FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Berhenti Merokok Bisa Cegah Wanita Menopause Dini  (Read 288 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 471
    • Email
Berhenti Merokok Bisa Cegah Wanita Menopause Dini
« on: January 26, 2018, 04:59:03 PM »
Oleh: Bella Jufita Putri


Menopause merupakan kondisi lumrah yang akan dialami semua wanita. Usia normal wanita menopause biasanya memasuki 50-an. Namun, ada juga wanita yang mengalami menopause sebelum usia tersebut atau yang sering disebut menopause dini.

Mengalami menopause di usia 30-40 merupakan hal yang menakutkan. Penyebab menopause dini terjadi akibat gangguan genetis, gangguan autoimun, kemoterapi atau radiasi, dan merokok.

Menurut American Society of Reproductive Medicine, merokok termasuk salah satu penyebab menopause dini. Beberapa zat kimia dalam rokok seperti nikotin, sianida dan karbon monoksida dapat mempercepat tingkat hilangnya sel telur.

Profesor kebidanan dan kandungan dari Interdisciplinary Program in Menopause Medicine di NYU Langone's School of Medicine, Frederick Naftolin, M.D., PhD, mengatakan sel telur yang hilang atau mati tidak bisa beregenerasi kembali, sehingga rokok menjadi faktor pendukung wanita mengalami menopause dini.

"Wanita yang merokok berisiko satu sampai empat tahun lebih awal mengalami menopause dibandingkan mereka yang tidak merokok," kata Naftolin.

Selain itu, Naftolin menyarankan agar wanita harus rutin beraktivitas fisik untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan bugar, serta memperlambat proses menopause.



Sumber Artikel: http://health.liputan6.com/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Berhenti Merokok Bisa Cegah Wanita Menopause Dini
« on: January 26, 2018, 04:59:03 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.