FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Jenis Testpack Apa Yang Sebaiknya Dipilih  (Read 158 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 31
Jenis Testpack Apa Yang Sebaiknya Dipilih
« on: August 29, 2018, 11:35:59 AM »


Tidak banyak yang tahu testpack sebagai alat tes kehamilan itu banyak jenisnya. Mungkin Anda pun mengira testpack itu hanya satu macam. Padahal, ada 4 lho.

Mana yang paling valid ya?

Tunggu dulu. Sebenarnya, semuanya bagus. Valid atau tidaknya hasil yang Anda peroleh tidak ditentukan jenis testpack apa yang Anda pilih. Ada faktor lain yang membuat alat tes kehamilan memberikan hasil yang akurat.

Dan informasi mengenai jenis testpack ini hanya untuk membuat Anda tahu ternyata ada 4 jenis testpack yang ada di pasaran. Jadi, ketika Anda pergi ke apotik dan ingin membeli testpack, Anda tidak bingung untuk menjawab ketika petugas apotik bertanya jenis testpack apa yang Anda pilih.


4 Jenis Testpack Yang Dijual Di Pasaran
 
Setidaknya sampai saat ini ada 4 jenis testpack yang bisa Anda gunakan untuk tes kehamilan.

1) Sensitif

Ini adalah jenis testpack yang banyak wanita tidak begitu sukai. Mengapa? Karena ada wadah urin. Jadi, Anda harus siapkan sendiri wadah air seni.

Bentuknya sama strip. Dan hanya bisa digunakan sekali saja. Setelah itu langsung dibuang.

Cara menggunakan alat ini relatif dengan yang lain. Celupkan testpack ke dalam wadah yang ada urin. Biarkan alat tersebut terendam kurang lebih 30 detik. Setelah itu, angkat dan Anda dapatkan hasilnya.


2) Direct Test

Sudah ada wadah urin pada jenis alat kehamilan yang satu ini. Hanya saja, beberapa orang mengatakan wadah tersebut masih kurang higienis.

Cara penggunaannya sama. Namun, ada satu keunikan. Anda tidak perlu melakukan tes kehamilan di pagi hari. Alat ini tetap bisa mendeteksi kadar hCG di dalam urin meskipun urin diambil tidak di pagi hari. Kandungan kimia pada alat ini sangat sensitif.

Akan tetapi, tetap saja para dokter kandungan sangat menyarankan untuk melakukan pengetasan di pagi hari jika ingin mendapatkan hasil yang cukup akurat.


3) Woman Choice

Berbeda dengan dua jenis testpack sebelumnya. Yang satu ini berbentuk stick, bukan strip. Untuk mengetes kehamilan, Anda tidak memerlukan wadah urin. Cukup letakkan ujung alat ini pada aliran air seni. Praktis kan?

Dan satu lagi keunggulan dari alat yang satu ini. Anda tidak perlu menunggu lama untuk bisa mendapatkan hasilnya. Cukup diamkan kurang lebih 10 detik. Jadi, setelah Anda basahi alat tersebut dengan air seni, tutup dan diamkan kurang lebih 10 detik. Maka, Anda akan langsung mengetahui hasilnya.

Akan tetapi, agar hasilnya benar-benar akurat. Jangan terburu-buru ya. Tunggu hingga kurang lebih 5 menit.


4) Alere HCG URINE OBC

Dari sekian banyak jenis testpack, jenis yang satu ini paling jarang digunakan. Namun, bisa dikatakan testpack ini menjadi alat test untuk memastikan kehamilan yang paling akurat.

Bentuknya tidak strip, tidak pula stick. Bentuknya palet. Dan cara penggunaannya beda. Pertama-tama, Anda tampung urin lalu ambil dengan mengunakan pipet. Lalu, urin diletakkan pada alat dan Anda akan tahu hasilnya.


Yang harus digarisbawahi, tidak ada alat yang memberikan hasil paling akurat. Namun, setidaknya setelah Anda menggunakan salah satu alat tersebut di atas, Anda bisa semakin yakin jika ada janin atau tidak di dalam kandungan.


Tes Kehamilan Selain Tes Urin

Testpack menjadi alat untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak di mana hasilnya tersebut didapatkan dari tes urin. Di dalam urin orang hamil, terdapat kadar HCG. Dan inilah yang dites.

Namun, akan lebih akurat jika Anda juga coba untuk mengetes dengan cara lain.

a) Tes Darah
Biasanya, setelah pengetesan urin, seorang wanita akan pergi ke dokter kandungan untuk melakukan tes darah. Ini untuk meyakinkan apakah benar-benar ada janin di dalam kandungan atau tidak.

Ada dua tahap yang biasanya dilakukan oleh dokter. Yang pertama adalah melakukan tes darah untuk mengetahui HCG kuantitatif. Artinya, ini pengetesan yang dilakukan untuk mengetahui jumlah HCG di dalam darah. Yang kedua adalah HCG kualitatif. Ini untuk mengetahui kualitas HCG dalam darah.

Inilah yang membuat tes darah ini memberikan hasilnya lebih akurat dibandingkan dengan tes kehamilan lainnya, yaitu tes urin.


b) Ultrasonografi

Meskipun tes darah sangat akurat, yang paling akurat dan paling lengkap tetap tes ultrasonografi. Kenapa? Dengan tes ini, Anda tidak hanya tahu adanya janin atau tidak di dalam kandungan tapi juga mengetahui berapa usia janin di dalam kandungan jika memang Anda sedang hamil.

Masyarakat awam lebih mengenal tes ini dengan nama USG. Betul sekali. Ini kepanjangan dari ultrasonografi. Dengan melakukan tes ini, Anda juga akan mengetahui berat janin, detak jantung (jika sudah terdengar), serta HPL atau hari perkiraan lahir.


Tepat sekali jika Anda menggunakan testpack terlebih dahulu sebagai cara untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak. Namun, setelah pengetasan tersebut dan hasilnya positif, sebaiknya Anda ke dokter untuk melakukan tes darah atau USG untuk lebih meyakinkan hasil tersebut. Pasalnya, terkadang hasil testpack positif tapi ternyata Anda tidak hamil. Ini sering terjadi karena Anda sedang hamil tapi langsung mengalami keguguran atau yang juga disebut dengan keguguran dini. Untuk itu, lakukan tes USG. Ini yang paling direkomendasikan.

Semoga hasilnya benar-benar positif. Dan jika positif hamil, tiba saatnya Anda harus menjaga kehamilan dengan mulai mengkonsumsi makanan yang sehat, hindari kegiatan yang menguras tenaga, serta mengkonsumsi susu ibu hamil agar perkembangan janin optimal.



Sumber Artikel : www.friso.co.id
« Last Edit: September 06, 2018, 09:43:53 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Jenis Testpack Apa Yang Sebaiknya Dipilih
« on: August 29, 2018, 11:35:59 AM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.