FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Kenali Benjolan yang Ada di Belakang Puting Pria  (Read 317 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 475
    • Email
Kenali Benjolan yang Ada di Belakang Puting Pria
« on: January 26, 2018, 02:45:02 PM »
Oleh: Aditya Eka Prawira


Ketika wanita menemukan benjolan di sekitar payudara, tidak peduli berapa ukuran benjolan itu, akan membuat ia berpikir bahwa itu adalah kanker. Reaksi seperti ini dirasa wajar, sebab kanker payudara masih menjadi penyakit yang menakutkan di kalangan wanita.

Lantas, bagaimana dengan benjolan yang ada di sekitar payudara pria? Bila ada tonjolan di belakang puting pria, kemungkinan penyebabnya adalah Ginekomastia.

Benjolan ini ukurannya sangat bervariasi, mulai dari 2 cm sampai 10 cm.

Biasanya, ini disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon yang lunak dan memengaruhi jaringan kelenjar di bawah puting. Benjolan ini sering menetap selama beberapa bulan, dan terkadang dapat memberikan tampilan seakan pria memiliki payudara.

Benjolan seperti ini muncul pada pria yang tengah menjalani perawatan untuk kanker prostat, dan remaja laki-laki yang sedang melalui masa pubertas, dan terjadi juga pada pria yang lebih tua.

Semua kelompok ini mengalami perubahan pada kadar hormon seksual, testosteron dan estrogen, yang diduga memicu Ginekomastia.

Pun benjolan ini ada disebabkan pria yang suka mabuk-mabukkan, atau obat tertentu seperti obat gangguan pencernaan dan steroid.

"Jika liver sedang sibuk untuk mogok, banyak alkohol sepertinya lupa untuk mengatur dan mengeluarkan hormon seks, sehingga dapat mengubah dan mengarah ke pengembangan Ginekomastia," kata konsultan bedah payudara di Cochester University Hospital NHS Foundation Trus, Simon Marsh.

Untuk pengobatannya sendiri, biasanya dibiarkan begitu saja. Benjolan ini akan hilang dengan sendirinya, meskipun memakan waktu cukup lama, yaitu satu tahun. Terkadang, dengan obat tamoxifen dalam dosis sangat rendah, akan diberikan untuk membantu dalam tahap pengempesan.

Jika itu ukurannya besar dan menyakitkan, lebih baik untuk dilakukan pengangkatan, melalui jalan operasi.



Sumber Artikel: http://health.liputan6.com/

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Kenali Benjolan yang Ada di Belakang Puting Pria
« on: January 26, 2018, 02:45:02 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.