FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Posisi Menyusui Yang Benar Sambil Tidur Namun Tetap Aman  (Read 95 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 42
Posisi Menyusui Yang Benar Sambil Tidur Namun Tetap Aman
« on: June 29, 2018, 09:10:25 PM »
Posisi menyusui yang benar memang harus diperhatikan sebab kenyamanan bagi Bunda dan bayi menjadi hal utama. Menyusui termasuk dalam hal yang alami namun tidak sedikit para Bunda mengalami kesulitan ketika akan melakukan kegiatan tersebut. Jangan panik Bun! Proses menyusui bisa dijalankan dengan mudah asal Bunda mau belajar cara yang tepat. ASI atau Air Susu Ibu memiliki kandungan 400 nutrisi yang baik untuk memenuhi kebutuhan gizi si kecil.

Bayi yang semakin tumbuh dan berkembang juga nutrisi didalamnya akan menyesuaikan. Memberikan ASI eksklusif memiliki manfaat untuk mencegah terjadinya resiko radang paru paru, infeksi telinga dan juga radang pencernaan. Ketika akan menyusui pastikan Bunda dan bayi berada dalam kondisi yang siap dan nyaman. Supaya si kecil mudah untuk menelan maka posisi kepala bayi wajib lebih tinggi daripada tubuhnya. Untuk membantu si kecil mendapatkan posisi nyaman maka Bunda bisa memberikan tangan sebagai penyangga maupun menggunakan bantal sebagai ganjalannya.


Posisi Menyusui Yang Benar Menurut Dokter

Untuk mendapatkan posisi yang nyaman saat menyusui Bunda bisa mendekatkan bayi ke payudara ketika ia mulai membuka mulut dan ingin mendapatkan susu. Biarkan si kecil sampai mulutnya terbuka secara lebar dengan posisi lidah mengarah ke bawah. Namun apabila buah hati Bunda belum dapat melakukannya maka Bunda bisa membantu ia dengan sedikit menyentuh bagian atas bibirnya. Perletakan asimetris merupakan posisi perletakan untuk bayi menyusui yang paling banyak disarankan dokter. Sebab perlekatan ini adalah termasuk syarat penting dalam proses menyusui.

Posisi menyusui yang benar sambil tidur juga berkaitan dengan perlekatan ini. Salah satu tanda bahwa perlekatan ini berjalan dengan baik adalah saat Bunda tidak lagi merasakan nyeri ketika proses menyusui. Selain itu bayi akan memperoleh banyak ASI dan Bunda bisa mendengarkan bagaimana suara bayi menelan atau meminum ASI.  Namun bila Bunda ternyata mengalami nyeri maka segera lepas perlekatan dengan cara memasukkan jari ke arah gusi dan puting. Pada dasarnya bayi akan dengan mudah menyusu ketika perlekatan sudah dilakukan dengan benar.

Waktu untuk menyusu bagi bayi yaitu sekitar 5 sampai 20 menit tergantung setiap bayi itu sendiri. Pada dasarnya diperlukan beberapa waktu supaya Bunda dan bayi bisa beradaptasi supaya proses menyusui berjalan dengan lancar tanpa hambatan sedikitpun. Sebaiknya Bunda menggunakan bra khusus menyusui supaya si kecil nyaman saat menyusu. Bunda bisa memilih bra yang mempunyai kait dan kancing di bagian depan supaya mudah dibuka kapan saja dibutuhkan si kecil untuk minum ASI. 

Hal ini bisa dijadikan cara untuk menghindari tersumbatnya ASI dan mencegah terjadinya peradangan jaringan pada payudara. Bunda bisa menggunakan bantal payudara untuk mencegah terjadinya kebocoran ASI pada bra dengan cara menyelipkannya pada bagian depan bra. Bagi Bunda yang mungkin memiliki rencana untuk memerah ASI sendiri maka Bunda bisa menggunakan pompa ASI. Sebaiknya Bunda sering mempraktikkan dalam beberapa waktu untuk proses menyusui sehingga Bunda dan bayi bisa saling bekerjasama dan kompak agar nyaman ketika proses berjalan.

Untuk mengetahui cara maupun posisi yang benar saat menyusui maka sebaiknya Bunda berkonsultasi atau minta saran dengan ahli laktasi maupun bidan. Dapat memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi anak dengan pemberian ASI tentu menjadi hal yang diinginkan oleh setiap Bunda. Meskipun terkadang Bunda mendapat tantangan ketika akan memperbanyak dan melancarkan ASI untuk buah hatinya.



Sumber Artikel : www.ibudanbalita.com
« Last Edit: July 06, 2018, 04:21:00 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Posisi Menyusui Yang Benar Sambil Tidur Namun Tetap Aman
« on: June 29, 2018, 09:10:25 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab