FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Trauma, Salah Satu Faktor Pencetus Obesitas pada Remaja  (Read 94 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 448
    • Email
Trauma, Salah Satu Faktor Pencetus Obesitas pada Remaja
« on: May 04, 2018, 04:32:25 PM »
Oleh: Febrianti Diah Kusumaningrum


Sebuah penelitian yang seperti dilansir dari reuters.com mengungkapkan bahwa stres dan trauma masa kecil dapat menyebabkan remaja terkena obesitas.

"Trauma atau stres yang dialami terlalu dini di masa anak-anak dapat menyebabkan pertumbuhan berat badan yang signifikan pada masa remaja," ungkap Dr Julie Lumeng dari University of Michigan Medical School.

Penelitian ini melibatkan ibu dari 848 anak yang berusia 4, 9, dan 11 tahun. Mereka kemudian pertanyaan yang berkaitan dengan perubahan hidup apa saja yang terjadi pada anak mereka. Hasilnya empat kategori perubahan hidup seperti masalah keuangan, masalah kesehatan, masalah keluarga, dan pola pengasuhan yang didapatkan remaja saat anak-anak mengakibatkan mereka menjadi emotional eater.

Emotional eater adalah salah satu perilaku yang berhubungan dengan pola makan yang dilakukan seseorang saat sedang stres dimana mereka mengonsumsi makanan dengan jumlah yang sangat banyak untuk meredakan ketegangan emosi mereka.

Emotional eater dapat mengakibatkan seseorang mengalami obesitas apabila diperparah dengan jarangnya mereka berolahraga atau melakukan pola hidup sehat.

Oleh karena itu agar hal ini tidak terjadi pada buah hati Anda, sebagai orang tua rajin-rajinlah untuk berkomunikasi dengan buah hati Anda. Bantulah mereka untuk meredakan stres yang mereka alami agar mereka tidak mengalami gangguan pola makan yang berakhir dengan obesitas.



Sumber Artikel: https://www.merdeka.com/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Trauma, Salah Satu Faktor Pencetus Obesitas pada Remaja
« on: May 04, 2018, 04:32:25 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab