FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Yuk, Kenali Ragam Tes Kehamilan Sebelum Mempersiapkan Nutrisi Terbaik Janin  (Read 53 times)

Offline InfoSehat

  • Newbie
  • *
  • Posts: 7


Untuk para Mom yang sedang menantikan calon buah hati, atau sedang mengikuti program kehamilan, momen melakukan tes kehamilan memang akan menjadi saat-saat paling menegangkan. Tak sedikit para Mom yang berharap amat besar mendapatkan hasil positif. Terutama para pasangan yang sudah sejak lama menunggu kehadiran buah hati.

Namun, ada kalanya Mom mendapati hasil tes kehamilan yang mengecewakan. Tak perlu bersedih jika harapan Mom belum terwujud. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan alat tes yang kurang akurat, maupun kesalahan Mom menggunakannya.

Ada tiga macam alat tes kehamilan yang perlu Mom ketahui. Ketiganya memiliki cara kerja yang sama, meskipun metodenya berbeda. Alat pendeteksi kehamilan memiliki cara kerja dengan memeriksa kandungan hormon hCG (Human Chorionic Gonadotropin) pada tubuh ibu. Hormon hCG sendiri merupakan hasil produksi sel embrio yang nantinya berperan merangsang ovarium untuk mengeluarkan hormon steroid, sebagai penstabil kandungan. Sehingga, jika hormon hCG didapati dalam jumlah tinggi, maka dipastikan Mum sedang positif hamil.


3 Metode Mendeteksi Kehamilan

Ketika mendapati haid Mum mulai terlambat dari jadwal bulanannya, ada baiknya jika Mum mulai melakukan test untuk memastikan kehamilan. Dengan begitu, nutrisi awal si kecil bisa mulai diperhatikan dan dijaga sedini mungkin.

Beberapa ragam cara mendeteksi kehamilan, antara lain:

1. Tes Urine

Mom mungkin mengenali dan akrab dengan tes yang satu ini. Memang, tes ini tergolong praktis, mudah, dan bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Dengan menggunakan alat berupa test pack yang bisa didapatkan dengan mudah di apotek.

Untuk menggunakan alat test pack, Mom cukup menampung urine dan mencelupkan ujung test pack selama 5-10 detik. Tunggu kurang lebih 5-10 menit untuk mendapatkan hasilnya. Jika Mom mendapat hasil dua garis strip, maka artinya Mom positif hamil.

Tingkat akurasi test pack bisa dibilang cukup tinggi, yaitu dalam kisaran 97% sejak hari pertama keterlambatan haid. Namun, ada baiknya jika Mom melakukan tes setelah 7 hari terlambat haid untuk mendapatkan hasil yang lebih akurat lagi. Disarankan pula untuk menggunakan urine pagi hari. Karena urine pertama di pagi hari memiliki kepekatan tinggi, sehingga jumlah hormon hCG bisa dipastikan lebih tinggi pula.

Hanya saja perlu diingat oleh Mom, masih ada celah kesalahan pada test pack ini. Bisa jadi hormon hCG Mom masih terlalu rendah sehingga tidak terdeteksi oleh alat test pack, sehingga hanya menghasilkan tanda satu strip saja (negatif). Begitu juga bisa terjadi sebaliknya. Kondisi tubuh Mom mengalami peningkatan hormon hCG karena hal tertentu, sehingga menghasilkan hasil positif padahal Mom tidak sedang hamil.


2. Tes Darah

Metode berikutnya adalah melalui tes darah. Tentu saja jika Mom berniat melakukan tes ini, maka memerlukan bantuan medis di laboratorium karena tidak bisa dilakukan sendiri.

Tes hCG dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Tes hCG kuantitatif dilajukan untuk mengukur secara akurat jumlah hormon tersebut dalam darah. Dengan begitu, akan lebih terdeteksi sesedikit apapun jumlahnya. Sedangkan untuk tes hCG kualitatif hanya terfokus pada ada tidaknya hormin hCG di darah Mom.


3. Tes Ultrasonografi (USG)

Berbeda dengan dua metode tes sebelumnya, tes menggunakan USG atau ultrasonografi bisa dibilang lebih lengkap dan akurat. Tes USG tidak sekedar memastikan kehamilan Mom saja, namun juga memberikan informasi lainnya seperti usia kehamilan, kondisi plasenta, dan kelainan-kelainan yang mungkin terjadi pada janin Mom.

Tes USG menggunakan prinsip kerja gelombang suara frekuensi tinggi seperti sonar, untuk mendeteksi kondisi rahim Mom. Biasanya, sebelum memulai tes USG, Mom diharuskan mengkonsumsi air dalam jumlah banyak agar kandung kemih bisa mendorong rahim sehingga pencitraan janin bisa lebih terlihat jelas.


Nah, itu tadi tiga metode tes kehamilan yang bisa Mom pilih. Jangan lupa untuk selalu menjaga kondisi serta asupan gizi Mom di awal kehamilan. Konsultasikan kepada dokter kandungan Mom jika menemukan ketidaknyamanan yang berarti.



Sumber Artikel : www.friso.co.id
« Last Edit: September 21, 2018, 10:36:38 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab