FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Balita Yang Sangat Membutuhkan Susu Formula Soya  (Read 557 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45
Balita Yang Sangat Membutuhkan Susu Formula Soya
« on: February 14, 2018, 10:14:03 AM »

Ada beberapa balita yang memang membutuhkan susu formula soya. Contohnya saja seorang anak yang alergi terhadap susu sapi. Agar kebutuhan gizinya terpenuhi, susu soya bisa dijadikan pengganti susu sapi.

Akan tetapi, bukan berarti balita yang alergi terhdap susu sapi saja yang boleh mengkonsumsi susu soya ini. Toh kandungan gizinya juga tak kalah lengkap jika dibandingkan dengan susu sapi.

Sayangnya, banyak hal salah yang dipahami oleh masyarakat. Ada yang bilang susu sapi itu jauh lebih baik daripada susu soya. Benarkah demikian?


Susu Sapi vs Susu Soya

Jika ibu ingin mengetahui mengenai mana yang lebih bagus antara susu sapi dengan susu soya, tentu banyak faktor yang harus dijadikan pertimbangan. Sekarang ibu jawab dulu, apakah gizi yang sangat tinggi bisa memastikan susu itu lebih baik?

Jika dilihat dari kaca mata kesehatan, belum tentu. Pasalnya, belum tentu balita membutuhkan gizi dalam jumlah yang banyak. Dalam hal ini, ibu harus tahu kebutuhan gizi setiap balita itu berbeda-beda. Itulah mengapa ada anak balita yang alergi terhadap makanan tertentu atau bahkan susu sapi. Ibu tahu mengapa? Kemungkinan besar mereka intoleran terhadap kandungan protein yang terlalu tinggi.

Maka dari itu, jika dikatakan susu formula soya itu kurang bagus, belum tentu juga. Bahkan, susu soya ini lebih bagus dibandingkan dengan susu sapi jika balita ibu mengalami alergi susu sapi. Itu artinya ibu membutuhkan kandungan protein dari susu soya yang terbuat dari kedelai, bukan dari susu sapi.

Sayangnya, sudah terlanjut menyebar anggapan bahwa susu sapi itu jauh lebih baik dariapada susu soya. Dan anggapan tersebut didasarkan pada kandungan gizi, terutama protein yang tinggi di dalam susu sapi.

Untuk itulah, anggapan tersebut harus diluruskan. Beruntung sekarang ini sudah ada produk susu formula soya untuk anak 1 tahun yang kandungan gizinya sangat lengkap. Di dalam susu tersebut, terdapat kandungan nutrisi yang sangat dibutuhkan oleh balita seperti omega 3, zat besi, selenium, antioksidan, dan lain sebagainya. Bahkan, di dalam susu soya tersebut terdapat tambahan lainnya yaitu taurine yang membuat kebutuhan protein anak pasti terpenuhi.

Jadi, masih menganggap susu soya itu kurang bagus untuk anak?


Susu Hanya Suplemen

Kesalahan lainnya adalah anggapan bahwa susu itu penentu perkembangan anak. Ini kesalahan yang sangat fatal. Karena hal tersebut, banyak orang tua yang mati-matian untuk memberikan susu yang terbaik meskipun harganya sangat mahal. Menurut mereka, itu dilakukan agar anak berkembang lebih maksimal.

Padahal tidak demikian. Setidaknya ada 2 hal yang harus dikoreksi.

Susu itu Suplemen

Karena suplemen, jadi susu itu bukan yang utama. Artinya, susu bukan sumber nutrisi yang paling utama. Sumber nutrisi utama untuk anak adalah makanan. Makanan lah yang sangat menentukan bagaimana perkembangan anak.


Susu Yang Terbaik Tidak Selalu Mahal

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, susu yang terbaik itu bukan susu yang kandungan gizinya terbanyak dan terlengkap. Itu juga artinya susu yang bagus itu bukan susu yang harganya mahal, melainkan susu yang kandungan gizinya sesuai dengan yang dibutuhkan sang buah hati.

Maka dari itu, ibu harus mulai berpikir jernih. Mulai saat ini, buatkan makanan yang bergizi untuk sang buah hati. Ingat, susu hanya supelemen. Meskipun demikian, bukan berarti ibu bisa asal-asalan dalam memilih susu. Jangan juga tidak memberikan susu. Karena sifatnya suplemen, susu lebih berperan untuk memastikan semua kebutuhan gizi harian anak terpenuhi.


Aturan Pemberian Susu

Ibu tahu mengapa banyak balita yang berat badannya di atas normal atau yang sering disebut dengan obesitas? Bukan tidak mungkin hal tersebut disebabkan oleh pemberian susu yang tidak sesuai dengan aturan.

Ada satu hal yang harus ibu ingat. Semakin dewasa anak ibu, semakin sedikit seharusnya susu yang ibu berikan. Dan dalam aturan dokter anak, susu sebaiknya diberikan tidak lebih dari 3 gelas setiap hari. Dan ketika balita sudah mencapai usia 3 atau 4 tahun, frekuensi pemberian susu harus dikurangi.

Ada beberapa alasan mengapa hal tersebut harus ibu lakukan. Pertama, agar balita tidak mengalami obesitas. Sudah bisa dipastikan anak ibu mau mengkonsumsi banyak sekali jenis makanan ketika sudah balita. Begitu juga dengan minuman. Ibu bisa bayangkan bagiamana jika kandungan gizi terlalu banyak ketika ia juga tetap mengkonsumsi susu dalam jumlah yang berlebihan. 

Yang kedua, agar anak mau mencoba berbagai jenis minuman dan makanan. Ada banyak sekali balita yang mogok makan lantaran terlalu sering mengkonsumsi susu setiap hari. Itu juga kurang bagus karena seperti yang sudah disinggung sebelumnya, sumber utama gizi anak itu bukan dari susu, melainkan dari makanan. Susu hanya suplemen saja.

Jadi, setelah ibu membaca informasi yang satu ini, ibu tidak lagi membuat penilain yang salah mengenai susu formula soya. Lebih dari itu, ibu juga lebih obyektif dalam memilih susu untuk anak 1 tahun. setidaknya, ibu sudah tahu memilih susu itu bukan karena kandungan gizinya yang tinggi atau harganya yang mahal. Saat memilih susu untuk anak 1 tahun, ibu harus sesuaikan kandungan gizinya dengan kebutuhan sang buah hati. Akan lebih baik jika ibu ke dokter untuk melakukan medical checkup terlebih dahulu untuk mengetahui kondisi tubuh si kecil. Dengan demikian, ibu bisa memilihkan susu anak 1 tahun yang terbaik.



Sumber: https://bebeclub.co.id/
« Last Edit: February 19, 2018, 04:23:06 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Balita Yang Sangat Membutuhkan Susu Formula Soya
« on: February 14, 2018, 10:14:03 AM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.