FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Selain Karena Berhubungan Seks, 6 Hal Ini Bisa Membuat Kita Tertular PMS  (Read 245 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 466
    • Email
Salah satu risiko berhubungan seks adalah tertularnya penyakit menular seksual atau PMS. Namun, ternyata penyakin ini bukan hanya menular lewat hubungan seks saja. Karena, penyakit ini bisa menyerang kita meski tanpa melakukan hubungan seks, seperti yang dijelaskan oleh Dr Christopher Chong, obstetrician dan ginekelog di Gleneagles Hospital, Singapura. Jadi, selain karena berhubungan seks, 6 hal ini bisa membuat kita tertular penyakit menular seksual (PMS).

1) Oral Seks

Ini juga yang menjadi alasan kenapa kita harus menghindari oral seks, karena PMS bisa menular ke kita kalau penis, anus, atau vagina sudah terinfeksi. Terlebih kalau ada luka di sekitar area vagina kita.

Penyakit yang mengancam: HPV, herpes, dan chlamydia.


2) Ciuman

Yup, satu kali ciuman bisa menularkan 80 juta bakteri, jadi kalau pasangan kita terinfeksi, kita pun bisa tertular.

Penyakit yang mengancam: herpes, mononucleosis.


3) Transfusi Darah

Karena itu, kita wajib memastikan darah dari pendonor benar-benar aman dan bersih sebelum melakukan transfusi darah. Bukan hanya itu, kita juga harus memastikan kalau jarum suntik dan semua peralatan yang dipakai aman dan bersih.

Penyakit yang mengancam: HIV - AIDS


4) Makanan yang Sudah Terkontaminasi

Menurut Dr Christopher, kalau seseorang yang terkontaminasi tidak mencuci tangannya ketika memegang makanan, terutama setelah buang air kecil dan buang air besar, bukan tidak mungkin kita akan tertular.

Penyakit yang mengancam: Hepatitis A


5) Sentuhan Fisik

Untuk beberapa penyakit, kita bisa saja tertular karena bersentuhan dengan pakaian si penderita, seperti yang diungkapkan oleh Dr Christopher. Karena itu, hati-hati kalau meminjamkan barang kita kepada orang lain.

Penyakit yang mengancam: beberapa kasus ada HPV, Trichomonas.


6) Pisau Cukur

Sebaiknya sih kita memakai sendiri pisau cukur milik kita dan enggak berbagi pemakaian dengan orang lain. Ketika memakai pisau cukur yang sudah dipakai oleh penderita, organisme pembawa penyakit akan langsung masuk ke darah kita melalui luka cukuran.

Penyakit yang mengancam: Trichomonas, HIV



Sumber Artikel: http://cewekbanget.grid.id/Love-Life-And-Sex-Education/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab