FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Memahami Kontraksi Palsu Saat Hamil 9 Bulan  (Read 91 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 42
Memahami Kontraksi Palsu Saat Hamil 9 Bulan
« on: September 07, 2018, 10:40:53 AM »

Bagi Anda yang baru hamil anak pertama, tentu Anda harus banyak tahu mengenai hal-hal yang terkait dengan hamil 9 bulan. Bukan hanya sekedar keluhan kesehatan tapi hal lain. Yang terpenting adalah mengenai kontraksi palsu.

Saat usia kehamilan sudah tua, Anda akan sering sekali merasakan kontraksi palsu. Dalam dunia medis, ini disebut dengan Braxton Hicks. Ini normal terjadi pada ibu hamil tua. Sayangnya, beberapa ibu hamil tidak bisa membedakan mana yang merupakan kontraksi tanda persalinan dan kontraksi yang palsu. Hal ini membuat ibu hamil panik lebih dahulu. Bahkan, tidak jarang yang langsung ke bidan atau ke rumah sakit. Padahal, itu bukan kontraksi persalinan tapi kontraksi palsu saja.

Untuk itu, Anda harus bisa membedakan antara kontraksi palsu dengan kontraksi beneran yang menjadi tanda bayi akan segera lahir.

Ciri Kontraksi Palsu
Sebenarnya, kontraksi palsu itu sudah terjadi ketika kehamilan muda. Menurut dokter kandungan, kontraksi palsu ini sudah terjadi ketika masa kehamilan baru mencapai tujuh minggu. Dan ini terus terjadi hingga usia kehamilan mencapai trimester 3. Hanya saja, ketika sedang hamil muda, Anda tidak merasakan kontraksi. Pasalnya, kondisi perut begitu besar. Lain halnya ketika perut semakin besar di masa kehamilan tua sehingga Anda sangat merasakan jika ada kontraksi.

Meskipun demikian, ada juga ibu hamil muda yang merasakan kontraksi. Ini tergantung rahim serta besar kandungan.
Terlepas dari hal tersebut, Anda harus tahu jika kontraksi palsu itu tidak perlu dikhawatirkan. Hanya saja, Anda harus mengerti dulu bagaimana membedakan antara kontraksi palsu dengan kontraksi yang menjadi tanda akan segera terjadi persalinan.

Terjadi Berkala
Kontraksi palsu itu terjadi saat hamil 9 bulan. Namun, terjadinya tidak begitu sering. Kontraksi terjadi berkala, kurang lebih dua kali dalam satu jam.

Kontraksi Hanya Sebentar
Salah satu tanda kontraksi beneran adalah terjadinya sangat lama. Namun, jika kontraksi hanya terjadi beberapa menit saja, jangan khawatir. Itu hanya kontraksi palsu.

Semakin Lama Semakin Mereda
Nah, ini yang sebenarnya paling mudah untuk dijadikan patokan. Kontrakasi palsu itu semakin lama semakin tidak terasa. Sementara itu, kontraksi yang asli itu semakin lama semakin terasa. Rasanya semakin perih dan guncangan bertambah kuat.

Posisi Kontraksi
Jika kontraksi hanya Anda rasakan di bagian perut depan saja, itu kontraksi palsu. Akan tetapi, jika kontraksi terasa hingga ke bagian punggung bawah lalu menyebar ke arah depan, itu tandanya Anda harus segera ke bidan atau rumah sakit karena bayi yang Anda kandung akan keluar.
Nah, sudah jelas kan sekarang bagaimana perbedaan antara kontraksi palsu dengan kontraksi asli?

Mengatasi Kontraksi Palsu
Sangat mengganggu. Setidaknya inilah yang menjadi alasan mengapa kontraksi palsu harus dihentikan. Kontraksi ini akan sangat mengganggu kegiatan Anda setiap hari. Apalagi jika Anda masih bekerja. Anda belum cuti. Pekerjaan Anda pasti terganggu jika setiap kali Anda merasakan kontraksi yang luar biasa.
Meskipun kontraksi palsu ini tidak berlangsung lama, tapi Anda pasti tidak ingin ketika sedang berada di depan orang banyak mengalami hal ini, bukan?
Tenang saja. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi hal ini.

Minum Yang Banyak
Ternyata, kontraksi palsu ini bisa dengan sangat mudah diatasi dengan cara minum yang banyak. Ini juga sebagai pencegahan. Sebelum pergi beraktivitas setiap hari, usahakan agar Anda minum banyak air putih di pagi hari.

Selalu Mandi Dengan Air Hangat
Memang ada risiko ketika air mandi Anda terlalu panas. Usahakan untuk menggunakan air yang hangat.

Air yang terlalu panas akan mengganggu suhu yang ada di dalam tubuh, terutama suhu di rahim. Namun, tidak dengan air hangat. Selain itu, air hangat juga akan meredakan rasa nyeri yang disebabkan kontraksi palsu di usia kehamilan trimester 3.

Bergerak
Setiap kali Anda merasakan adanya kontraksi palsu, bergeraklah. Setidaknya Anda ubah posisi atau ubah gerakan. Lakukan hal tersebut dengan mengambil nafas panjang. Ini akan membuat otot perut rileks dan kontraksi palsu akan selesai.

Setidaknya hal tersebut yang bisa Anda lakukan. Sudah tidak perlu takut lagi, bukan?

Memang mengganggu sekali jika terjadi kontraksi palsu. Namun, setidaknya ini menjadi satu dari sekian banyak ciri-ciri hamil 9 bulan yang bisa Anda ketahui. Saat kontraksi semakin terasa, saat itulah Anda sebenarnya sedang memasuki usia kehamilan tua. Dan itu artinya Anda harus segera melakukan persiapan. Anda harus siap-siap untuk mengambil cuti jika Anda bekerja. Segeralah untuk melakukan persiapan seperti membeli perlengkapan bayi.

Namun, yang tak kalah penting adalah mempersiapkan diri sendiri. Di kehamilan tua, seharusnya Anda lebih sering melakukan olahraga. Dalam hal ini, sangat disarankan agar Anda ikut kelas senam ibu hamil. Ini perlu Anda lakukan jika Anda ingin sekali melakukan persalinan secara normal dengan lancar.

Yang pasti, Anda harus menikmati masa kehamilan yang tinggal menunggu hari. Saat hamil, mungkin Anda merasa berat sekali. Pergerakan dibatasi. Keluhan kesehatan datang silih berganti. Akan tetapi, sebentar lagi, Anda akan merindukan momen di mana ada bayi di dalam kandungan. Untuk itu, atur jadwal Anda setiap hari. Pastikan Anda melewati masa hamil 9 bulan ini dengan sangat baik.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Memahami Kontraksi Palsu Saat Hamil 9 Bulan
« on: September 07, 2018, 10:40:53 AM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab