FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Meskipun Ada Alat Canggih, Cara Menghitung Masa Subur Secara Manual Layak Dicoba  (Read 79 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 43

Apakah Anda sudah pernah mencoba menerapkan cara menghitung masa subur secara manual? Jika belum pernah, Anda bisa coba sekarang. Ternyata, cara ini lebih tepat lho untuk mengetahui kapan Anda dalam masa subur. Dengan demikian, Anda bisa menentukan kapan sebaiknya Anda melakukan hubungan dengan sang suami agar cepat hamil.

Entah harus disayangkan atau bagaimana, tapi pada kenyataannya cara mengetahui masa subur secara manual ini sudah banyak ditinggalkan. Apalagi sudah ada cara lain yang jauh lebih mudah untuk dilakukan. Contohnya saja dengan menggunakan kalkulator kesuburan. Tinggal masukkan saja data-data yang dibutuhkan. Anda langsung tahu kapan Anda dalam masa subur.

Belum lagi dengan alat canggih berupa deteksi kesuburan. Alat ini pada intinya mendeteksi suhu seorang perempuan apakah dalam keadaan subur atau tidak. Pasalnya, perempuan yang dalam masa subur itu memiliki suhu tubuh yang relatif meningkat.


Banyak Yang Tidak Tahu Cara Menghitug Usia Kesuburan Manual

Sangat bisa dipahami jika Anda tidak menggunakan cara manual untuk menghitung masa subur. Wong sudah ada cara alternatif yang jauh lebih mudah, ngapain pakai yang ribet.

Sebenarnya, tidak tepat jika cara manual ini ribet. Mudah kok untuk mengetahui masa subur dengan cara manual.
Di lain sisi, tidak ada edukasi mengenai cara menghitung masa subur secara manual. Sekarang ini, kebanyakan perempuan datang ke dokter atau bidan untuk konsultasi. Dan saat konsultasi, mereka langsung menanyakan kapan sebaiknya mereka melakukan hubungan dengan suami. Dokter atau bidan menyebutkan hari dan tanggal tanpa menjelaskan bagaimana hari atau tanggal tersebut muncul.

Selain itu, memang banyak perempuan yang hanya menggunakan feeling saja. Banyak sekali informasi mengenai bagaimana cara mendeteksi masa subur dengan cara berikut ini:

Suhu Tubuh Naik

Ada masa di mana suhu tubuh seorang perempuan naik. Dan ini ternyata dikarenakan ia dalam masa subur.


Vagina Becek

Ada perbedaan antara keputihan dengan kondisi vagina yang lebih lembab dari biasanya. Ketika vagina begitu lembab, itulah salah satu tanda perempuan dalam masa subur.

Dua hal tersebut yang sering dirasakan oleh perempuan yang sedang dalam masa subur. Mereka sudah yakin dalam masa subur tanpa menghitung dengan menggunakan kalender masa subur ataupun cara penghitungan yang lain.


Menghitung masa Subur Manual Mudah Kok

Tidak tepat juga jika dikatakan menghitung masa subur manual itu sulit. Mudah sekali. Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ikuti.


Ketahui Hari Terakhir Menstruasi

Beda dengan menggunakan kalkulator kesuburan. Anda minta untuk memasukkan data berupa hari pertama haid terakhir. Sementara itu, jika Anda ingin mencoba cara manual, Anda harus mengetahui hari terakhir menstruasi.

Tambahkan 13
 
Setelah Anda tahu hari terakhir menstruasi, tambahkan dengan angka 13. Itulah masa subur Anda.
Mudah, kan?


Mungkin masih ada satu pertanyaan yang ada di benak Anda. Apakah hasilnya valid?

Pertanyaan ini juga memunculkan pertanyaan selanjutnya. Apa yang membuat sebuah perhitungan itu valid? Apakah ketika positif hamil? Jika itu patokannya, maka tidak ada yang benar-benar valid. Pasalnya, bisa saja Anda berhubungan di masa subur tapi tidak hamil.

Harus dipahami ini hanyalah satu dari berbagai faktor di mana Anda bisa segera hamil. Hamil itu tidak hanya dipengaruhi oleh kondisi kesuburan suami istri, tapi ada faktor penentu lainnya.


Cara Agar Perempuan Subur

Sangat disayangkan ketika kehamilan itu dikaitkan dengan pihak perempuan. Padahal, pihak laki-laki juga berpengaruh lho. Karena stigma tersebut, perempuan sering disalahkan jika ada pasangan yang tidak punya anak. Ia dianggap tidak subur.

Anggapan tersebut harus dihilangkan. Meskipun memang benar kesuburan memang menjadi faktor yang paling penting. Faktanya, beberapa perempuan saat ini tidak dalam kondisi yang begitu subur. Hal ini disebabkan oleh pola hidup dan pola makan yang tidak sehat.

Untuk itu, bagi Anda yang sudah menikah dan ingin sekali mendapatkan momongan, ada beberapa hal yang sebaiknya Anda lakukan agar cepat hamil.


Meningkatkan Kualitas Hubungan

Banyak pasangan yang lebih memperhatikan tentang hal-hal yang sifatnya teknis seperti bagaimana melakukan hubungan, posisi yang bisa cepat hamil, dan lain sebagainya. Padahal, yang paling penting adalah kualitas hubungan. Lupakan hal-hal yang sifatnya teknis. Romatislah dengan pasangan. Lakukan hubungan suami istri tanpa harus ada beban ingin hamil.


Ajak Olahraga

Mungkin Anda dan pasangan jarang sekali olahraga. Untuk membangun kemesraan, sesekali Anda ajak pasangan untuk berolahraga bersama-sama. Selain itu, olahraga juga akan menstimulus kondisi kesehatan agar lebih fit. Dan ini berimbas juga pada kesuburan lho.


Makan Makanan Bergizi

Stop makan makanan fast food. Ganti menu makanan yang bergizi. Bagi wanita, sebaiknya makanan yang lebih banyak dikonsumsi adalah makanan yang kandungan asam folatnya tinggi seperti sayuran hijau, buah-buahan, dan lain sebagainya.

Setidaknya hal sepele tersebut yang bisa Anda lakukan. Namun, tetap saja ini hanya sebatas usaha. Usaha yang maksimal pasti akan semakin dekat dengan tujuan.


Memang ada hal-hal yang juga perlu Anda perhatikan seperti kapan waktu yang tepat melakukan hubungan suami istri. Mudah saja. temukan masa subur dengan cara menghitung masa subur secara manual lalu lakukan hubungan setiap dua hari. Ini yang disarankan oleh para ahli kandungan agar Anda cepat hamil.



Sumber Artikel : www.ibudanbalita.com
« Last Edit: September 06, 2018, 10:06:44 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.