FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Waspada! Ini Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil  (Read 674 times)

Offline Ka-Chan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 24
Waspada! Ini Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil
« on: December 29, 2017, 02:13:07 PM »
Memiliki keturunan memang dambaan setiap pasangan yang sudah berumah tangga. Hingga setelah bunda dinyatakan hamil, bunda pasti akan menjaganya dengan sepenuh hati. Benar kan bunda?

Namun, terkadang apa yang bunda lindungi dan pertahankan tidak sesuai dengan rencana. Dan peristiwa keguguran pada ibu hamil itu tidak bisa dielakkan lagi. Sedih dan kecewa pasti bunda rasakan, tetapi bunda juga tidak bisa berbuat banyak selain mengikhlaskan serta berharap bisa mendapatkan penggantinya. Waspada gejala dan penyebabnyalah yang harus bunda lakukan.

Apakah keguguran itu?
Menurut American Pregnancy keguguran adalah istilah medis yang digunakan ketika embrio keluar secara spontan sebelum 20 minggu usia kehamilan. Keguguran ini merupakan salah satu masalah kehamilan yang paling ditakuti oleh bunda. Terlebih catatan medis menyatakan 10-15% wanita hamil mengalami keguguran. Angka pastinya belum bida diketahui, karena ada juga bunda yang keguguran tidak mengetahui jika mengalami kehamilan dan keguguran.

Apa sajakah gejala keguguran yang perlu bunda waspadai?
Bunda yang mengalami perdarahan atau bercak darah disertai kram pada bagian bawah perut harus waspada, karena ini adalah gejala utama keguguran. Selain itu bunda juga harus waspada jika vagina mengeluarkan cairan atau jaringan (gumpalan darah) disertai dengan hilangnya tanda kehamilan seperti mual dan nyeri payudara. Sebenarnya perdarahan ringan wajar pada trimester pertama, tetapi bunda tidak ada salahnya untuk waspada.

Apa sajakah penyebab keguguran?
Sebenarnya penyebab keguguran tidak bisa ditentukan secara pasti. Hanya saja banyak pakar meyakini bahwa penyebab keguguran yang utama adalah kelainan kromosom pada bayi, terutama terjadi pada trimester pertama. Kelainan kromosom ini menyebabkan bayi dalam kandungan tidak bisa berkembang secara normal.

Selain penyebab di atas, berikut beberapa penyebab yang harus bunda ketahui agar bisa mencegah terjadinya keguguran.
* Masalah hormonal, infeksi atau masalah kesehatan pada ibu
Masalah hormonal ini bisa saja terjadi akibat polycystic ovary syndrome.  Sedangkan pengaruh infeksi terhadap keguguran ini seperti malaria, rubella, toksoplasmosis, gonore, sifilis, HIV, parvovirus, listeria, dan sebagainya. Pengaruh kesehatan bunda ini misalnya kondisi rahim lemah, struktur rahim yang abnormal, dan penyakit kronis seperti hipertensi parah, gangguan ginjal, lupus, diabetes yang sudah parah.

* Risiko keguguran juga semakin tinggi seiring dengan usia. Bunda yang mengalami kehamilan di atas usia 35 tahun memiliki risiko keguguran yang tinggi.
-Wanita yang hamil di bawah usia 35 tahun memiliki kemungkinan keguguran sekitar 15%
-Wanita yang hamil saat berusia 35-45 tahun memiliki kemungkinan keguguran sekitar 20-35%
-Wanita yang hamil saat berusia di atas 45 tahun memiliki kemungkinan keguguran sekitar 50%

* Selain usia yang terlalu matang, kehamilan di bawah usia 20 tahun juga berisiko tinggi mengalami keguguran. Hal ini terjadi akibat dinding rahim yang belum siap dan kuat untuk menopang embrio.

* Seorang wanita yang pernah mengalami keguguran sebelumnya memiliki kemungkinan risioko terjadinya keguguran sekitar 25% apabila dibandingkan dengan yang belum pernah mengalaminya.
* Mengkonsumsi obat-obatan yang memiliki efek samping negatif untuk janin misalnya obat ibu profen, aspirin, retinoid, misoprostol.
* Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok saat hamil, mengkonsumsi minuman keras atau menggunakan obat-obatan terlarang selama kehamilan, konsumsi kafein berlebihan, kurang istirahat dan melakukan aktivitas yang terlalu berat.
* Berat badan bunda yang kurang atau kelebihan.
Bunda yang tidak menyadari dirinya hamil juga rentan mengalami keguguran. Karena bunda yang tidak mengetahui kehamilannya bisa melakukan hal-hal yang bisa menyebabkan keguguran pada ibu hamil.



Sumber Artikel: www.nutriclub.co.id
« Last Edit: January 02, 2018, 09:45:31 AM by yeobeseyo »

Offline BuAntha

  • Newbie
  • *
  • Posts: 34
Re: Waspada! Ini Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil
« Reply #1 on: January 18, 2018, 01:22:38 PM »
Nambahin juga, keguguran bisa disebabkan pilihan menu makanan yang kurang tepat lho!
Bahkan di pembahasan pantangan ibu hamil ada daftar makanan yang dilarang.
Diantaranya bahkan menyebutkan makanan yang selama ini kita anggap sehat!
« Last Edit: January 22, 2018, 08:44:53 AM by yeobeseyo »

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45
Re: Waspada! Ini Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil
« Reply #2 on: January 19, 2018, 11:32:28 AM »
Kalau kata temen saya harus banyak konsumsi makanan asam folat untuk ibu hamil
« Last Edit: January 22, 2018, 08:45:37 AM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Waspada! Ini Penyebab Keguguran Pada Ibu Hamil
« Reply #2 on: January 19, 2018, 11:32:28 AM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.