FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Epilepsi  (Read 432 times)

Offline userid8285

  • Newbie
  • *
  • Posts: 4
Epilepsi
« on: March 26, 2018, 05:57:37 PM »
Gejala & Penyebab Epilepsi

Dalam dunia medis, seseorang yang mengalami kejang sebanyak lebih dari satu kali patut dicurigai sebagai salah satu gejala dari penyakit epilepsi atau yang lebih dikenal dengan sebutan penyakit ayan. Berdasarkan data dari WHO, kurang lebih 50 juta orang di dunia hidup dengan epilepsi. Angka ini yang semakin bertambah sekitar 2.4 juta setiap tahunnya. Tingginya angka pertambahan kasus epilepsi dilihat terjadi pada negara berkembang. Di Indonesia, data kasus epilepsi paling sedikit 700.000-1,4 juta. Sekitar terdapat kurang lebih 40-50 persen kasus epilepsi terjadi pada anak-anak.

Penyakit ini tidak memandang usia, meski umumnya penderita sudah terkena sejak masa kanak-kanak. Beberapa ahli menduga bahwa kondisi ini disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Beberapa faktor lain seperti luka berat di kepala, tumor otak, dan stroke juga diketahui sebagai faktor dari epilepsi. Kerusakan atau perubahan yang terjadi di dalam otak juga diketahui sebagai inti dari penyebab pada sebagian kecil kasus epilepsi.

Penderita epilepsi perlu berhati-hati dalam memperhatikan kesehatannya terutama ketika gejala mulai menyerang. Sebab penyakit ini juga termasuk penyakit yang dapat membahayakan nyawa penderitanya langsung terutama ketika penderita mengalami kejang saat berkendara yang bisa menyebabkan kecelakaan langsung pada penderita.  Oleh karena itu, penderita perlu secara teratur untuk berkonsultasi dengan dokter dan juga menjaga ketat pola makan dan hidup.

Obat & Pencegahan Epilepsi

Meskipun saat ini belum ada obat atau metode yang dapat menyembuhkan kondisi ini sepenuhnya. Namun, obat seperti antiepilepsi atau OEA diketahui dapat mencegah terjadinya kejang sehingga penderita tetap dapat melakukan aktivitas secara normal. Selain itu, penanganan terhadap penderita epilepsi juga dapat dilakukan dengan menunjang pola hidup yang sehat seperti olahraga secara teratur dan menghentikan konsumsi minuman beralkohol secara perlahan serta menjalani diet khusus yang baik dan sudah terekomendasi dengan baik oleh dokter.
« Last Edit: April 03, 2018, 04:02:05 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Epilepsi
« on: March 26, 2018, 05:57:37 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.