FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Manfaat Imunasasi Bukan Untuk Anak Ibu Saja  (Read 714 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45
Manfaat Imunasasi Bukan Untuk Anak Ibu Saja
« on: March 05, 2018, 10:19:29 AM »

Jika ingin tahu manfaat imunisasi, cukup lihat apa yang terjadi di Asmat, Papua. Akhir-akhir ini, sering kali adanya pemberitaan mengenai kejadian luar biasa atau KLB yang terjadi di Asmat, Papua. Banyak penduduk yang meninggal dunia karena wabah campak. Dan akar pemasalahannya adalah tidak didapatkannya imunisasi campak untuk penduduk Suku Asmat.

Jadi, bisa disimpulkan bahwasannya imunisasi itu tidak hanya bagus untuk anak yang mendapatkan imunisasi saja, tapi juga semua orang. Dengan cara imunisasi, virus campak semakin tidak mendapatkan tempat untuk berkembang. Akibatnya, campak akan hilang. Sebaliknya, jika ada sebagian yang tidak mendapatkan imunisasi, kemungkinan besar campak terus berkembang dan siap untuk menyerang banyak orang.


Penolakan Terhadap Imunisasi

Beda kasus antara di Asmat dan daerah lain. Di Asmat, memang sulit sekali bagi petugas kesehatan untuk menjangkau lokasi dan memberikan imunisasi. Apalagi Suku Asmat nomaden. Mereka sering berpindah-pindah. Setidaknya dua faktor tersebutlah yang menyebabhkan banyak suku Asmat yang terkena campak karena tidak mendapatkan imunisasi.

Namun, beda dengan beberapa daerah lainnya. Bukan tidak mendapatkan imunisasi tapi tidak mau mendapatkan imunisasi. Alasannya bermacam-macam. Ada yang menggunakan dalih agama padahal pemuka agama sudah menyatakan imunsasi itu bagus, tidak haram.
Jika yang digunakan adalah dalih agama, sepertinya mereka tidak mempan ketika dibujuk dengan menjelaskan manfaat dari imunisasi. Dan sebenarnya yang dikhawatirkan adalah kejadian yang terulang lagi seperti yang terjadi di Asmat. Hanya saja, penyebabnya saja yang beda. Jika Suku Asmat tidak mendapatkan imunisasi lantaran sulitnya petugas untuk menjangkau lokasi, orang yang tidak mau disuntik terkena campak karena penolakan terhadap imunisasi.

Beruntung jika ibu tidak memiliki pemahaman seperti itu. Sudah jelas banyak sekali manfaat imunisasi, tidak hanya individu tapi juga seluruh masyarakat. Dengan mendapatkan suntik imun, ibu sudah ikut serta dalam pencegahan dan pemberantasan virus yang berbahaya, terutama campak.

Yang menjadi masalah lain adalah anak yang takut saat disuntik. Ibu harus punya trik agar anak tidak takut diimunisasi.


Agar Anak Tidak Takut Saat Diimunisasi

Pernah lihat kan video anak sekolah dasar yang menangis karena tidak mau diimunisasi? Mungkin juga anak ibu mengalami hal yang sama. Akan tetapi, tenang. Ada trik yang bisa ibu coba.

1.   Metode Pengalihan

Ini mungkin yang pernah ibu lakukan. Banyak orang tua yang menggunakan cara ini. Mengalihkan fokus anak kepada yang lain seperti membelikan mainan baru saat akan disuntuk imunisasi. Mainan tersebut dibawa saat bidan atau dokter menyuntik imunisasi. Akibatnya, anak merasa senang dan sama sekali tidak fokus pada imunisasi.

Dalam hal ini, pengalihan bisa dilakukan dengan menggunakan apa saja yang disukai oleh si kecil. Ibu bisa meminta anak memegang boneka, susu, minuman favorit, dan lain sebagainya. Atau bisa saja ibu mengalihkan dengan memutarkan video kesukaannya.


2.   Buat Anak PD

Sebenarnya, metode pengalihan hanya membuat anak tidak terlalu merasakan sakit. Namun, jika awalnya memang anak takut, tetap saja rasa takut itu masih ada.

Ibu bisa coba meningkatkan PD atau percaya diri anak. Besarkan hatiknya kalau ia tidak lagi anak kecil. Maka dari itu, ia tidak boleh menangis. Katakan jika anak pintar itu tidak takut untuk disuntik.

Dengan cara ini, ia tidak akan menangis saat disuntik. Lebih dari itu, ada keberanian yang membuat anak ibu tidak akan menangis.


3.   Memberikan Air Putih

Beberapa ahli medis mengatakan anak yang minum air putih sebelum disuntik tidak terlalu merasakan rasa sakit yang berlebihan. Ibu juga bisa coba cara yang satu ini.

Terkadang ada rasa tidak tega ketika melihat anak disuntik. Itu rasa yang wajar dirasakan oleh seorang ibu. Namun, lebih tidak tega mana antara anak disuntik dengan anak yang terkena penyakit seperti campak lantara tidak mendapatkan imunisasi? Ibu pasti tahu jawabannya.
Panas Setelah Imunisasi

Di samping manfaat imunisasi, ada juga efek negatifnya, terutama setelah anak disuntik. Beberapa anak mengalami peningkatkan suhu tubuh. Hal tersebutlah yang membuat seorang bidan biasanya memberikan obat penurun panas setelah anak mendapatkan imunisasi.
Akan tetapi, obat penurun panas ini hanya bersifat opsional saja. Artinya, jika anak panas tapi tidak terlalu tinggi, sebaiknya ibu tidak memberikan obat tersebut. Sebenarnya, obat tersebut hanya diberikan jika panas anak begitu tinggi. Pasalnya, panas yang begitu tinggi bisa membuat anak berisiko mengalami kejang-kejang. Hal buruk inilah yang harus dihindari.

Sebenarnya, ada cara lain agar anak tidak panas setelah diimunisasi. Untuk bayi atau balita yang masih mendapatkan ASI, berikan ASI sebanyak mungkin. Sebaiknya, segera tidurnya si kecil setelah imunisasi. Ini akan membuat anak tenang dan tidak rewel ketika mengalami panas.

Selain itu, usahakan agar ibu memakaikan pakaian yang hangat. Setelah imunisasi, sebaiknya tidak perlu memandikan si kecil, apalagi dengan menggunakan air dingin. Ibu bisa mandikan besoknya lagi.


Pada intinya, ada banyak sekali manfaat vaksinasi atau yang juga disebut dengan imunisasi ini. Dan banyak sekali jenis imunisasi yang harus didapatkan oleh si kecil. Pastikan anak ibu mendapatkan imunisasi lengkap agar ia bisa tumbuh menjadi anak yang sehat. Ia tidak lagi mudah sakit ketika dewasa. Bukankah itu yang ibu inginkan? Jadi, tidak ada alasan untuk tidak melakukan imunisasi toh beberapa jenis imunisasi ditanggung oleh pemerintah, alias gratis.



Sumber Artikel: https://bebeclub.co.id/article/
« Last Edit: March 06, 2018, 03:38:55 PM by yeobeseyo »

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 33
Re: Manfaat Imunasasi Bukan Untuk Anak Ibu Saja
« Reply #1 on: March 19, 2018, 10:51:17 AM »
Wah, berhubung manfaat imunisasi cukup besar, tips disini bermanfaat sekali! Terima kasih mom!
« Last Edit: March 20, 2018, 08:19:19 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Manfaat Imunasasi Bukan Untuk Anak Ibu Saja
« Reply #1 on: March 19, 2018, 10:51:17 AM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.