FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab




Author Topic: Perkembangan Bayi Baru Lahir Tidak Perlu Terlalu Khawatir, Ini Tipsnya!  (Read 496 times)

Offline ani.aya

  • Newbie
  • *
  • Posts: 9


Perkembangan bayi baru lahir memang terkadang membuat beberapa ibu menjadi khawatir. Pada minggu pertama atau kedua setelah persalinan kewajiban anda hanyalah merawat bayi anda dan berusaha untuk mengenalnya. Sebisa mungkin usahakan untuk cukup beristirahat, tapi jangan lupa melakukan senam pasca melahirkan untuk memulihkan peredarahan darah anda dan mengembalikan otot-otot yang meregang ke bentuk semula. Selama beberapa minggu pertama mungkin kebiasaan makan dan tidur bayi anda belum terpola.

Akan tetapi dengan mempelajari perilaku dan kebiasaannya, anda akan segera menemukan cara terbaik untuk mengatasinya dengan baik. Bila hendak disusui dengan asi, pada awalnya bayi akan sering menuntut untuk menyusu, setiap kali dalam jumlah sedikit. Proses ini akan membantu mendorong persediaan susu anda, dan membuat anda harus sering bersentuhan fisik dengannya. Disamping itu hisapan tersebut akan merangsang rahim anda untuk mengerut kembali ke bentuk awal sebelum kehamilan.

Perkembangan Bayi Baru Lahir Dari Rahim Ibu

Akibat dari kontak awal, hampir 80 persen dari waktu terjadi bayi akan terpakai untuk menatap wajah anda. Kini daya tangkap utamanya berada pada tingkat yang paling teliti, dan karena ia mendapatkan segalanya dari anda, tanpa menyentuh, mendengar suara, serta menghirup aroma tubuh anda, ia tak akan terangsang untuk menggunakan dan mengembangkan kemampuan yang sudah dibawanya saat dilahirkan. 

Beberapa refleks awalnya akan menghilang begitu sistem syarafnya telah berkembang, namun bayi akan mengembangkan anggota tubuhnya dan mencengkeramkan, tangannya erat-erat pada anda di saat terkejut. Ciri khas yang lain yang mengirigi bayi saat baru dilahirkan juga lenyap setelah beberapa minggu. Kepalanya yang memanjang kini mulai membulat, rambut-rambut halu yang menutupi tubuhnya berguguran, warna kulit dan kotorannya akan lebih normal.

Mungkin bayi masih suka tidur dengan posisi janin, namun akan lebih rileks dengan belaian dan usapan lembut. Kepala bayi masih perlu ditopang saat anda mengangkatnya, namun bayi akan semakin bisa mengendalikan kepalanya, terutama bila anda sering menggendongnya. Begitu ASI anda mengali dengan lancar dan selera makan bayi anda telah berkembang, menyusunya mulai semakin jarang dan waktu menyusunya akan lebih lama.

Namun waktu terbanyak yang dihabiskannya dihadapan payudara anda, bukanlah menyusu, justeru menikmati kontak, pembicaraan sambil sesekali mengisap payudara anda.  Tidak satupun kata yang terbuang percuma. Bahkan saat ia berbaring sendirian dalam ayunannya, bayi akan menikmati suara anda yang sudah sangat dikenalinya. Dengan segera anda belajar untuk bereaksi dan menyesuaikan diri dengan kebutuhan bayi anda, yang akan mendapat imbalan dalam bentuk tanggapan dan rasa puas si bayi.

Perkembangan Bayi Baru Lahir Apa Yang Harus Ibu Persiapkan?

Kebanyakan ibu merasa kewalahan menghadapi tahap perkembangan bayi ini, terutama pada ibu baru yang melahirkan anak pertamanya. Pada minggu ? minggu pertama, sang ibu baru tentu sangat membutuhkan bantuan dan dukungan dari suami dan keluarganya karena suasana rumah yang akan mendadak menjadi heboh oleh suara tangisan bayi, ibu yang terlalu lelah karena harus begadang setiap malam, dan berbagai kehebohan lainnya.

Hal ini wajar karena, masa ini adalah masa adaptasi serta perkenalan antara ibu dan bayi dan juga anggota keluarga lainnya. Karena bayi yang baru lahir belum bisa apa ? apa, tentu saja satu ? satunya cara yang digunakannya dalam berkomunikasi secara efektif adalah dengan menangis. Bayi akan menangis ketika ia lapar, haus, tidak nyaman karena popoknya basah atau kotor, dan lain sebagainya. Dengan menangis, tentu saja si bayi akan mendapatkan respon yang cepat dari ibu dan juga orang ? orang sekitarnya.

Dengan begitu, ibu juga bisa mulai mempelajari tentang beda tangisan si kecil. Tangisan saat lapar atau kapan bayi tersebut ingin tidur. Meski tampaknya ia belum bisa apa ? apa, bayi yang baru lahir juga bisa melakukan gerakan refleks untuk menyesuaikan diri pada orang ? orang dan lingkungan sekitarnya. Gerakan ? gerakan refleks tersebut seperti tangannya yang langsung menggenggam ketika jari kita menyentuhnya, lidahnya yang langsung ingin menjilat dan menghisap ketika kita dekatkan sesuatu ke bibirnya.

Selain itu kepalanya yang langsung menoleh ketika pipinya disentuh. Gerakan ? gerakan refleks tersebut tentunya akan berkembang seiring dengan berkembangnya tahap perkembangan bayi. Di awal kehidupannya, si kecil tentu saja belum memiliki indera penglihatan yang sempurna. Penglihatannya masih kabur dan tidak jelas, hanya di jarak kurang dari 25 cm saja ia bisa melihat wajah anda. Namun, hari demi hari penglihatannya akan semakin jelas dan akan menjadi jelas di usia 3 ? 6 bulan.
Si kecil akan semakin jelas melihat dunianya dalam bentuk tiga dimensi setelah berumur kurang lebih 8 bulan setelah sebelumnya ia mengenali orang ? orang di sekitarnya melalui suara, bau, suara degub jantung, dan cara menyentuh atau menggendong. Perkembangan bayi ini akan sangat ditentukan oleh pola asuh orang tua serta asupan nutrisinya. Untuk memperlancar tahap perkembangan bayi dan mempererat ikatan emosional anda bisa memijatnya secara teratur.

Hal yang wajar bila terdapat penurunan berat badan pada masa bayi baru lahir usia 0-2 minggu. Hal itukarena bayi sedang berada tahap penyesuaian diri terhadap lingkungan baru, sebelumnya janin ada pada lingkungan kandungan atau rahim dimana, asupan makanan, pernafasan, cairan dan buang kotoran berlangsung melalui tali pusar. Sesaat setelah bayi lahir ke dunia, maka mereka butuh penysuaian diri terhadap lingkungan baru, penyesuaian mencakup banyak hal, seperti suhu lingkungan, kegiatan menelan, menghisap, cara bernafas hingga buang kotoran pada perkembangan bayi baru lahir tersebut.



Sumber Artikel: www.awalsehat.nestle.co.id
« Last Edit: November 23, 2017, 09:01:14 AM by yeobeseyo »

Offline lailarsih12

  • Newbie
  • *
  • Posts: 45
Re: Perkembangan Bayi Baru Lahir Tidak Perlu Terlalu Khawatir, Ini Tipsnya!
« Reply #1 on: November 26, 2017, 12:09:33 PM »
Gimana caranya ya bedakan tangisan bayi? aku suka bingung nih

FORUM KESEHATAN REPRODUKSI : Diskusi & Tanya Jawab

Re: Perkembangan Bayi Baru Lahir Tidak Perlu Terlalu Khawatir, Ini Tipsnya!
« Reply #1 on: November 26, 2017, 12:09:33 PM »


 

Database Error

Please try again. If you come back to this error screen, report the error to an administrator.