sang janin terlahir dengan bobot kurang. Tidak itu saja, untuk kehamilan muda, lemak trans dapat meningkatkan kemungkinan janin gugur. Oleh sebab itu Mom harus menghindari makanan yang mengandung lemak trans, seperti berikut ini:
- Fast Food
- Nugget
- Makanan Instan
- Kentang Goreng Siap Goreng
- Roti Komersial yang Dipanggang (Donat, Cookies, Popcorn, Crackers)
- Margarin
- Gorengan


Minuman berkafein

Kafein, hampir seluruh manusia dimuka bumi ini senang dengan minuman atau makanan yang mengandung zat ini. Seperti kopi, teh, coklat, soda, dan minuman energi lainnya. Dan nyatanya makanan atau minuman yang mengandung kafein tidak disarankan bila dikonsumsi oleh ibu hamil. Karena bila Mom aktif mengkonsumsi zat tersebut dapat meningkatkan tekanan darah dan detak jantung. Bila kafein dikonsumsi secara berlebihan, akan menyebabkan risiko yang bahaya untuk janin. Karena dapat terjadi keguguran ataupun kelahiran premature.


Oleh sebab itu Mom, ada baiknya bila aktif untuk memeriksakan kandungan dan berkonsultasi dengan dokter kandungan atau bidan terdekat.



Sumber Artikel : www.friso.co.id
« Last Edit: September 27, 2018, 04:29:27 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Beberapa Makanan Pantangan untuk Ibu Hamil Trimester Pertama
« on: September 25, 2018, 12:03:23 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab