FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Apakah Kamu Sering Kelelahan? Bisa Jadi Kamu Terjangkit Sindrom Ini!  (Read 49 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 453
    • Email
Oleh : Fashly Eka Putra



Apakah kamu sering merasa lelah yang berkepanjangan, hati-hati lho! bisa jadi kamu terkena sindrom lelah kronis. Dikenal sebagai CFS (chronic fatigue syndrome) atau encephalomyelitis myalgia merupakan kondisi rasa lemas dan lelah dalam jangka yang panjang. Sindrom ini dapat menyerang siapa saja, termasuk anak-anak, tapi lebih rentan pada wanita, rentang usia 20 – 40 tahun dan dinyatakan bahwa di Inggris terdapat 250.000 orang yang terkena dampak sindrom ini.

Walaupun diliputi kontroversi yang panjang, beberapa orang percaya bahwa ini hanya masalah psikologis.
Sebuah penelitian dilakukan oleh Queen Mary University of London telah menyarankan bahwa olahraga teratur setiap hari dapat membantu meredakan gejala sindrom ini. Meskipun, ada yang memperingatkan bahwa olahraga berlebihan dapat membuat kondisi mereka menjadi lebih buruk.

Selain kelelahan, rasa tidak sehat biasanya adalah gejala utama lainnya. Namun terdapat tanda lain seperti masalah tidur, nyeri otot atau sendi, sakit kepala dan sakit tenggorokan. Selain itu, gejala seperti flu, detak jantung cepat atau tidak teratur, merasa pusing atau sakit, dan masalah berpikir, mengingat atau berkonsentrasi juga bisa menjadi indikator.

Penyebab sindrom ini belum diketahui, namun diperkirakan bisa disebabkan oleh infeksi virus, infeksi bakteri, masalah sistem kekebalan tubuh atau ketidakseimbangan hormon. Selain itu, masalah kesehatan mental seperti stres, depresi atau trauma emosional bisa menjadi pemicu, dan masalah genetika.

Rasa lelah yang berkepanjangan dapat memberi efek negatif pada kesehatan mental dan emosional kamu, karena hal tersebut akan mengganggu aktifitas sehari-hari.

Nah, demikianlah informasi mengenai CFS (Chronic Fatigue Syndrom) atau dalam bahasa Indonesianya Sindrom Lelah Kronis tersebut. Semoga bermanfaat ya guys!



Sumber Artikel dan Gambar : https://www.idntimes.com/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab