FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: 5 Kebiasaan Yang Merusak Kesuburan Wanita  (Read 112 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 32
5 Kebiasaan Yang Merusak Kesuburan Wanita
« on: August 28, 2018, 11:56:37 AM »

Kehamilan merupakan sebuah masa yang paling dinantikan oleh para wanita, jika belum merasakan kehamilan bagi sebagian wanita ada sesuatu yang kurang dari dalam hidupnya. Untuk proses kehamilan Anda harus memperhatikan Kesuburan rahim yang memiliki peran penting pada awal proses kehamilan. Seperti kita ketahui seiring bertambahnya usia, maka tingkat kesuburan pada wanita akan menurun.

Bukan hanya usia saja yang mempengaruhi faktor kesuburan akan tetapi gaya hidup juga bisa mempengaruhi peluang wanita untuk hamil, meski pada wanita dengan usia subur dan pas untuk proses kehamilan. Jika beberapa faktor dalam kehidupan sehari-hari ini dilakukan bisa mempengaruhi kesuburan rahim wanita.

Ada beberapa faktor yang memengaruhi kesuburan wanita, seperti obesitas, terlalu kurus, bertambah usia, faktor genetik, zat kimia, rokok, alkohol, tiroid, kafein, dan melakukan jenis olah raga berat. Faktor tersebut memang sering dihubungkan dengan kondisi kesuburan wanita, sehingga mengalami kesulitan untuk hamil.

Biasanya untuk mengatasi hal-hal tersebut pihak keluarga akan memberikan saran berupa mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan kesuburan rahim seorang wanita. Tanpa disadari jika sulit hamil atau kesuburan wanita tidak selalu berkaitan dengan makanan. Ada beberapa faktor kegiatan sehari-hari yang menyebabkan gangguan kesuburan wanita yang tidak banyak orang tahu. Faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :

1. Mengonsumsi Kafein secara Berlebihan

Siapa yang tak suka kopi? Bukan hanya kaum adam yang gemar akan kopi, akan tetapi bagi sebagian kaum hawa juga ada yang gemar akan minuman yang mengandung kafein tinggi ini.

Kopi merupakan minuman wajib setiap pagi untuk menambah semangat menyambut hari atau teman saat bekerja lembur di kantor pada malam hari untuk menghilangkan kantuk.

Tanpa disadari kafein yang terkandung dalam kopi memiliki pengaruh pada kesuburan dan bisa menyebabkan risiko keguguran bagi para perempuan pencinta kopi.


2. Waktu Tidur yang Tidak Teratur

Faktor kedua yang sangat mempengaruhi kesuburan rahim seorang wanita adalah waktu tidur yang tidak teratur. Bagi seorang wanita, jika memiliki pola tidur yang tidak teratur akan berpengaruh pada menstruasi yang tidak teratur pula.

Selain berpengaruh pada menstruasi, kegiatan tidur yang tidak teratur juga berpengaruh pada gangguan berat badan. Jika badan terlalu kurus atau terlalu gemuk bisa dipastikan akan mengalami gangguan sulit hamil.


3. Mengonsumsi Alkohol atau Junk Food

Seperti kita ketahui baik alkohol ataupun junk food memang memiliki pengaruh yang kurang baik untuk kesehatan tubuh. Bagi wanita yang mengkonsumsi alkohol lebih dari 3 kali selama seminggu maka akan sulit untuk hamil.

Begitu juga dengan junk food yang memiliki pengaruh besar pada berat badan. Saat sering mengkonsumsi junk food maka berat badan akan bermasalah dan kesuburan pun akan ikut bermasalah.


4. Merokok

Saat ini merokok bagi perempuan bukanlah hal tabu, banyak kaum hawa yang merokok. Risiko yang mungkin didapatkan saat perempuan merokok adalah meningkatnya masalah saluran tuba, serta meningkatnya risiko kehamilan etopik ataupun hamil di luar rahim.

Bukan hanya itu risiko lain merokok pada wanita juga bisa meningkatkan perubahan pada serviks dan memicu datangnya kanker serviks.


5. Stres

Pikiran yang tegang, kacau, dan gangguan emosional pada wanita juga memiliki pengaruh pada kesuburan rahim. Pasalnya jika seorang wanita mengalami gangguan pikiran yang berlebih, cenderung terganggu siklus menstruasi setiap bulannya. Dengan terganggunya siklus menstruasi, maka bisa dipastikan kesuburan pun akan ikut terganggu.

Beberapa faktor yang mempengaruhi kesuburan wanita di atas bisa dihindari dengan membatasi diri untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang mengganggu kesuburan rahim. Impian untuk memiliki keturunan bisa Anda dapatkan dengan menjauhi segala sesuatu yang memicu risiko pada tingkat kesuburan wanita.



Sumber Artikel : https://www.friso.co.id/
« Last Edit: August 29, 2018, 04:32:20 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

5 Kebiasaan Yang Merusak Kesuburan Wanita
« on: August 28, 2018, 11:56:37 AM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.