FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Melatih Motorik Kasar Anak Dengan Cara Yang Menyenangkan  (Read 538 times)

Offline ani.aya

  • Newbie
  • *
  • Posts: 9
Melatih Motorik Kasar Anak Dengan Cara Yang Menyenangkan
« on: December 12, 2017, 11:05:39 AM »


Dalam melatih motorik kasar anak lewat permainan interaktif hanya rasa gembira yang dirasakan anak. Tapi ia juga bisa belajar banyak tentang dirinya, Anda dan lingkungan sekitarnya. Memang, tak ada yang lebih menyenangkan daripada bermain dengan buah hati tercinta. Apalagi, kegiatan ini bisa pula memperkuat rasa cinta dan kedekatan dengan Anda, guru pertamanya. Tapi perlu diingat bahwa ketertarikan dan rentang perhatian murid kecil. Anda ini berbeda-beda atau terhadap suatu permainan. Jadi, pemberian stimulasi lewat permainan ini sebaiknya tidak berlebihan.

Orang tua harus cermat memperhatikan ekspresi atau sikap tubuh sang anak saat bermain. Jadi, segeralah berhenti bermain dan beristirahat begitu anak memalingkan muka, mengalihkan pandangan matanya, atau rewel. Selain itu, pilihan permainan dapat dilakukan berdasarkan perkembangan keterampilan, sesuai umurnya.  Tingkatkan keterampilan motorik kasarnya. Permainan berikut dapat meningkatkan kemampuan anak dalam menggunakan otot-otot besar pada tangan, kaki, dan tubuh.

Melatih Motorik Kasar Anak Usia 3 Bulan Keatas

Cara melatih motorik bayi usia 3 bulan yaitu dengan main kaki dan tangan. Telentang kan bayi di atas alas yang rata. Sambil menyanyikan lagu favoritnya, tekuk kakinya perlahan-lahan, lalu luruskan kembali. Lakukan beberapa kali. Setelah itu, pegang tangannya, dan gerakkan turun naik perlahan-lahan. Ulangi permainan dalam posisi tidur menyamping atau tengkurap. Manfaat dari cara ini adalah membuat bayi sadar akan tubuhnya. Pada awal kehidupannya, bayi tidak dapat membedakan antara tubuhnya dan tubuh Anda.

Seiring dengan irama lagu yang Anda nyanyikan, Anda juga dapat membantunya melakukan koordinasi gerakan-gerakan yang sederhana. Untuk usia 4-7 bulan Anda bisa melatih si kecil dengan meletakkan bola plastik kecil di atas gelas kertas dengan posisi di luar jangkauan anak. Lalu, tunjukkan bagaimana cara mengambil dan menjatuhkannya. Bila perlu, geser bola hingga dekat dengannya. Manfaatnya yaitu untuk membantu si kecil mengembangkan kemampuan koordinasi tangan, mata dan kakinya. Selain itu, aksi meraih sesuatu akan memberi pemahaman pada anak kalau ia dapat menggerakkan tubuhnya maju.

Dengan begini, ia akan bersemangat untuk merangkak kelak. Untuk usia 8-12 bulan, bayi-bayi usia ini biasanya sudah mulai merangkak. Anda bisa bergabung dengannya. Sebelumnya, tunjukkan padanya Anda menyembunyikan mainan berbunyi di bawah selembar selimut yang dihamparkan di depannya.  Manfaatnya yaitu selain melatih koordinasi dan kekuatan otot-ototnya, permainan ini juga melatih daya ingatnya.

Melatih Motorik Kasar Anak Dengan Sederhana

Ada 4 area penting yang harus diperhatikan orang tua dalam hal perkembangan kecerdasan anak, yaitu Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Motorik serta Kecerdasan Komunikasi. Keempatnya harus berkembang beriringan sehingga perkembangan kecerdasan anak menjadi maksimal. Rangsangan yang tepat akan membuat keempat area kecerdasan tersebut menjadi tumbuh maksimal. Kali ini kami akan membagi tips memberi rangsangan tepat bagi kecerdasan motorik anak umur 0-12 bulan.

Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagaian besar atau seluruh anggota tubuh, yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik. Contoh kemampuan motorik kasar adalah menendang, duduk, berdiri, berjalan berlari, dan naik turun naik tangga. Sedangkan motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan.

Salah satu hal pertama yang Ibu menopang kepala karena bayi tidak bisa melakukannya sendiri sampai sekitar 3 bulan. Setelah otot lehernya kuat, dia akan mampu melakukan mini push-up, mengangkat kepala dan dada dari lantai. Cara menstimulasi motorik kasar bayi usia 3 bulan yaitu dengan cara sebagai berikut;

-Letakkan si kecil dengan posisi tengkurap. Lakukan beberapa kali untuk membiarkan di berlatih.

-Ajaklah si kecil untuk mengangkat kepalanya. Ibu bisa menempatkan cermin atau gambar besar di depannya, atau sejajarkan wajah ibu dengan dia sambil memanggil namanya.

-Membelai kepala dan leher belakangnya, sehingga si kecil akan mengangkat kepalanya.

-Baringkan si kecil dalam posisi terlentang, kemudia bantu si kecil membalikkan posisi tubuhnya.


Sedangkan cara untuk menstimulasi motorik halus yaitu dengan cara sebagai berikut;

-Ketika si kecil mengepalkan telapak tangannya, Ibu bisa membuka kepalan tangannya, sentuh jari jemarinya satu persatu dan luruskan.

-Berikan pijatan lembut pada jari-jari si kecil dan berikan mainan lembut dengan warna-warna menyolok dan bisa mengeluarkan bunyi untuk memancingnya bereaksi.

-Pegang jari-jari tangannya, lalu lakukan gerakan menyilangkan lengan di dadanya. Gerakan ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot lengan atas, bahu dan punggung atas.

Di usia 4-6 bulan ini, bayi sudah bisa memiringkan badan ke sisi kiri dan kanan tubuh, tengkurap, menggunakan tangan untuk mendukung diri sambil duduk, menggulingkan badan, dan menggunakan kedua tangan untuk mengesplorasi mainan. Cara menstimulasi motorik kasarnya yaitu dengan;

-Membunyikan mainan di atas kepala si kecil dan pindahkan mainan secara perlahan ke salah satu sisinya. Hal ini akan merangsang si kecil untuk memiringkan dan menggulingkan badan.

-Baringkan dalam posisi tengkurap lalu membunyikan mainan dari atas atau depan agar si kecil mengangkat kepalanya. Ativitas ini dapat melatih otot lehernya.


Untuk menstimulasi motorik halus yaitu dengan;

- Berikan mainan yang memiliki pegangan dan bisa digigit agar si kecil terus menggenggam.

-Letakkan si kecil dalam posisi tengkurap. Letakkan mainan berwarna-warni dalam jangkauannya dan biarkan bayi mencoba untuk meraih benda-benda tersebut.

-Kenalkan si kecil dengan beragam tekstur benda-benda di rumah, seperti kain yang halus, kasar dan berbulu.

Itu tadi pembahasan mengenai cara melatih motorik kasar anak yang bisa Anda coba pada buah hati Anda. Semoga membantu


Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45
Re: Melatih Motorik Kasar Anak Dengan Cara Yang Menyenangkan
« Reply #1 on: December 13, 2017, 09:48:40 PM »
Sekedar menambahkan detail untuk perkembangan melatih motorik anak

Offline Ka-Chan

  • Newbie
  • *
  • Posts: 24
Re: Melatih Motorik Kasar Anak Dengan Cara Yang Menyenangkan
« Reply #2 on: December 22, 2017, 05:09:27 PM »
bagus sekali infonya. terima kasih ya. Nanti aku dan suami mau praktekkin ah. Duh, gemes liat dia  :-* :-*

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Melatih Motorik Kasar Anak Dengan Cara Yang Menyenangkan
« Reply #2 on: December 22, 2017, 05:09:27 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.