FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Jangan sampai kelewatan momen si kecil di usia 3 bulan  (Read 47 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 22
Jangan sampai kelewatan momen si kecil di usia 3 bulan
« on: February 06, 2018, 10:02:13 AM »

Bayi 3 bulan biasanya tidak banyak diperhatikan. Pasalnya pada tahap satu ini orang tua tidak terlalu memusingkan kondisi si kecil. Inilah mengapa sebagian besar orang tua justru melakukan kesalahan dengan cuek terhadap kondisi tubuh bayi. Padahal jika ditilik lebih lanjut, ada beberapa aspek perkembangan yang layak jadi pusat perhatian. Apa saja yang harus dilakukan?

(Saran dibawah ini berdasarkan artikel dokter seputar perkembangan bayi 3 bulan. Setiap anak bisa jadi berbeda satu sama lain)

- Video
smartphone, atau video kamera asli, manapun tidak ada masalah. Tujuan dari membawa kamera video kemana-mana adalah siap mengabadikan momen kata pertama si kecil. Ya, rata rata bayi mulai mengucapkan kata pertama di usia 3 bulan. Inilah mengapa sangat penting bagi ayah bunda abadikan momen pertama si kecil mulai bicara.

Bahkan, kalau orang tua tidak mendapatkan kesempatan mendengar kata pertama di usia 3 bulan, bayi setidaknya sudah mulai berbicara. Sebagian besar membuat gumaman lucu yang sulit dimengerti. Namun, dipadukan dengan ekspreksi bayi yang lucu, duh rasanya sayang kalau tidak diabadikan.

- Cari kursi bayi
Bayi 3 bulan agak tricky, dalam artian si kecil tidak ringan namun juga tidak terlalu berat. Sebagian besar orang tua masih saja mengendong bayi tanpa menyadari adanya perkembangan fisik. Apa madsudnya?

Bayi 3 bulan sebetulnya sudah mulai berlatih untuk duduk. Otot leher mulai kokoh sehingga mampu menopang kepala meski tidak sepenuhnya. Ketika seorang mengangkat kepala, atau setidaknya berusaha menopang kepala sendiri, besar kemungkinan dirinya akan siap duduk. Ada baiknya orang tua mulai melirik kursi bayi,

Lho? apa bedanya kursi bayi dengan kursi biasa? tentu beda.

Kursi biasa dirancang khusus untuk mereka yang sudah bisa duduk sehingga tidak ada keamanan. Sedangkan pada kursi bayi dapat dipastikan bisa memberi topangan yang cukup baik sehingga si kecil lebih aman. Berhubung si kecil sedang belajar, tidak ada salahnya mempersiapkan diri kalau-kalau bayi memang bisa duduk akhirnya.

- Beli mainan anak
Semua bayi senang bermain, rasanya bukan rahasia lagi. Toh agenda hidupnya seolah berputar pada bermain, tidur, dan pergi ke kamar mandi (atau tidak). Nah, diantara semua usia 3 bulan justru menjadi titik utama dimana main sambil belajar sangat mungkin diterapkan.

Di usianya kini bayi mulai mampu melihat sekitar. Sehingga, mainan berwarna akan sangat menarik perhatian sekaligus memicu indera mata dan telinga. Sadar atau tidak si kecil berusaha mengikuti objek yang sedang bergerak. disinilah kemampuan si kecil perlahan tapi pasti berkembang ke arah yang lebih baik.

- Pacu ASI
Air susu ibu merupakan sumber nutrisi yang tidak ada duanya. Di usia 3 bulan pula, air susu masih sangat diperlukan si kecil. Jangan buru-buru membuang kebiasaan menyusui dan mengganti dengan susu formula. Toh, saat ini bayi sangat membutuhkan air susu ibu dibanding jenis nutrisi lainnya.

Alasan kedua adalah bagaimana pencernaan si kecil masih sangat minim. Hanya ada sedikit makanan yang bisa masuk, hal inilah yang menyebabkan air susu ibu masih jadi pilihan terbaik.

Nah itu tadi 4 hal yang sebaiknya dilakukan saat bayi berusia 3 bulan. Sebetulnya masih ada banyak lagi, tergantung pada kondisi si kecil. Toh pada akhirnya bagaimana orang tua kreatif dalam mendidik si kecil akan mempengaruhi perkembangan buah hati kedepan kelak.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Jangan sampai kelewatan momen si kecil di usia 3 bulan
« on: February 06, 2018, 10:02:13 AM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab