FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Ini dia Alasan Mengapa Tes Kehamilan dengan Testpack Belum Tentu Akurat  (Read 136 times)

Offline InfoSehat

  • Newbie
  • *
  • Posts: 8
Banyak yang merasa tidak perlu ke dokter untuk mengetahui hamil atau tidak. Kan sudah ada tes kehamilan. Namanya testpack. Yaps, benar sekali. Namun, pernahkah Anda cari tahu seberapa valid alat tersebut?


Mungkin Anda bukan ahli di dalam hal ini. Namun, coba dengarkan beberapa teman atau saudara yang sudah menikah dan menggunakan alat tersebut untuk mengetahui positif hamil atau tidak. Apakah mereka benar-benar hamil setelah dites dan hasilnya positif dengan menggunakan testpack? Ternyata tidak. Banyak yang menemukan hasil yang tidak sesuai. Meskipun alat menunjukkan hasil positif, ternyata ditunggu hingga berminggu-minggu tidak ada janin di dalam kandungan. Tidak ada tanda kehamilan seperti morning sickness, adanya janin di dalam kandungan, dan lain sebagainya.
Dan itu nyata karena memang alat yang disebut dengan testpack ini tidak selalu memberikan hasil yang valid. Mengapa demikian? Banyak alasannya.


Pilih Testpack Kualitas Terbaik

Apapun barangnya, hampir yang kualitasnya bagus itu dijual dengan harga yang mahal. Begitu juga dengan testpack. Namun, Anda perlu tahu mengapa testpack dengan kualitas yang bagus itu lebih akurat dan harganya lebih mahal. Yuk cari tahu apa sebenarnya alat tes kehamilan yang satu ini.
Pada dasarnya, ini adalah alat biasa. Yang luar biasa adalah cairan kimia yang ada di dalamnya. Cairan kimia itulah yang terpenting. Cairan tersebut sangat sensitif terhadap kadar hCG pada urin. Dan inilah yang dicek.

Sayangnya, terkadang cairan kimia tersebut tidak bekerja dengan baik. Bisa saja cairan tersebut sudah terlalu lama sehingga tingkat sensitivitasnya kurang. Makanya, ketika testpack digunakan, hasilnya tidak valid.

Mungkin setelah mengetahui penjelasan seperti ini, Anda akan membeli testpack yang harganya mahal. Eits, tunggu dulu. Boleh saja Anda beli testpack yang dijual dengan harga tinggi. Tapi, tidak jaminan lho alat tersebut bisa memberikan hasil yang valid.
Namun, setidaknya Anda sudah melakukan hal yang tepat. Dengan membeli alat testpack yang mahal, kemungkinan besar kevalidannya tinggi. Daripada beli testpack harga murahan, mending beli yang bagus sekali, bukan?

Di sisi lain, Anda juga perlu tahu juga bagaimana acara menggunakan alat berupa testpack ini yang tepat agar Anda bisa mendapatkan hasil yang valid.


Tipe Testpack Yang Beredar di Pasaran

Mahal atau tidaknya harga alat "pengetes" kehamilan ditentukan juga dengan masing-masing tipe. Sekarang ini, sudah ada dua tipe testpack yang dijual di pasaran.

Yang pertama adalah dip stick. Ini yang paling banyak digunakan. Mengapa? Karena pengguna tidak perlu repot untuk mengunakan alat ini.
Pada alat ini, bagian ujungnya disebut dengan dip strip. Ini adalah ujung yang ada cairan kimia untuk mengetes hormon hCG di dalam urin. Dan untuk menggunakan alat ini, Anda hanya perlu memasukkan urin ke dalam wadah lalu celupkan alat tersebut.
Berbeda dengan tipe alat yang kedua yang disebut dengan alat strip. Alat ini digunakan dengan cara meneteskan 5-6 tetes urin langsung ke alat. Ada juga wadahnya jika Anda ingin menggunakannya. Tergantung mana yang Anda merasa lebih mudah.

Nah, sekarang Anda bisa pergi ke apotik untuk membeli alat tes kehamilan ini. Anda tidak perlu bingung jika ditawari dengan alat yang berbeda karena Anda sudah tahu dua jenis testpack seperti keterangan tersebut di atas.


Hasilnya Dua Garis Tapi Samar. Apa Artinya?

Bagi pasangan mudah, terkadang mereka tidak tahu lho tanda positif hamil di testpack itu seperti apa. Secara garis besar, jika hasilnya satu garis, itu Anda negatif. Jika positif hamil, testpack menunjukkan dua garis merah.

Namun, ada lho yang sudah melakukan tes kehamilan tapi hasilnya berupa dua garis samar. Apa dong artinya? Dalam hal ini, ada dua kemungkinan. Yang pertama, itu hasilnya positif. Lalu, mengapa garisnya samar? Hal ini bisa disebabkan cairan kimia untuk mengetes hormone hCG di dalam urin sudah hampir masuk ke masa kadaluarsa. Akibatnya, cairan kimia tersebut tidak begitu sensitif. Kemungkinan kedua, Anda tidak hamil. Dua garis samar itu muncul akibat evaporasi atau penguapan.

Nah, sekarang Anda sudah semakin paham kan mengapa tes dengan menggunakan alat tes kehamilan tidak begitu valid. Ada banyak faktor yang mempengaruhi.

Yang paling tepat adalah pergi ke dokter kandungan. Setelah Anda melakukan tes kehamilan di rumah sendiri dengan testpack. Anda sebaiknya tetap ke dokter agar Anda semakin yakin. Pasalnya, ada juga lho istilah hamil secara kimia. Artinya, Anda sedang hamil tapi mengalami keguguran dini. Jadi, ketika Anda melakukan tes kehamilan, hasilnya positif tapi langsung mengalami keguguran.

Untuk itu, penting sekali untuk pergi ke dokter kandungan. Di sana, dokter akan melakukan pemeriksaan dengan alat atau metode yang lebih canggih seperti alat USG, cek darah, dan lain sebagainya.

Itulah informasi penting yang layak untuk Anda ketahui. Testpack bisa menjadi alat untuk mengetahui apakah Anda positif hamil atau tidak. Akan tetapi, jangan dijadikan satu-satunya acuan. Seperti keterangan tersebut di atas, ada hal yang bisa membuat hasilnya kurang valid. Dan memang para ahli kesehatan kandungan mengatakan tingkat akurasi testpack hanya sekitar 90% saja.

Jika hasilnya negatif, Anda tidak perlu khawatir ya. Mungkin Anda bisa coba lagi. Mulailah dari awal. Ketahui masa subur Anda karena berhubungan dengan suami masa subur besar kemungkinan Anda bisa hamil.



Sumber Artikel : https://www.friso.co.id/
« Last Edit: August 21, 2018, 09:15:50 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.