FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Kapan Waktu Paling Tepat Menggunakan Alat KB?  (Read 266 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 475
    • Email
Kapan Waktu Paling Tepat Menggunakan Alat KB?
« on: April 06, 2018, 04:55:57 PM »
Oleh: Anisha


Seperti yang kita ketahui, alat kontrasepsi digunakan untuk menunda kehamilan. Kontrasepsi pun digunakan sebagai salah satu cara untuk meningkatkan keselamatan ibu dan bayi dengan cara mengatur jarak kelahiran.

Untuk mencapai tujuan yang tercapai, Anda perlu mengetahui kapan waktu yang tepat menggunakan alat kontrasepsi. "Sebaiknya setelah hamil, gunakan alat kontrasepsi setelah 40 hari kelahiran," ujar dr. Boy Abidin, SpOG saat ditemui di bilangan Cikini, Jakarta Pusat.

Alat kontrasepsi pun dibagi menjadi dua macam, hormonal dan non hormonal. Metode KB non-hormonal dianggap yang sangat cocok untuk ibu yang menyusui, salah satunya yaitu Metode Amenore Laktasi (MAL). Sedangkan metode non-hormonal lainnya adalah kondom, Alat Kontrasepsi Dalam Rahim (AKDR), Kontrasepsi Mantap (Tubekstomi dan Vasektomi).

"Untuk pemilihan alat kontrasepsi bagi ibu menyusui memang harus hati-hati. Pilihlah yang tidak menggangu ASI seperti berkurangnya ASI," tambah dr. Boy. Namun, WHO sebagai badan kesehatan dunia menyarankan agar ibu mulai menggunakan KB hormonal yang tidak mengandung progesteron. "KB hormonal seperti menggunakan pil KB, dan pilihan pil yang tidak mengandung esterogen," ungkap dr. Boy.



Sumber Artikel: https://feed.merdeka.com/trend/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Kapan Waktu Paling Tepat Menggunakan Alat KB?
« on: April 06, 2018, 04:55:57 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.