FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Mengapa Suhu Tubuh Normal Bayi Sangat Penting Untuk Diketahui  (Read 174 times)

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 29
Suhu tubuh normal bayi memang rata-rata hampir sama dari satu bayi dengan bayi yang lain. Saat ini bisa dikatakan sedang memasuki musim yang kurang bersahabat terutama untuk tubuh si kecil. Untuk orang dewasa pun juga banyak yang mengalami naik turunnya suhu tubuh dikarenakan cuaca tidak menentu. Sebagai orangtua kita tentu harus peka terhadap kondisi seperti ini sebab bukan tidak mungkin buah hati kita juga akan mengalami perubahan suhu tubuh secara signifikan.

Bahaya yang mengancam adalah si kecil akan mengalami demam jika daya tahan tubuh sudah tidak sanggup lagi membendung virus atau penyakit yang diakibatkan karena perubahan cuaca saat ini. Terkadang orangtua tidak tau waktu yang tepat untuk segera membawa si kecil ke dokter. Ketika bayi tentu mereka tidak dapat menunjukkan tubuh bagian mana yang dirasa kurang nyaman dan terasa sakitnya.
Akan tetapi, jika kondisi ini terjadi kita sebagai orangtua bukan berarti harus segera membawa bayi kita ke dokter jika mereka sudah mulai tidak tenang dan sering menangis. Pasalnya bisa saja yang dialami si kecil hanya demam biasa. Apabila bayi mengalami demam tidak tinggi selama kurang lebih 2 hari maka kita tidak perlu membawa si kecil ke dokter. Kita sebagai orangtua bisa memberikan obat penurun panas 4 sampai 5 jam sekali, biasanya demam yang dialami si kecil akan reda dengan sendirinya dalam waktu 3 sampai 5 hari.


Bayi Dikatakan Demam Pada Suhu Berapa Sih Bun ?

Sekedar informasi untuk para orangtua bahwa suhu normal pada anak yaitu sekitar 36,1 sampai 37,8 derajat . Nah, cara untuk mengetahuinya tentu kita membutuhkan alat yang dinamakan termometer atau alat ukur suhu tubuh. Jika suhu badan bayi lebih dari yang kami sebutkan tadi misalnya saja suhu tubuh bayi lebih dari 38 derajat maka bisa dikatakan si kecil mengalami demam. Dengan ini sudah dapat diketahui ya Bun bayi dikatakan demam pada suhu berapa , jadi segera bawa si kecil ke dokter bila ia demam tinggi.

Untuk mengukur suhu tubuh memang diperlukan termometer, sedangkan termometer sendiri ada banyak macamnya. Akan tetapi dari semua itu bisa dibagi menjadi dua yaitu termometer digital dan air raksa. Untuk termometer air raksa pada umumnya terbuat dari kaca dimana bagian dalamnya terdapat tabung yang berisi air raksa dan akan naik permukaannya sesuai dengan derajat pada suhu tubuh bayi yang di ukur. Cara mengetahuinya adalah ketika angka dimana air raksa itu berhenti ketika 3 sampai 5 menit di ketiak maka itu yang bisa digunakan sebagai patokan derajat suhu tubuhnya.

Sebaiknya sebelum maupun sesudah digunakan, alat ukur suhu tubuh dari air raksa ini harus dikibas-kibaskan dulu supaya permukaan air raksa dapat turun di bawah angka 36 derajat. Lakukan hal tersebut dengan hati-hati sebab jika sampai termometer terbentur dan pecah maka sudah tidak bisa digunakan lagi bahkan air raksa yang keluar juga sangat berbahaya untuk si kecil. Apabila si kecil mengalami batuk ringan dalam kurun waktu 2-3 hari saja maka mereka masih bisa di rawat dirumah untuk sementara waktu.

Namun juga harus di waspadai ketika si kecil mulai mengalami demam tinggi diatas 38 derajat dan tidak segera turun selang 3 hari kemudian sebab itu sudah termasuk berbahaya. Kesimpulannya adalah jika suhu tubuh normal bayi mengalami gangguan atau perubahan lebih dari 2-3 hari maka segera bawa si kecil ke dokter untuk pengobatan lebih lanjut.



Sumber Artikel : https://www.ibudanbalita.com/
« Last Edit: July 04, 2018, 09:27:07 AM by yeobeseyo »

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 42
Re: Mengapa Suhu Tubuh Normal Bayi Sangat Penting Untuk Diketahui
« Reply #1 on: June 25, 2018, 10:33:10 AM »
Betul sekali kalau memang suhu bayi haruslah dipantau. Apalagi saya sering menjumpai demam pada bayi yang terlambat teratasi karena suhu tinggi dianggap remeh. Padahal, kalau belum terjadi, tips mengatasi demam pada bayi untuk langkah pertama bisa dilakukan, dan anak tidak harus mengalami masa demam yang cukup parah.
« Last Edit: July 04, 2018, 09:28:10 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Mengapa Suhu Tubuh Normal Bayi Sangat Penting Untuk Diketahui
« Reply #1 on: June 25, 2018, 10:33:10 AM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab