FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Ini Bahaya dan Risiko Kehamilan di Usia Remaja  (Read 286 times)

Offline yeobeseyo

  • Global Moderator
  • Sr. Member
  • *****
  • Posts: 469
    • Email
Ini Bahaya dan Risiko Kehamilan di Usia Remaja
« on: December 20, 2017, 03:50:06 PM »
Kehamilan remaja yang terjadi di bawah usia 16 tahun menimbulkan risiko berbahaya. Komplikasi penyakit setelah melahirkan bisa terjadi. Hal ini bisa memengaruhi kondisi fisik dan psikologis si ibu yang masih remaja.

Salah satu yang berbahaya dari kehamilan remaja, yakni anak yang dilahirkan berisiko stunting--kurang gizi kronis yang disebabkan oleh kurangnya asupan gizi dalam waktu cukup lama akibat pemberian makanan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi.

Risiko stunting terjadi karena tidak adanya edukasi yang tepat selama menjaga kehamilan. Status pendidikan remaja dianggap kurang mencukupi.

Selain stunting, ada beberapa risiko lainnya yang membahayakan.

Sebanyak 40 persen atau tiga kali lipat lebih tinggi terjadinya keguguran dan kematian janin. Lalu 2-5 kali lipat ibu remaja mengalami preeklampsia--komplikasi pada kehamilan yang ditandai dengan tekanan darah tinggi (hipertensi) dan tanda-tanda kerusakan organ.

Kematian remaja karena melahirkan di bawah umur juga diakibatkan pendarahan dan infeksi. Nyawa ibu remaja tak dapat diselamatkan.

Terkait dengan organ reproduksi, 2-6 kali lipat lebih tinggi terjadi kerusakan jalan lahir setelah melahirkan.

Dari sisi psikologis, 1-2 dari empat kasus kehamilan remaja, para remaja itu mengalami depresi setelah melahirkan.



Jika anda mencari Komik Edukasi yang menginformasikan bahayanya menikah dini, maka anda dapat mengunjungi website komik.pendidikan.id. Dalam komik yang berjudul ‘Sekolah? Yes! Nikah Muda? No!’ menyampaikan pesan, baik kepada anak-anak maupun orang tua bahwa menikah dini memiliki banyak dampak negatif. Hal ini dikarenakan mental dan fisik anak usia dini masih belum siap menerima pernikahan serta proses kehamilan. Akibatnya, selain mengancam kesehatan ibu dan janinnya, pernikahan juga berpotensi menyebabkan korban depresi atau tertekan. Satu lagi, pernikahan dini di Indonesia telah dilarang oleh negara dan sudah diatur dalam pasal undang-undang.



Download Komiknya Secara GRATIS di sini atau di sini
« Last Edit: December 20, 2017, 03:56:47 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Ini Bahaya dan Risiko Kehamilan di Usia Remaja
« on: December 20, 2017, 03:50:06 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab