FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Persiapkan Kelahiran yang Lancar dengan Senam Hamil di Trimester Akhir  (Read 112 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 42
Mom, saat memasuki trimester tiga usia kehamilan, rasanya seperti tak mungkin lagi untuk melakukan banyak aktifitas fisik yang menguras tenaga, bukan? Perut yang semakin lama semakin membesar, nafas sudah tidak dapat di atur lagi ritmenya, dan kaki pegal-pegal bahkan membengkak. Otomatis membuat gerakan Mom seakan menjadi melambat dan melemah. Padahal bila Mom tidak bergerak aktif di masa kehamilan dapat membuat tubuh menjadi tidak bugar dan mempersulit proses persalinan nanti. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat, dapat juga melakukan senam hamil.

Oleh sebab itu kenapa senam hamil sangat dianjurkan untuk dilakukan oleh Mom yang sedang mempersiapkan kelahiran, terlebih lagi bila sudah memasuki kehamilan trimester akhir. Mom tidak harus mengikuti beberapa club senam hamil yang biasanya ada di klinik bersalin. Karena ternyata senam hamil pun juga dapat dilakukan di rumah dan dipraktekan langsung, loh!

Berikut ini adalah beberapa senam hamil yang dapat Mom praktekkan dirumah, diantaranya adalah:

1) Senam Kegel

Langkah-langkahnya adalah:
Sebagai langkah awal, Mom ambil posisi seperti buang air kecil saat di kamar mandi. Dapat dilakukan dengan posisi jongkok maupun posisi duduk, ambil posisi yang menurut Mom nyaman.

Kemudian silakan Mom buang air kecil, namun sebelumnya tahan sebentar jangan sampai keluar urine nya. Hitung sampai beberapa detik, normalnya dilakukan sampai 5 detik saja. Kemudian keluarkan kembali urine dengan dorongan yang lebih kuat, lakukan sampai 2 atau 3 kali penekanan. Dan otot yang berkontraksi saat urine tertahan itulah yang disebut dengan otot dasar panggul.


2) Senam Jongkok

Langkah-langkahnya adalah:
Mula-mula Mom berdiri dengan tegak, perlahan-lahan posisikan badan Mom sampai dapat jongkok dengan posisi punggung tegak.
Atur nafas secara normal dan tahan posisi ini selama 10 detik, lalu kembali ke posisi berdiri, lakukan secara perlahan agar Mom tidak cepat capek. Ulangi beberapa kali gerakan ini ya Mom!


3) Senam Mengayuh Sepeda

Langkah-langkahnya adalah:
Mom posisikan tubuh dengan berbaring dan telentang diatas alas yang nyaman.
Kemudian kepala disangga, dapat menggunakan bantal.

Luruskan kedua kaki Mom bersamaan, lalu di tekuk ke atas. Gerakan ini dapat diulangi sebanyak empat kali.
Setelah Mom melakukan gerakan tersebut sebanyak empat kali, putar kembali pergelangan kaki ke kiri dan ke kanan bergantian.
Dan setelah pergelangan kaki di putar, gerakan kaki selanjutnya adalah menggunakan gerakan kayuhan sepeda sesuai dengan judul gerakan senam ini.

Letakkan kedua tangan Mom di samping tubuh. Gerakan kayuhan sepeda ini dapat dilakukan sebanyak 8 kali dan kapan saja saat waktu luang.


4) Senam Sungsang

Senam yang satu ini banyak disarankan oleh para dokter dan bidan untuk para ibu yang mengalami bayi sungsang. Adapun langkah-langkah yang dapat Mom lakukan adalah:

Mula-mula Mom mulai dengan posisi sujud, kemudian naikkan area panggul Mom dan majukan telapak tangan dengan kedua lengan lurus kedepan. Pastikan kening atau dagu menempel pada lantai. Mom dapat melakukan posisi ini selama 10-20 kali napas. Hentikan pose ini bila Mom sudah tidak nyaman seperti merasa pusing atau mual. Jangan lupa gunakan alas selimut atau bantal tipis untuk membuat posisi lutut Mom lebih nyaman.


Sekedar informasi dan masukan saja, ada baiknya sebelum Mom melakukan senam hamil ini, konsultasikan dahulu kondisi Mom dan janin dalam rahim. Agar tiap gerakan senam diatas tidak menjadi penghalang Mum, yang awalnya ingin sehat bersama janin malah menjadi penyakit yang tidak diinginkan. Selamat melakukan senam hamil di rumah Mom!



Sumber Artikel : www.friso.co.id
« Last Edit: September 27, 2018, 04:30:21 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab