FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Fase Pertumbuhan Bayi Yang Wajib Diketahui Oleh Pasangan Muda  (Read 102 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 26

Bagi pasangan muda, mereka harus benar-benar meluangkan waktu untuk mengetahui hal-hal yang terkait dengan fase pertumbuhan bayi. Ini penting agar mereka bisa memastikan perkembangan sang buah hati normal. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan mengenai tumbuh kembang si kecil.

Saat mereka dikarunia bayi, usia 0-6 bulan menjadi masa yang menegangkan. Kenapa? Karena pada usia tersebut, bayi butuh perhatian khusus. Saking khususnya, pasangan muda harus bersiap untuk merubah kebiasaan mereka setiap hari. Jika mereka biasanya sudah bersantai ketika malam tiba, mereka terbiasa bangun tengah malam. Kemudian di pagi hari, mereka harus siap untuk mencuci popok karena jika tidak, bayi akan kehabisan popok.

Terlepas dari hal tersebut, yang perlu benar-benar dipelajari adalah mengenai tahap pertumbuhan bayi usia 0-6 bulan.
Melihat Perkembangan Bayi 6 Bulan Pertama

Setiap pasangan muda harus tahu bayi harus mendapatkan ASI selama 6 bulan penuh. Jadi, selama 6 bulan itu, bayi tidak boleh mengkonsumsi makanan atau minuman apapun kecuali ASI. Ini yang disebut dengan ASI eksklusif. Dengan memberikan ASI eksklusif, diharapkan perkembangan sang buah hati benar-benar baik. Selain itu, pemberian ASI juga akan membuat anak lebih kebal terhadap penyakit semenjak masih kecil hingga dewasa. Ini adalah fakta yang ditemukan oleh para ahli kesehatan.
Selain memastikan untuk memberikan ASI eksklusif, orang tua juga harus tahu fase perkembangan bayi usia 0-6 bulan.


-   Perkembangan Bayi 1 Bulan

Bayi usia 1 bulan sebenarnya sudah bisa merespon suara. Bahkan, ada juga bayi yang sudah tersenyum atau tertawa ketika mendengar suara tertentu, seperti suara sang ibu yang sedang mengajaknya bercanda.

Beberapa bayi usia 1 bulan juga sudah mampu memandang obyek yang bergerak. Ini bisa dilihat dari bagaimana anak menoleh atau menggerakkan kepalanya ketika benda digerakkan di atasnya.

Secara umum, indera pendengaran dan penglihatan bayi 1 bulan sudah sempurna. Dan untuk menstimulus perkembangan kedua indera tersebut, orang tua bisa memasang mainan yang bisa dipasang di atas tempat tidur bayi. Mainan tersebut biasanya bisa bergerak memutar dan mengeluarkan nada seperti lagu anak-anak.
 

-   Perkembangan Bayi 2 Bulan

Biasanya, bayi usia 2 bulan sudah mampu mengangkat kepala dan bahunya walaupun hanya sedikit. Pada saat itu juga, anak bisa memberikan respon berupa senyuman ketika merasa senang dan menangis ketika sedang tidak bahagia. Ia sudah bisa tertawa. Indera penglihatannya sudah sangat sempurna karena ia sudah bisa melihat benda yang bergerak cepat sekalipun.


-   Perkembangan Bayi 3 Bulan

Orang tua harus berhati-hati ketika si kecil masuk ke fase pertumbuhan bayi 3 bulan. Pasalnya, pada usia ini, bayi sudah bisa menggerakkan badannya dengan cara berguling.

Banyak sekali kasus di mana bayi mengalami kecelakaan di rumah. Jadi, bayi terjatuh dari tempat tidur. Ia berguling dan ternyata ia melewati tepi tempat tidur. Akhirnya, bayi jatuh. Ini sangat berbahaya jika ternyata bayi jatuh dengan posisi kepala lebih dahulu.


-   Perkembangan Bayi 4 Bulan

Orang tua pasti ingin sekali mendengar si kecil mengucapkan kata 'ibu', 'bapak', 'ayah', atau 'mama'. Dan hal tersebut biasanya sudah bisa dilakukan oleh bayi yang usianya menginjak 4 bulan. Hanya saja, suaranya belum begitu jelas.


-   Perkembangan Bayi 5 Bulan

Perhatian lebih ekstra harus orang tua berikan pada bayi usia 5 bulan. Pasalnya, saat usia 5 bulan, bayi mulai memasukkan apapun ke dalam mulutnya. Ini adalah cara bayi untuk mengenal suatu benda. Yang dikhawatirkan adalah ketika benda tersebut tertelan.

Beberapa bayi usia 5 bulan sudah mulai tumbuh gigi pertama. Makanya, bayi suka menggigit. Hati-hati bagi ibu yang memiliki bayi 5 bulan. Pasalnya, bayi sering sekali menggigit puting ketika sedang minum ASI.


-   Perkembangan Bayi 6 Bulan

Sebentar lagi bayi harus mendapatkan MPASI atau makanan pendamping ASI. Dan pada fase perkembangan bayi usia 5 bulan ini, bayi sudah mulai bisa merangkak. Dalam hal ini, gaya merangkak bayi berbeda-beda. Ada yang merangkak layaknya beruang, merangkak gaya kepiting, atau merangkak komodo.

Itulah tahap perkembangan bayi usia 6 bulan pertama. Apakah sang buah hati berkembang dengan baik?

Masalah Kesehatan Yang Muncul Selama 6 Bulan Pertama

Selain harus tahu mengenai tahap demi tahap perkembangan bayi, pasangan muda juga perlu mengerti apa saja kendala atau tantangan yang akan dihadapi. Jangan kaget jika anak sering mengalami gangguan kesehatan. Salah satunya adalah diare. Ini hal yang wajar. Sistem pencernaan sedang mengalami adaptasi dengan ASI yang si kecil konsumsi. Biasanya ia akan mengalami diare.

Selain itu, bayi juga mudah sekali terserang flu apalagi jika tempat tinggalnya dingin atau sedang musim hujan. Sebagai orang tua, ibu tidak perlu khawatir. Cukup berikan lebih banyak ASI ketika anak sakit. Dengan demikian, bayi akan melakukan self healing sendiri. ASI akan membuat sistem kekebalan tubuh semakin kuat sehingga tubuh akan melakukan penyembuhan sendiri.

Yang pasti, jangan sampai bayi mengkonsumsi selain ASI. Usahakan untuk mensukseskan pemberian ASI eksklusif. Dan ini butuh usaha bersama antara ibu dan ayah. Ibu harus fokus untuk memastikan produksi ASI banyak. Sementara itu, seorang suami harus membantu seperti mengerjakan pekerjaan rumah agar istri lebih fokus untuk mengurus bayi. Kerjasama antara sang suami dan istri akan sangat menentukan apakah si kecil melewati fase pertumbuhan bayi dengan baik atau tidak.


Sumber: www.nutriclub.co.id
« Last Edit: July 30, 2018, 08:40:40 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab