FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: 5 Tips Menjaga Nutrisi Saat Persiapan Kehamilan  (Read 132 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 43
5 Tips Menjaga Nutrisi Saat Persiapan Kehamilan
« on: August 30, 2018, 12:37:52 PM »


Kehamilan merupakan pengalaman yang paling menyenangkan bagi seorang wanita. Namun, perjalanan panjang selama sembilan bulan bukanlah hal mudah, melainkan harus memiliki persiapan yang benar-benar matang. Sehingga bisa mengantisipasi apapun yang akan terjadi di saat kehamilan terjadi. Dalam mempersiapkan kehamilan ibu harus memperhatikan asupan nutrisi dan mencukupi kebutuhan calon ibu hamil.

Mempersiapkan kehamilan harus dilakukan jauh-jauh hari saat Anda sedang menjalani program hamil. Kenapa harus dipersiapkan jauh-jauh hari? Karena pada minggu pertama kehamilan merupakan minggu paling penting dalam pertumbuhan organ vital janin. Karena alasan tersebut ibu harus mendapatkan nutrisi makanan yang cukup. Dengan mengkonsumsi berbagai makanan yang mengandung karbohidrat, lemak yang cukup, protein dan vitamin.

Ada beberapa tips yang bisa calon ibu lakukan dalam mempersiapkan suatu kehamilan. Dengan tips berikut, ibu tidak perlu khawatir akan tumbuh kembang janin saat memasuki trimester pertama. Salah satu diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Asam Folat

Salah satu nutrisi yang paling bermanfaat untuk mempersiapkan proses kehamilan adalah asam folat. Langkah awal untuk program hamil adalah tercukupinya kebutuhan asam folat yang berkisar hingga 400 mikrogram untuk setiap harinya.

Calon ibu bisa melengkapi kebutuhan asam folat dari makanan alami ataupun vitamin yang dianjurkan oleh dokter. Untuk sumber makanan yang mengandung asam folat terbaik adalah sayuran hijau, kuning telur, kacang-kacangan dan sitrus.

Asam folat berperan penting dalam metabolisme pembuahan dan  perkembangan otak janin. Dengan rutin mengkonsumsi asam folat dapat mengurangi resiko anak cacat dari lahir atau penyakit berbahaya lainnya.


2. Perhatikan Asupan Makanan

Tips kedua adalah dengan memperhatikan pola asupan makanan. Untuk bisa mempersiapkan kehamilan secara maksimal calon ibu bisa mengurangi makan-makanan yang tidak sehat seperti junk food, makanan berkalori tinggi, dan minuman yang mengandung soda. Beralihlah pada makanan yang memiliki nutrisi lengkap, perbanyak konsumsi protein dan vitamin seperti buah-buahan, sayuran, susu, gandum dan kacang-kacangan.


3. Memenuhi Kebutuhan Zat Besi

Kekurangan zat besi bisa membuat calon ibu mengalami kelelahan, lesu dan bisa berakibat buruk untuk kesehatan. Terlebih saat ada janin di rahim ibu, hal itu bisa berpengaruh buruk pada perkembangan janin. Pastikan calon ibu memenuhi kebutuhan zat besi dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung zat besi tinggi seperti bayam atau makanan lainnya. Selain untuk menghindari kelelahan, zat besi juga mampu menghindari ibu dari anemia.


4. Membatasi Konsumsi Kafein

Tips selanjutnya adalah membatasi kopi dan teh karena kandungan kafein yang terdapat pada dua jenis minuman tersebut bisa memperburuk kesehatan. Apalagi jika sedang dalam keadaan hamil, sangat disarankan untuk membatasi kafein. Beralihlah pada susu ibu hamil yang lebih jelas bernutrisi dan memiliki kandungan gizi yang lengkap untuk ibu hamil.


5. Jauhi Alkohol dan Rokok

Tips berikutnya adalah dengan menjauhi alkohol dan rokok. Seperti kita ketahui bersama jika rokok dan alkohol memiliki pengaruh yang tidak baik untuk kesehatan. Terlebih pada kesehatan ibu hamil yang rentan akan berbagai macam keluhan. Pastikan untuk menjauhi alkohol maupun rokok. Demi menjaga kesehatan dan menjamin perkembangan janin tumbuh sempurna.


Selain tips-tips di atas menjaga berat badan agar ideal juga bisa menjadi  cara paling baik dalam persiapan kehamilan. Dengan mengkonsumsi Frisomum gold Anda akan mendapatkan asupan makanan yang sehat dan berat badan menjadi lebih ideal.

Pastikan memperhatikan beberapa asupan makanan yang wajib dikonsumsi saat ibu berencana untuk melakukan program hamil. Dengan mempersiapkan kehamilan secara matang, maka proses kehamilan bisa berjalan tanpa adanya rasa khawatir yang berlebih, baik pada calon ibu maupun calon ayah.



Sumber Artikel: www.friso.co.id
« Last Edit: September 06, 2018, 09:55:17 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

5 Tips Menjaga Nutrisi Saat Persiapan Kehamilan
« on: August 30, 2018, 12:37:52 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.