FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: 7 Tanda Menopause Seorang Ibu yang Harus Dipahami Anaknya  (Read 52 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 466
    • Email
7 Tanda Menopause Seorang Ibu yang Harus Dipahami Anaknya
« on: August 29, 2018, 04:58:11 PM »
Oleh : Hanum Putri Anjani

Sumber : Vemale.com



Senja menjelang, usia perempuan tersayang kita, ibu, mulai menguning. Di waktu tersebut, kadang, kepribadian ibu banyak yang berubah. Semisal tampak lebih cerewet dan sensitif. Perubahan ini selalu dianggap menyebalkan oleh seorang anak. Padahal, bukan tanpa alasan mereka melakukannya.

Perubahan cukup ekstrem ini disebabkan oleh persoalan hormonal, yakni menopause. Sayangnya, banyak di antara kita, anak muda, yang tak memahaminya. Apa saja ciri-ciri ibu yang mengalami masa itu?

1. Ibu mulai berlebihan menanggapi masalah kecil karena perubahan hormon membuatnya jadi lebih sering gelisah.

Kita kadang lupa menaruh sapu di tempatnya semula atau mencuci piring kotor setelah makan. Tapi ibu menanggapinya dengan berlebihan. Marah-marah dan kadang menuding kita tidak tertib.

Padahal hal itu persoalan yang cukup kecil. Maklumilah, mereka tengah berada di masa yang sangat sensitif. Jangan dianggap menyebalkan karena ibulah yang membuat kita belajar jadi tertib dan bertanggung jawab.


2. Si ibu jadi lebih "bawel" mengecek sedang di mana kamu berada.

Patut diketahui, di masa menopause, ibu merasa peran sebagai perempuannya berkurang. Entah berkurang karena sudah tak menstruasi atau berkurang karena merasa anaknya sudah dewasa dan enggan “dijaga” lagi. Untuk menutupinya, kadang si ibu akan berperilaku super protektif. Itu tandanya mereka masih ingin dianggap sebagai perempuan (juga ibu) seutuhnya.


3. Gampang tersinggung, gini salah gitu salah. Gemes sendiri, tapi ya gimana lagi.

Salah ngomong sedikit, si ibu bakal marah. Membantah sedikit, ibu ngomelnya gak ketulungan. Sebel? Iya! Tapi harus maklum. Mereka sama seperti kalau kita sedang PMS. Malahan lebih parah. Kalau kita aja minta dingertiin, kenapa gak bisa ngertiin ibu sendiri?


4. Bingung ngajak bercanda, si ibu udah sulit diajak "guyon".

Pengaruh hormon inilah yang membuat ibu seakan "terkungkung" dengan hal-hal yang serius. Kadang si anak pinginnya mengajak bercanda, tapi salah-salah dikit malah dimarahin karena dianggap tidak serius.


5. Ibu gak jarang tiba-tiba nangis atau blue feeling tanpa sebab.

Kita jadi bingung si ibu kenapa. Mungkin, selain karena rindu masa-masa lalunya bersama keluarga yang lengkap, si ibu lagi sensitif-sensitifnya. Jangan pernah dicap gak jelas karena mereka selalu punya alasan untuk bersedih karena banyak hal, bahkan yang tidak kita ketahui.


6. Ibu males masak dan alhasil cuma jajan di luar. Kadang kita ngeluh karena kangen masakannya.

Masa-masa menopause bikin ibu males ngapa-ngapain. Jangankan masak, makan aja mereka malas. Tapi mereka masih berusaha menggenapi tugasnya sebagai seorang ibu yang bertanggung jawab. So, kalau ibu sering beli makanan di luar, jangan gimana-gimana. Siapa tahu memang mereka sedang sangat jenuh.


7. Lemes dan lunglai, jadi suka nyuruh-nyuruh anak buat nyapu, ngepel, dan membantu tugasnya.

Membantu memang sudah tugas si anak. Kalau ibu menyerahkan semuanya ke anak, ya harus dimaklumi. Masa menopause membuat mereka kadang tak berdaya. Bahkan lebih menyiksa dibanding orang lagi dapet. Mood pun berubah-ubah.


Jadi, kalau ibumu sudah mulai menunjukkan tanda-tanda ini, jangan mengeluh atau bertengkar dengan mereka ya karena yang perlu kamu lakukan hanya memahami.



Sumber Artikel : https://www.idntimes.com/life/family/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

7 Tanda Menopause Seorang Ibu yang Harus Dipahami Anaknya
« on: August 29, 2018, 04:58:11 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab