FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Fakta-fakta yang Harus Diketahui Para Wanita Tentang Aplikasi Kesuburan  (Read 354 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 457
    • Email
Oleh: Humaira




Pada era yang canggih ini, rasanya smartphone dapat melakukan apa saja sesuai kemampuan dan perintahmu. Banyak aplikasi-aplikasi yang membantu kita dalam memudahkan kehidupan sehari-hari, mulai dari aplikasi transportasi, penunjuk jalan, aplikasi terapi anak-anak, dan bahkan aplikasi kesuburan. Nah, mungkin banyak para cewek yang gak tahu jika aplikasi pemantau kesuburan wanita itu ada.

Bukan hal baru, tapi mungkin aplikasi ini masih cukup asing di Indonesia. Aplikasi kesuburan atau fertility app adalah aplikasi yang membantu wanita dalam memeriksa dan merencanakan waktu kehamilan.

Dengan berbasis Google Calendar, aplikasi ini merancang kebutuhan kehamilanmu secara efisien disertai dengan perkiraan tanggal. Aplikasi ini juga menyediakan beberapa hal yang harus kamu pahami di masa kehamilan. Hebat bukan?

Walau terdengar sangat membantu dan menjaga efisiensi, beberapa dari aplikasi yang tersedia tidak bisa menjadi patokan secara langsung. Peneliti dari Pusat Medis Universitas Georgetown menyatakan bahwa kebanyakan dari aplikasi yang mereka teliti tidak menggunakan metode ilmiah dan berdasarkan bukti untuk memprediksi kesuburan. Peneliti ini meneliti 95 aplikasi, dan menemukan 55 aplikasi yang tidak menggunakan metode yang benar. Namun, di antara aplikasi-aplikasi kesuburan ini, tentu ada aplikasi kesuburan yang benar-benar sesuai dengan standar medis.

Aplikasi ini memang bisa membantu para wanita yang hamil jika tidak salah pilih aplikasi. Di antara aplikasi kesuburan yang ada, ada enam aplikasi yang memiliki prediksi yang akurat dalam hal kesuburan, yaitu: Ovulation Mentor, Sympto, iCycleBeads, LilyPro, Lady Cycle dan MyNFP. Aplikasi ini dapat diunduh di smartphone-mu dan kamu bisa buktikan sendiri bagaimana efisensinya.

Tetapi, dalam memeriksa kesuburan, tentunya tidak cukup menggunakan aplikasi semata saja. Kamu tetap perlu pergi ke dokter. Dianjurkan kepada wanita, pertama kali untuk mendapatkan instruksi dari ahli yang telah terlatih sebelum belajar untuk melihat tanda-tanda kesuburanmu. Minta para ahli juga utuk merekomendasi aplikasi yang mana yang cocok untuk kamu pakai dalam hal akurasinya.



Sumber Gambar dan Artikel: https://life.idntimes.com/women/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab