FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Peran Suami Menghindarkan Ibu Hamil Trimester 3 Dari Pre-Baby Blues  (Read 86 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 25

Di zaman sekarang ini, seorang ibu hamil mudah sekali terkena pre-baby blues syndrome ketika masa kehamilan masuk di usia trimester 3. Apakah ibu-ibu di waktu dulu tidak mengalami hal ini? Tentu saja ya. Akan tetapi, tidak banyak.

Dalam hal ini, banyak faktor yang menyebabkan seorang ibu hamil mengalami Pre-Baby Blues. Ini bisa disebabkan oleh pekerjaan, kegiatan setiap hari, relationship, dan lain sebagainya. Akan tetapi, yang bisa mengatasi masalah tersebut adalah suami.

Bagaimana bisa? Tentu saja bisa. Untuk lebih jelasnya, Anda harus tahu dulu apa itu Pre-Baby Blues Syndrome.

Sekilas Mengenai Pre-Baby Blues Syndrome

Mungkin Anda sudah pernah dengan baby blues syndrome. Masih ingat gangguan apa ini? Jika Anda sedang hamil 8 bulan, tentu saja Anda harus lebih banyak membaca tentang hal-hal setelah melahirkan. Salah satunya mengenai baby blues syndrome yang biasanya dialami oleh ibu yang baru saja melahirkan anak pertama.

Apa itu baby blues syndrome? Ini semacam gangguan di mana seorang ibu merasakan kekhawatiran yang begitu mendalam. Kekhawatiran ini campur aduk dengan ketakutan dan juga lelah lantaran setiap hari mengurus bayi. Apalagi jika bayi tersebut sering menangis dan susah dirawat. Sangat melelahkan pastinya. Dan inilah yang menyebabkan seorang ibu stress, khawatir, dan juga takut. Pada saat itulah seorang ibu dikatakan mengalami baby blues syndrome.

Sementara itu, pre-baby blues syndrome itu gangguan yang semacam itu yang sudah terasa sebelum bayi lahir. Biasanya ini dialami ketika seorang ibu hamil trimester 3. Hanya saja, penyebabnya sedikit berbeda. Pada saat itu, karena bayi belum lahir, yang dirasakan seorang ibu hanyalah rasa kekhawatiran yang berlebihan. Stress sering menjadi pemicunya.

Masalah seperti ini sering dialami oleh seorang ibu hamil yang kebetulan seorang pekerja atau wanita karir. Pekerjaan yang begitu berat ditambah lagi kondisi kandungan yang semakin bebas membuat stress tidak mampu dibendung lagi. Akibatnya, pre-baby blues syndrome pun dialami.

Apakan Anda merasakan hal yang sama? Jika ya, jangan abaikan hal ini. Jika tidak segera ditangani, justru kondisi kesehatan menurun dan bisa berakibat buruk bagi janin di dalam kandungan. Apalagi masa persalinan tinggal menunggu hari. Anda seharusnya punya tenaga penuh dengan kondisi yang 100% fit agar siap untuk menjalani proses persalinan. 


Apa Yang Harus Dilakukan Oleh Suami?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, banyak sekali yang menjadi faktor penyebab pre-baby blues syndrome saat kehamilan 8 bulan. Terlepas dari berbagai faktor tersebut, obatnya hanya satu. Yaitu suami.

Sayangnya, terkadang suami justru menambah masalah. Ia menjadi salah satu faktor tersebut.

Untuk itu, suami harus benar-benar tahu apa yang harus dilakukan ketika sang istri sedang hamil tua. Suami bisa melakukan hal berikut untuk mencegah pre-baby syndrome.


Memanjakan Istri

Stress bisa disebabkan karena kelalahan. Hal ini sangat mungkin terjadi karena perut sang istri semakin besar. Ini membuat seorang ibu hamil mudah sekali mengalami kelelahan. Dan saat lelah yang tak tertahankan, bisa saja ia stress.

Untuk itu, suami bisa memanjakan sang istri. Contoh sederhananya saja merendam kaki sang istri sambil memberikan pijatan kecil sebelum tidur. Ini juga bagus agar istri tidak mengalami kram yang biasanya dialami ketika sedang tidur.

Contoh yang lain adalah mengajak sang istri santai di rumah sambil menonton film favorit. Jangan ajak keluar karena sang istri sedang hamil tua. Sebaiknya siapkan film terbaru dan ajak si kecil untuk menonton bareng.


Mengajak Istri Belanja Keperluan Bayi

Salah satu hal yang membuat seorang ibu hamil relax adalah jalan-jalan dan berbelanja. Akan tetapi, bukan berbelanja keperluan sendiri melainkan sang buah hati.

Namun, bukan itu saja sisi positifnya. Dengan mengajak berbelanja, seorang ibu hamil akan tenang karena seolah-olah semua hal sudah suami siapkan. Biasanya, seorang ibu hamil khawatir jika bayi lahir dan belum ada pakaian serta tempat tidur buat bayi. Mengajak sang istri pergi jalan-jalan dan berbelanja keperluan calon bayi akan membuatnya sangat tenang. Dan ini akan menghindarkannya dari pre-baby blues di usia hamil 8 bulan.


Memulai Investasi

Jika Anda tanya apa yang sangat membuat ibu hamil mengalami pre-baby syndrome, jawabannya adalah tentang masa depan si kecil. Sebelum melahirkan, seorang ibu biasanya sudah kebingungan mengenai masa depan si kecil. Ia khawatir apakah ia bisa memberikan yang terbaik hingga dewasa nanti atau.

Kekhawatiran ini biasanya muncul ketika kondisi ekonomi keluarga kurang baik. Apalagi jika pasangan suami istri muda yang masih belum punya tempat tinggal sendiri dengan penghasilan suami yang belum stabil. Ini yang membuat ibu hamil khawatir dan akhirnya mengalami Pre-Baby Blues Syndrome.

Hal ini bisa diantisipasi dengan cara memulai investasi. Meskipun pendapatan masih sangat sedikit, suami seharusnya mengajak istri untuk merencanakan masa depan anak dengan cara melakukan investasi, entah itu investasi di reksadana, emas, dan lain sebagainya. Setidaknya ini akan membuat istri lebih tenang dalam menghadapi masa beberapa hari sebelum persalinan.

Meskipun demikian, seorang ibu hamil sendiri harus berusaha agar terhindar dari pre-baby blues syndrome. Melakukan manajemen waktu menjadi kunci penting bagaimana ibu hamil trimester 3 mampu menjalani sisa waktu hamil hingga waktu persalinan tiba.



Sumber Artikel : www.friso.co.id
« Last Edit: September 07, 2018, 03:59:42 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab