FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Cegah Osteoporosis, Manfaat Rutin Olahraga Sebelum Menopause  (Read 156 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 475
    • Email
Oleh : Aditya Eka Prawira


Perbanyak olahraga bagi para wanita berguna menghambat osteoporosis. Tujuan dari aktivitas fisik ini guna memberikan penekanan dan beban terhadap tulang. Dr Rio Aditya, menjelaskan, tulang akan semakin padat jika kita sering mempergunakan itu untuk olahraga, sehingga tulang dapat beradaptasi sesuai dengan lingkungannya. "Karena jika diberikan banyak beban dan penekanan, tulang akan bertumbuh semakin tebal," kata Dr Rio.

Ada tiga jenis olahraga yang Dr Rio anjurkan agar terhindar dari osteoporosis. Dari yang ringan seperti jalan kaki, beladiri, sampai angkat beban. Dengan melakukan banyak aktivitas yang melibatkan kontak fisik, kata Dr Rio, kepadatan massa tulang akan bertambah dibanding orang-orang yang malas olahraga. Menurut Dr Rio, prinsip ini yang menjadi alasan wanita pekerja atau yang aktif cenderung lebih jarang mengalami osteoporosis.

Hal ini semakin dipertegas dengan hasil penemuan yang dikemukakan National Osteoporosis Foundation di Amerika Serikat, yaitu rutin olahraga sebelum memasuki usia menopause, punya efek luar biasa untuk kesehatan wanita itu sendiri di kemudian hari.

Wanita yang kurang aktif secara fisik memiliki kepadatan tulang yang rendah karena minimalnya stimulasi yang diberikan pada tulang. Kepadatan tulang yang rendah berarti tabungan kalsium di tulang lebih sedikit, sehingga pada masa menopause, jumlah kalsium yang diambil oleh sel osteoklast akan lebih cepat habis dibandingkan dengan tulang yang memiliki tabungan kalsium yang banyak.



Sumber Artikel: https://www.liputan6.com/health/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.