FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Bahan makanan penting untuk mencerdaskan otak anak  (Read 157 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 42
Bahan makanan penting untuk mencerdaskan otak anak
« on: July 06, 2018, 09:35:49 AM »


Anak berprestasi membanggakan keluarga siapa sih yang tidak mau? Motivasi inilah yang sebabkan ayah bunda banyak mencari cara supaya otak anak encer. Mulai dari permainan asah otak, hingga menyewa guru les, semua dilakukan demi masa depan buah hati. Padahal, semua akan percuma kalau si kecil masih makan sembarangan.

Makanan untuk kecerdasan otak

Makanan yang anda makan akan mencerminkan diri kamu. Ungkapan tersebut memang benar adanya. Segala sesuatu yang baik dalam diri seseorang dimulai dari pola makan. Terlebih pada masa pertumbuhan, asupan nutrisi menjadi faktor yang sangat penting untuk masa depannya kelak. Termasuk dalam soal kecerdasan, menghidangkan makanan berikut ini bisa membuat banyak perbedaan:

1.   Kacang-kacangan
Indoenesia cukup beruntung diberkahi alam yang begitu kaya. Tumbuh-tumbuhan termasuk kacang dapat tumbuh dengan bebas di tanah air. Tahukah anda, meski kacang banyak dijual murah, kegunaan yang bisa diberikan kacag dapat dikatakan berharga.

Shukit Hale B, menerbitkan jurnal di perpustakaan publik nasional Amerika pada tahun dua ribu empat berdedikasi untuk menemukan hubungan antara konsumsi kacang dengan kecerdasan otak seseorang. Hale B membuktikkan bahwa orang yang banyak mengkonsumsi kacang mampu meningkatkan memori serta mencegah gangguan otak seperti penyakit neurodegenerative. Anak kecil yang gemar makan kacang juga memperoleh vitamin E yang dapat melindungi membran otak dari radiasi berbahaya.


2.   Ikan yang berlemak

Orang Jepang terkenal dengan tubuh kecil namun berkemampuan otak yang patut dipertimbangkan. Motor, laptop, dan beragam elektronik serta penemuan lain yang aneh bin ajaib menjadi buktinya. Beragam penelitian menyatakan bahwa alasan mayoritas masyarakat Jepang memiliki kemampuan berpikir yang cukup tangkas adalah kegemaran konsumsi ikan.

Ya, daerah laut sangat menguntungkan mereka yang senang makan hidangan laut. Ikan, terutama jenis yang mengandung banyak lemak seperti salmon dan sarden bertebaran di perairan negeri bunga sakura. Usut punya usut, berhubung otak tersusun dari enam puluh persen lemak, asupan ikan berlemak tentu sangat membantu perkembangannya.

Lemak yang dimaksud disini bukan sembarang lemak, melainkan kandungan yang dikenal dengan sebutan Omega 3. Nutrisi otak omega 3 untuk anak bahkan dikatakan sebagai faktor utama kecerdasan seseorang. Terlebih jika diberikan sejak dini, dapat dipastikan perkembangan pikiran akan sangat optimal.


3.   Tumerik

Masih ingat "mbok Jamu" yang suka keliling komplek? Bila anda ingat pasti kenal dengan yang namanya turmerik atau dikenal pula dengan nama kunyit. Terlepas dari rasa kunyit yang terkenal asam bila diolah menjadi jamu, manfat rempah berwarna oranye ini cukup membantu perkembangan otak.

Rahasia manfaat kunyit terhadap otak terletak pada kandungan antioksidan yang cukup tinggi. Sel otak lebih cepat terbaharui sehingga mencegah gangguan mental pada otak. Ditambah lagi, beberapa ahli kesehatan setuju kalau banyak konsumsi Tumerik bisa mencegah kemungkinan penyakit alzeimer.

Bagi anak  kecil, mungkin konsumsi kunyit dalam bentuk jamu akan terasa menyiksa. Orang dewasa saja belum tentu tahan menghadapi pahitnya jamu kunyit. Cobalah mengolah tumerik menjadi nasi goreng, atau mungkin tumis kerang. Manapun itu, usahakan supaya anak tidak menyadari adanya campuran kunyit pada hidangan.


4.   Brokoli

Mencari sayuran yang sangat baik untuk tubuh hanya dalam satu ukuran kecil? Brokoli jawabannya! Sayuran berbentuk pohon mini satu ini bisa dibilang makanan wajib nan penting untuk pertumbuhan buah hati terutama dari segi otak. Kandungan vitamin K yang tinggi menjadi kunci pembaharuan lemak dalam otak, sehingga mempertajam daya ingat. Sama halnya dengan Tumerik, Brokoli juga tak kalah kekayaan antioksidan dalam satu batang saja.

Namanya sehat biasanya belum tentu enak. Brokoli juga demikian. Sebagian besar anak memilih membuang brokoli dibanding memasukkannya dalam mulut. Akibatnya, meski brokoli telah terhidang di meja makan, percuma saja kalau tidak dicerna. Alangkah baiknya jika orang tua mulai mencari resep untuk menyembunyikan rasa brokoli tanpa merusak kandungan di dalamnya.


5.   Cokelat hitam

Berita baik untuk semua anak pecinta coklat, kini ada argumentasi untuk memasukkan makanan satu ini dalam daftar kudapan. Penelitian yang melibatkan Sembilan ratus orang telah memberikan fakta bahwa peserta yang diberi asupan coklat hitam jauh lebih baik dalam tes mental dibanding mereka yang tidak makan coklat.

Terlepas dari kabar mengenai buruknya coklat untuk pertumbuhan gigi, ternyata dapat digantikan dengan dampak coklat hitam pada otak. Sayang, hingga detik ini peneliti belum mampu menemukan alasan konkrit mengapa cokelat hitam dapat membuat anak tumbuh cerdas. Beberapa berhipotesis bahwa rasa bahagia setelah makan cokelat atau komposisi cokelat itu sendiri. Manapun itu, tidak ada salahnya untuk membiasakan si kecil konsumsi cokelat hitam dari sekarang. 


Bagaimana cara menghidangkan makanan yang tepat?

Indonesia memiliki kuliner beragam dengan satu kesamaan, yakni gemar sekali mengolah setiap bahan makanan. Tidak heran, rasa masakan Indonesia begitu menggigit dan renyah. Sayangnya, beberapa cara masak Indonesia justru merusak nutrisi yang terkandung dalam bahan makanan. Bisa ditebak, meski ayah bunda berhasil menemukan hidangan pas berbahan dasar bahan yang sehat untuk otak, belum tentu bisa terserap.

Aneh tapi nyata, beberapa makanan justru jauh lebih sehat ketika tidak dimasak sama sekali. Sebagai contoh, brokoli dan kacang, adalah 2 contoh bahan yang sensitif terhadap panas. Gampangnya, nutrisi dalam bahan makanan terbakar bersama api, penampakannya saja yang sayur, tapi gizinya nol. Cobalah mencari alternatif masak yang tidak terlalu banyak melibatkan pengolahan pada bahan makanan utama supaya pemberian nutrisi si kecil juga maksimal.
« Last Edit: July 17, 2018, 05:02:41 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Bahan makanan penting untuk mencerdaskan otak anak
« on: July 06, 2018, 09:35:49 AM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab