FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Betapa Menakjubkan Perkembangan Motorik Anak 3 Tahun  (Read 310 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 30
Betapa Menakjubkan Perkembangan Motorik Anak 3 Tahun
« on: March 13, 2018, 09:55:46 AM »

Golden age merupakan masa di mana perkembangan motorik anak 3 tahun sangat signifikan. Pada usia tersebut, perkembangan sel otak sangat masif sehingga hal tersebut pula berimbas pada perkembangan motorik, kasar dan juga halus.

Sayangnya, beberapa balita 3 tahun justru mengalami keterlambatan dalam perkembangannya. Ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Sebagai orang tua, tentu ibu ingin sekali melihat tumbuh kembang balita 3 tahun bagus, bukan?

Ada beberapa hal yang bisa ibu lakukan seperti memastikan anak mendapatkan nutrisi yang cukup serta stimulus yang tepat. Namun, ibu juga harus tahu seperti apa tahap tumbuh kembang motorik anak 3 tahun. Ini penting agar ibu tidak memaksakan tumbuh kembang anak padahal si kecil belum bisa melakukan hal tersebut.


Tahap Perkembangan Motorik Balita 3 Tahun

Sebelumnya, ibu harus ingat ada dua jenis perkembangan motorik, yaitu perkembangan motorik halus dan kasar. Perkembangan motorik halus itu gerakan yang dilakukan dengan mengunakan otot halus seperti gerakan menggambar dan mewarnai. Sementara itu, perkembangan motorik kasar itu menggunakan otot besar seperti kegiatan berjalan dan melompat.
Lalu, apa yang bisa dilakukan oleh balita 3 tahun? Informasi berikut ini menjadi patokan apakah balita ibu memiliki tumbuh kembang yang normal atau justru mengalami keterlambatan.


-   Motorik Halus

Perkembangan motorik balita itu dipengaruhi oleh setidaknya dua hal, yaitu nutrisi otak dan otot. Jika salah satunya kurang bagus, perkembangan motorik terganggu. Otak bagus tapi otot tidak kuat juga tidak bisa bergerak. Sementara otot bagus dan otak tidak berkembang bagus membuat pergerakan yang dilakukan oleh anak susah dikontrol.

Namun, motorik halus itu lebih dipengaruhi oleh kegiatan yang dilakukan. Jadi, ibu harus lebih variatif memberikan kegiatan agar perkembangan motorik halus anak semakin bagus.

Contohnya saja melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai. Ini kegiatan yang bagus untuk perkembangan motorik halus anak. Agar ototnya lebih terlatih, ibu bisa berikan permainan balok. Jadi, anak menumpuk balok.


-   Motorik Kasar

Anak usia 3 tahun seharusnya sudah bisa berjalan. Hanya saja, ada juga yang belum bisa berjalan. Biasanya, ketika bayi, si kecil mengalami masalah dengan otot dan tulang. Atau jangan-jangan bayi lahir dalam keadaan prematur dan ia tidak mendapatkan perawatan yang lebih. Pada dasarnya, bayi prematur ini memiliki keterlambatan dalam perkembangan. Diperlukan percepatan dengan cara perawatan khusus agar perkembangannya sama dengan bayi lahir normal.

Untuk kasus keterlambatan perkembangan motorik anak, sebaiknya ibu konsultasikan dengan dokter. Sementara itu, jika tidak ada masalah dalam perkembangan balita, ibu bisa mengajak latihan fisik seperti lari, melompat, jalan zig-zig, atau naik sepeda. Ini cara yang bagus untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak 3 tahun.

Yang pasti, ibu harus tahu apa yang bisa dilakukan oleh anak usia 3 tahun. Jangan sampai ibu memaksakan anak untuk melakukan kegiatan yang secara umum di usia tersebut ia belum mampu.


Anak-Anak Hebat Di Usia 3 Tahun

Seperti yang sudah disingung sebelumnya, balita 3 tahun itu sedang dalam masa golden age atau masa keemasan karena sel otak sangat banyak dan berpotensi berkembang. Hal itu pula yang mempengaruhi perkembangan fisik dan juga motorik anak.
Maka dari itu, bukan hal yang aneh jika ada anak usia 3 tahun yang sudah terlihat potensinya. Ada balita 3 tahun yang sudah mampu memainkan alat musik tertentu. Ada juga yang pintar dalam hal olahraga. Setidaknya, pada usia tersebut, sudah terlihat bakat alami yang ada pada diri balita tersebut.

Apakah balita ibu bisa melakukan hal tersebut? Tentu saja. Yang terpenting, si kecil memiliki perkembangan motorik anak yang bagus. Selain itu, orang tua memberikan pendidikan yang tepat.


-   Berikan Banyak Peluang

Ketika masih kecil, sebisa mungkin ibu memberikan semua peluang. Artinya, ibu memberikan anak untuk mencoba hal-hal baru yang berbeda. Biarkan ia bermain permainan yang beda. Biarkan ia mencoba alat musik yang berbeda. Biarkan ia lari. Biarkan ia melompat. Biarkan ia menendang atau memasukkan bola ke keranjang.

Ini penting agar ibu tahu kesukaan sang buah hati. Ada kemungkinan ada dari semua kesukaan tersebut merupakan bakat si kecil. Tidak perlu khawatir. Biarkan anak melakukan apa yang ia sukai.


-   Seleksi

Anak kecil tentu suka untuk melakukan hal yang menyenangkan. Bisa saja ada lebih dari 5 hal yang disukai oleh sang buah hati. Namun, ibu sebiaknya melakukan seleksi. Cari mana yang paling disukai oleh si kecil. Setelah tahu, kembangkan.

Jika anak suka menyanyi, teruslah memberikan lagu dan musik yang berbeda. Jika anak suka bermain di kolam renang, tidak salah jika ibu mendatangkan guru les renang. Fokus pada apa yang ia paling sukai dan apa yang ia kuasai.

Apakah hal tersebut tidak memforsir balita? Tidak selama ibu tidak memaksa tapi kegiatan tersebut dilakukan karena si kecil suka. Meskipun demikian, ibu juga bertanggungjawab untuk menjaga kesehatan sang buah hati. Jangan sampai gara-gara fokus pada pengembangan motorik balita justru membuat kondisi tubuh si kecil drop. Harus ibu atur kapan anak bermain dan belajar serta kapan waktu untuk istirahat.
Yang pasti, ibu sebagai orang tua sangat berpengaruh dalam tumbuh kembang anak. Apalagi yang terkait dengan perkembangan motorik. Sepertinya ibu harus hadir dan ikut serta membuat perkembangan motorik anak optimal.



Sumber Artikel: www.nutriclub.co.id
« Last Edit: March 14, 2018, 12:06:16 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Betapa Menakjubkan Perkembangan Motorik Anak 3 Tahun
« on: March 13, 2018, 09:55:46 AM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab