FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Sharing penyebab bayi sulit tidur dan cara mengatasinya  (Read 34 times)

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 16
Sharing penyebab bayi sulit tidur dan cara mengatasinya
« on: December 05, 2017, 07:23:46 PM »
Kehadiran bayi di tengah keluarga pasti membawa keceriaan tersendiri bagi seluruh penghuni rumah. Tingkah polahnya setiap hari menjadi pusat perhatian. Perasaan bahagia Ibu melihat buah hati bahkan mengalahkan rasa sakit dan lelah saat melahirkan.
Keberadaan bayi di rumah selain membawa kebahagiaan juga merubah beberapa kebiasaan bagi Ibu, terutama berkaitan dengan kebiasaan tidur bayi. Seringnya bayi terbangun di malam hari sudah pasti akan mengganggu pola tidur Ibu. Namun kadangkala yang terjadi adalah kebiasaan orang tua membuat bayi tidur tidak teratur. Kebiasaan-kebiasaan dari orang tua yang membuat bayi tidak teratur, di antaranya:
1. Ibu asyik menggunakan HP ketika sedang menemani bayi tidur. Gerakan Ibu bisa mengganggu kelelapan bayi. Ketika menemani bayi tidur, matikan HP dan jauhkan bayi dari perangkat elektronik ya, Bu.

2. Suasana kamar yang terang sehingga bayi merasa hari masih siang. Bukannya kembali tidur, bisa jadi dia akan mengajak bermain.
Suasana rumah yang bising. Bisa jadi karena suara orang ngobrol atau suara dari televisi.

3. Ketika bayi terbangun, Ibu tidak segera memberinya minum. Ingat, salah satu alasan bayi bangun adalah karena ia merasa lapar.

4. Tidak teraturnya jam tidur bayi. Ketika bayi tertidur lama, lebih dari 2 jam, bayi dibiarkan saja, tidak dibangunkan. Sehingga bayi merasa cukup tidur, akhirnya ketika saatnya jadwal tidur berikutnya tiba, bayi justru terlihat segar.
Untuk menghindari hal tersebut, maka Ibu harus menciptakan rutinitas tidur untuk bayi. Kebiasaan-kebiasaan yang dapat diterapkan antara lain dengan membiasakan bayi tidur siang secara teratur dan tidak terlalu lama. Jangan takut untuk membangunkannya jika dirasa tidurnya sudah 2 jam atau lebih. Mengenalkan perbedaan siang dan malam kepada bayi juga akan menghindarkan bayi betah terjaga di malam hari. Siang hari bayi diajak bermain di luar, kondisi kamar yang terang, dan bercengkrama dengan seisi rumah. Sementara malam hari suasana kamar dirubah menjadi cenderung sepi dan sinar lampu yang temaram. Membangunkan bayi di pagi hari juga merupakan cara mengatur kebiasaan tidur bayi. Pastikan bayi tertidur dalam kondisi kenyang. Karena bayi akan terbangun ketika lapar.

Pasti tahu sendiri rutinitas juga diperlukan untuk menjaga agar kondisi fisik dan psikologis Ibu tetap sehat. Lelah dan mengantuk dapat mempengaruhi kondisi psikologis Ibu. Tentu tidak nyaman mengasuh anak dalam kondisi bathin yang tidak tenang karena efek kelelahan. Apalagi sudah umum diketahui bahwa kondisi psikologis Ibu juga akan mempengaruhi kondisi psikologis bayi. Untuk mengatasi kelelahan ketika mengasuh bayi, maka Ibu bisa melakukan beberapa hal di bawah ini:
1. Olah raga ringan akan melancarkan proses metabolisme tubuh dan juga bisa membuat Ibu lebih lelap ketika tidur. Di masa mengasuh bayi, kualitas tidur lebih diutamakan dari pada kuantitas tidur.

2. Pilih makanan dengan variasi sumber energi serta kaya serat, seperti roti gandum, pasta, atau buah-buahan. Selain itu, jangan lupa untuk banyak minum air putih.

3. Saat kelelahan melanda, teruslah berpikir postif bahwa kondisi ini tidak akan berlangsung lama.  Nikmati saja pengalaman indah tak terlupakan menjadi seorang ibu. Peluk dan cium si Kecil, Ibu akan merasakan semua pengorbanan takkan sia-sia.

4. Melibatkan suami setelah kelahiran merupakan cara yang baik dalam meningkatkan mood Ibu? Ketika sang ayah dilibatkan aktif dari sejak proses kehamilan sampai dengan kelahiran dan bahkan setelahnya, maka akan membuat ikatan dalam keluarga menjadi lebih erat. Bantuan sekecil apapun akan membuat Ibu merasa disayangi. Ajak ayah untuk menciptakan suasana yang mendukung kebiasaan tidur bayi. Misalnya tidak menyetel televisi dengan volume keras, tidak berbicara dengan suara keras, atau jika perlu ajak sang ayah ikut menemani proses tidur bayi. Keluarga adalah tim, jika Ibu dan ayah bisa bekerja sama menciptakan suasana nyaman di rumah yang mendukung kebiasaan tidur bayi, maka Ibu akan memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat.


Kalau menurut ayah atau bunda apa lagi penyebab dan cara mengatasi dedek sulit tidur? Biar sama-sama belajar kita  :)



Sumber: http//bebeclub.co.id
« Last Edit: December 06, 2017, 04:39:48 PM by yeobeseyo »

Offline rarasenja

  • Newbie
  • *
  • Posts: 18
Re: Sharing penyebab bayi sulit tidur dan cara mengatasinya
« Reply #1 on: December 07, 2017, 08:13:49 PM »
Informasi yang sangat membantu. Masalah tidur pada bayi ini memang menjadi suatu yang perlu mendapatkan perhatian. Apalagi untuk bayi, tidur sangat berpengaruh untuk tumbuh kembangnya. Kurang tidur dapat berpengaruh juga  pada kesehatan tubuhnya.

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Sharing penyebab bayi sulit tidur dan cara mengatasinya
« Reply #1 on: December 07, 2017, 08:13:49 PM »


 



Copyright © FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab