FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Penting Untuk Bunda Tahu Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini  (Read 477 times)

Offline ani.aya

  • Newbie
  • *
  • Posts: 9
Penting Untuk Bunda Tahu Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
« on: November 29, 2017, 03:33:28 PM »
 



Orang tua adalah orang yang paling berhak dan wajib tahu bagaimana perkembangan dan pertumbuhan anaknya. Jadi, jangan dilewatkan begitu saja masa-masa pertumbuhan dan perkembangan anak. Terlebih lagi pada usia dini atau pada masa ketika lahir hingga anak mencapai balita. Usia itulah yang merupakan masa penting dan masa keemasan anak terjadi termasuk psikologi perkembangan anak.

Masa keemasan atau golden age merupakan masa dimana anak sedang mengalami perkembangan yang luar biasa yaitu mudah dalam menyerap dan mengingat sesuatu yang ada di sekitarnya. Dari masa inilah nanti juga akan mempengaruhi perkembangan anak secara mental dan psikologi di usia diatas 5 tahun.

Perkembangan anak pada masa golden age ini adalah berkisar antara 0 hingga 5 tahun. Pada usia ini anak akan mengalami perkembangan secara kognitif, fisik, sosial dan emosional. Bagi orang tua, wajib mengetahui perkembangan anak dari berbagai segi sehingga dapat menilai dan memastikan bahwa anak mengalami pertumbuhan dan perkembangan secara baik.
 
Apa itu Psikologi Perkembangan Anak?

Pertumbuhan dan perkembangan setiap anak berbeda-beda. Tidak pasti setiap anak mengalami pertumbuhan yang sama sesuai dengan apa yang menjadi acuan normal. Sebelum bunda menilai bagaimana pertumbuhan dan perkembangan anak maka akan lebih baik jika bunda mengetahui apa definisi dari psikologi perkembangan anak.
Psikologi perkembangan adalah cabang psikologi yang mengkaji mengenai bagaimana manusia itu tumbuh dan berubah sepanjang usia yang dilaluinya. Sedangkan psikologi perkembangan anak disini adalah perkembangan dari mulai fisik, bahasa, kognitif, moral dan sosio-emosional pada anak yang dimulai dari sejak ia dilahirkan.

Tahapan Psikologi Perkembangan Anak
1.   Perkembangan fisik anak usia dini.
Psikologi perkembangan anak juga dapat dilihat dari perkembangan fisik anak. perkembangan fisik ini adalah misalnya saja seperti kemampuan duduk, tengkurap, berguling dan perkembangan lainnya. Pada perkembangan fisik ini juga terdapat perkembangan motorik seperti kemajuan pada gerakan-gerakan yang lebih kompleks dari sebelumnya.
Ada dua jenis perkembangan motorik anak, yaitu perkembangan motorik kasar dan motorik halus. Untuk motorik kasar, biasanya tercermin dari penggunaan otot lebih besar seperti aktivitas berjalan, berlari dan lain sebagainya. Sedangkan untuk motorik halus lebih mengarah pada perkembangan motorik pada otak anak seperti dapat kemampuan berfikir yang lebih baik dari sebelumnya.
 
2.   Perkembangan Kognitif Anak Usia Dini.
Perkembangan lainnya adalah perkembangan kognitif pada anak usia dini dimana terlihat dari kemampuan pemecahan masalah, kemampuan berfikir yang lebih baik dan penalaran yang biasanya terjadi pada masa usia kanak-kanak. Dalam perkembangan kognitif anak usia dini, terbagi menjadi Sensorimotorik dan Pra Operasional.
Dalam sensorimotorik, biasanya terjadi pada anak usia 0 hingga 2 tahun. Biasanya hal ini terjadi ketika pengetahuan anak tentang lingkungan sekitar masih terbatas yang ia lihat dan rasakan. Gerakan yang termasuk sensorimotorik adalah respon motorik seperti rangsangan sensoriknya Misalnya, gerak refleks, mengembangkan cara dan kebiasaan awal, mereproduksi berbagai kejadian yang menarik minatnya, dan lain sebagainya.

Sedangkan dalam Pra Operasional, biasanya terjadi pada usia di atas 2 tahun hingga 6 tahun. Pada saat itu anak sudah mulai belajar untuk menggunakan bahasa. Meskipun anak belum mengerti tentang logika, belum dapat memanipulasi informasi dan melihat suatu masalah dengan sudut pandang yang lain, akan tetapi anak sudah mulai mempelajarinya.
Selanjutnya adalah Konkret Operasional yang terjadi pada anak berusia 7 hingga 12 tahun. Nah, pada saat itu anak sudah mulai mengerti cara berpikir rasional. Anak sudah bisa melakukan tugas seperti menyusun, melipat, membagi, menggabungkan, memisahkan, dan menderetkan.

Kemudian Formal Operasional. Nah, perkembangan formal operasional ini terjadi pada usia 12 tahun hingga dewasa. Kali ini anak mula menggunakan kemampuan hipotesis secara relevan untuk memecahkan berbagai masalah. Selain itu juga mampu mengatasi masalah yang bersifat abstrak dan masalah yang lebih sulit lainnya.

3.   Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini
Perkembangan yang biasanya mudah terlihat oleh orang tua adalah perkembangan dari segi bahasa. Biasanya orang tua akan lebih takjub ketika mengetahui buah hatinya berkembang dengan mampu mengucapkan satu hingga dua patah kata hingga menjadi kalimat lengkap dalam waktu singkat. Pada perkembangan bahasa anak ini terjadi dalam beberapa tahap yaitu Pra Lingual, Tahap Lingual dan Tahap Diferensiasi.

Pada tahap Pra lingual, terjadi pada anak ketika berusia 0 hingga 1 tahun. Anak akan berkomunikasi dengan cara berceloteh dengan orang tuanya atau orang terdekatnya, seperti senyum kepada ayah atau ibunya. Sedangkan pada tahap lingual, terjadi usia 1 hingga 5 tahun. Dan Tahap diferensiasi, terjadi pada usia 2,5 hingga 5 tahun yang telah memiliki kemampuan dewasa sesuai dengan tata bahasa yang baik dan benar.

4.   Perkembangan Sosio ? Emosional Anak
Perkembangan sosial dan emosional anak dipengaruhi juga oleh kedekatan atau interaksi anak dengan orang tuanya, sehingga menentukan kemandirian anak dan pembentukan karakter anak yang positif kelak. Bila anak mengembangkan kemampuan sosio emosionalnya, ia juga akan memiliki kecerdasan interpersonal yang membuatnya mudah berbaur dalam masyarakat.

5.   Perkembangan Moral Anak
Secara moral, anak hanya akan memahami bahwa larangan atau hukuman yang mereka terima disebabkan karena apa yang dilakukannya bisa membuat orang lain atau dirinya sendiri dalam kesulitan.
Penting bagi orang tua untuk memahami dan mengetahui psikologi perkembangan anak terlebih pada usia dini. Karena dari kecil lah nantinya anak tumbuh sesuai dengan perkembangannya pada saat kecil. Terimakasih.


Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45
Re: Penting Untuk Bunda Tahu Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
« Reply #1 on: November 30, 2017, 08:10:06 AM »
Nice artikel! dan kita juga harus tahu cara mengarahkan perkembangan emosi anak, terlebih jaman sekarang.
« Last Edit: November 30, 2017, 11:11:17 AM by yeobeseyo »

Offline rarasenja

  • Newbie
  • *
  • Posts: 18
Re: Penting Untuk Bunda Tahu Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
« Reply #2 on: December 08, 2017, 09:09:06 PM »
Anak usia dini itu lagi masanya golden age jadi penting banget buat orang tua tahu psikologi perkembangannya, terutama buat usia anak satu tahun. Jadi kita sebagai orang tua harus mengawal tumbuh kembangnya biar maksimal.
« Last Edit: December 11, 2017, 09:04:05 AM by yeobeseyo »

Offline ani.aya

  • Newbie
  • *
  • Posts: 9
Re: Penting Untuk Bunda Tahu Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
« Reply #3 on: December 15, 2017, 11:29:04 AM »
Nice artikel! dan kita juga harus tahu cara mengarahkan perkembangan emosi anak, terlebih jaman sekarang.
Terima kasih  :) betul sekali sebagai orang tua kita juga harus tau tahapan perkembangan emosi anak untuk lebih mengenal dan mengerti perasaan anak.
Have a nice day!
« Last Edit: December 15, 2017, 12:32:33 PM by yeobeseyo »

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Penting Untuk Bunda Tahu Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini
« Reply #3 on: December 15, 2017, 11:29:04 AM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.