FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Apa Saja Perubahan Bentuk Payudara Ketika Sedang Hamil  (Read 113 times)

Offline tiatio

  • Newbie
  • *
  • Posts: 4
Apa Saja Perubahan Bentuk Payudara Ketika Sedang Hamil
« on: April 26, 2018, 03:17:09 PM »


    Salah satu hal yang mereka takutkan dalam fase kehamilan adalah perubahan bentuk fisik, seperti perut yang membesar, kaki yang bengkak, serta payudara yang mulai berubah bentuk. Walaupun hal tersebut bersifat natural, tidak sedikit ibu yang merasa tidak nyaman atas perubahan tersebut, terutama pada payudara.

    Nah, mau tahu seperti apa saja bentuk perubahan dari payudara ini?

    • Membesarnya ukuran payudara

    Perubahan ukuran payudara saat hamil umumnya mulai terlihat pada minggu ke-6 kehamilan. Pasalnya, mulai dari awal kehamilan, pasokan aliran darah dan jumlah jaringan lemak di dalam payudara bumil akan meningkat.
    Tujuannya? Tentu saja untuk mempersiapkan kelenjar susu dan membantu perkembangan saluran susu demi si jabang bayi. Tak hanya itu, puting susu bumil juga akan membesar di masa kehamilan.

    Jika bumil merasa terganggu dengan ukuran payudaranya, banyak kok metode senam dan yoga yang bisa digunakan sebagai cara mengecilkan payudara jika fase kehamilan telah usai.


    • Payudara mengeras
    Fase kehamilan juga ditandai dengan mengerasnya puting payudara, karena tubuh sudah mulai memproduksi ASI. Nah, karena bayi belum lahir dan ASI terus disimpan di dalam payudara di masa kehamilan inilah yang membuat payudara akan terasa keras.


    • Berubahnya warna payudara

    Pada saat masa kehamilan, umumnya warna kulit di sekitar puting susu dan areola -wilayah gelap di sekitar puting- akan berubah menjadi semakin gelap.


    • Timbul rasa sakit dan nyeri pada payudara
    Rasa sakit dan nyeri pada payudara dapat menyerang 90% wanita yang tengah hamil, lho. Rasa sakit ini muncul karena adanya perubahan pada kadar hormon progesteron dan estrogen di dalam tubuh bumil, nih.

    Selain rasa sakit, rasa nyeri juga dapat menyerang payudara saat hamil. Rasa nyeri ini diakibatkan oleh pembentukan dan pengumpulan ASI yang sudah dimulai dalam payudara, serta sel-sel payudara yang membengkak.


    • Terjadi kebocoran

    Ketika usia kehamilan menginjak 16 minggu, seringkali terjadi kebocoran kolostrum (suatu cairan berwarna keemasan yang merupakan bentuk ASI wanita yang dihasilkan saat hamil) dari puting bumil.


    • Beratnya semakin bertambah
    Karena aliran darah yang mengalir ke payudara semakin bertambah, mengakibatkan payudara akan terasa semakin berat. Selain itu, kelenjar-kelenjar di dalam payudara juga semakin besar sehingga berat payudara pun turut bertambah.


    • Pembuluh darah menjadi terlihat

    Ketika sedang hamil, payudara bumil seakan menjadi transparan dan terlihat serat berwarna biru dan hijau yang membentang di bawah permukaan kulit. Tenang saja, ini hal yang wajar, akibat dari membesarnya pembuluh darah yang juga menandakan bahwa aliran darah di payudara semakin kencang dan banyak.


    • Adanya sensasi baru
    Munculnya rasa yang mengganjal seperti sensasi rasa gatal, rasa geli menggelitik, hingga rasa seperti tertusuk di bagian payudara dapat dialami bumil saat sedang hamil. Jika tidak tahan dengan sensasi tersebut, bumil bisa meredakannya dengan mengoleskan pelembap pada payudara di malam hari.


    • Berbintik-bintik

    Fase kehamilan juga dapat membuat payudara bumil jadi dipenuhi bintik merah yang biasa disebut Montgomery's turbucles. Ingat ya, bumil jangan menggaruknya, karena dapat menyebabkan luka dan infeksi pada kulit. Hal ini wajar terjadi, kok, dan bintik-bintik tersebut akan hilang sendiri pada waktunya.

    Nah, itulah 9 perubahan pada payudara yang biasa terjadi pada fase kehamilan. Yang penting, pastikan asupan nutrisi si jabang bayi tetap terpenuhi, ya![/list]
    « Last Edit: April 27, 2018, 09:55:06 AM by yeobeseyo »

    Offline BuAntha

    • Newbie
    • *
    • Posts: 18
    Re: Apa Saja Perubahan Bentuk Payudara Ketika Sedang Hamil
    « Reply #1 on: May 21, 2018, 10:29:11 AM »
    Memang ya, payudara dan pregnancy seolah gak terpisahkan gitu. Buktinya, banyak perempuan merasakan nyeri payudara saat hamil (referensi artikel: nutriclub.co.id) Like i mean, waktu mau hamil saja payudara sudah berulah, eh pas kandungan makin menjadi tingkahnya nggak ngerti lagi. Eh btw ada yang punya tips nggak untuk ngatasin rasa nggak nyaman di payudara?
    « Last Edit: May 21, 2018, 04:51:32 PM by yeobeseyo »

    FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

    Re: Apa Saja Perubahan Bentuk Payudara Ketika Sedang Hamil
    « Reply #1 on: May 21, 2018, 10:29:11 AM »


     



    Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab